-->

Iklan-atas-was-info1

Modul Ajar Kehutanan Kurikulum Merdeka SMK Kelas 10

Modul Ajar Kehutanan Kurikulum Merdeka SMK Kelas 10 ini merupakan MA untuk fase E (Program Keahlian), sedangkan untuk kompetensi keahlianya ada pada kelas 11 dan 12

Dalam rangka pemulihan pembelajaran tahun 2022 s.d. 2024, Kemendikbudristek mengeluarkan kebijakan bahwa sekolah yang belum siap untuk menggunakan Kurikulum Merdeka masih dapat menggunakan Kurikulum 2013 sebagai dasar pengelolaan pembelajaran.

Modul Ajar Kehutanan Kurikulum Merdeka SMK Kelas 10


Begitu juga Kurikulum Darurat yang merupakan modifikasi dari Kurikulum 2013 masih dapat digunakan oleh satuan pendidikan tersebut.

Selain itu pemerintah juga telah menyiapkan bahan ajar Kurikulum Merdeka SMK untuk semua jurusan, salah satunya adalah jurusan Agribisnis & Agroteknologi SMK yang dapat digunakan oleh sekolah yang telah melaksanakan Kurikulum Merdeka

Perangkat Modul Ajar Kurikulum Merdeka yang disediakan pemerintah antara lain Buku teks dan buku non-teks, contoh-contoh modul ajar, alur tujuan pembelajaran (ATP), contoh projek penguatan profil pelajar Pancasila, contoh kurikulum operasional satuan pendidikan (KOSP)

Contoh Modul Ajar Kehutanan ini juga dapat di unduh pada akhir tulisan pada bagian unduh di SINI

Berikut contoh Modul Ajar Dasar-dasar Kehutanan

A. Identitas

Bidang Keahlian : Agribisnis & Agroteknologi
Mata pelajaran : Kehutanan (… JP)
Fase/Kelas : E/10
Nama Penyusun : Nama Anda, S.T
Instansi : SMK Kehutanan

ELEMEN

Agripreneur, peluang usaha dan pekerjaan/profesi di bidang Kehutanan

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Umum :

Pada akhir fase E (kelas X), peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai Kehutanan sehingga mampu menumbuhkan passion dan vision untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar. Selain itu di akhir fase E, pada aspek hard skills peserta didik akan mampu memahami elemen-elemen kompetensi pada mata pelajaran Dasar-Dasar Kehutanan.

Khusus :

Pada akhir fase E, peserta didik dapat menjelaskan tentang profil agripreneur yang mampu membaca peluang pasar dan usaha, profesi bidang kehutanan dalam rangka menumbuhkan jiwa wirausaha, serta peluang usaha dan peluang bekerja di bidang Kehutanan.

B. Materi

Sumber: Buku peserta didik Kehutanan

Materi ajar :

Wirausaha/ Pegawai
Siapapun dapat menjadi seorang pengusaha, tidak ada syarat untuk tingkat pendidikan tertentu.Sama halnya untuk vokasi kehutanan, mereka pun bisa berwirausaha dalam bidangnya atau di luar bidangnya

Produksi
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) produksi merupakan proses mengeluarkan hasil. Produksi diartikan sebagai setiap usaha manusia untuk menciptakan atau menambah nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Rencana Produksi
Perencanaan produksi yang bertujuan memenuhi kebutuhan pasar memerlukan kegiatan analisis pangsa pasar. Perencanaan produksi mengacu pada produk yang akan dibuat.

C. Persiapan Pembelajaran

Persiapan yang dilakukan sebelum pembelajaran dimulai:
  • Memahami materi pembelajaran yang akan disampaikan
  • Menyiapkan lembar kerja peserta didik (LKPD)
  • Menyiapkan alat dan bahan

D. Kegiatan Pembelajaran
  1. Pertemuan pertama (6JP @ 45 menit)
  2. Pertemuan kedua (6JP @45 menit)
  3. Pertemuan ketiga (6JP @45 menit)

Contoh lengkap Modul Ajar Kehutanan bisa di unduh di SINI

0 Response to "Modul Ajar Kehutanan Kurikulum Merdeka SMK Kelas 10"

Post a Comment

Iklan-link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel