Home
Artikel
Budaya
Teks Pembawa Acara Lomba Desa
Teks Pembawa Acara Lomba Desa - Lomba Desa merupakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang sering dilaksanakan oleh masyarakat di pedesaan maupun di perkotaan. Acara lomba desa biasanya dilakukan balai desa atau kelurahan, aula, bahkan di tanah lapang seperti lapangan dengan tujuan dapat menampung banyak orang.

Demi tersusunya acara lomba maka harus ada susunan acara yang teks pembawa acara lomba desa yang dibacakan oleh petugas atau panitia lomba. Dalam acara lomba desa biasanya juga dilakukan sambutan panitia lomba desa, dalam hal ini biasanya Kepala Desa/ Lurah atau yang mewakili.

Teks Pembawa Acara Lomba Desa

Teks pembawa acara lomba desa harus disusun dengan baik dan seringkas mungkin agar jalanya acara menjadi efektif. Selain itu, teks pembawa acara lomba desa sebaiknya di bacakan oleh anggota panitia yang terbiasa menjadi MC sehingga nada bicaranya serasi dengan situasi lomba desa.

Dalam menyusun teks pembawa acara lomba desa setidaknya terdiri dari:
  • Salam Pembuka,
  • Sapaan untuk tamu undangan
  • Sapaan untuk tamu yang hadir
  • Kalimat Pembuka
  • Tema Acara
  • Jalanya Acara
  • Salam Penutup

Pembawa acara lomba desa tentu membutuhkan teks sebagai pedoman mengatur jalannya acara. Oleh karena itu, pada tulisan kali ini, kami menyediakan contoh teks pembawa acara lomba desa yang bisa dijadikan referensi.

Contoh teks pembawa acara pengajian ini diiolah dan dikumpulkan dari berbagai sumber. Berikut ini contoh teks dan susunan acara lomba desa sesuai dengan kerangka diatas:


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang kami hormati, Bapak/ibu …. (sebutkan nama) selaku Camat atau yang mewakili
Yang kami hormati, Bapak/ibu …. (sebutkan nama) selaku Kepala Desa atau yang mewakili
Yang kami hormati, Bapak/ Ibu …. (sebutkan nama) selaku ketua panitia acara lomba.
Serta Bapak, Ibu, hadirin yang berbahagia.

Pertama-tama, marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat, dan hidayahNya, sehingga kita bisa hadir dan berkumpul di tempat ini dengan keadaan sehat wal afiat.

Tak lupa shalawat serta salam kita curahkan kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW yang kita nantikan safa’atnya di yaumil akhir. Sebab beliaulah yang telah menuntun kita dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang ini.

Hadirin yang di rahmati Allah, saya atas nama wakil dari panitia mengucapkan banyak terimakasih atas kehadiran bapak/ibu dan hadirin sekalian dalam acara lomba desa pada siang/ malam ini.

Semoga kehadiran bapak/ibu dan hadirin sekalian membawa kebermanfaatan dan kebaikan untuk kita semua. Aamiin…

Adapun susunan acara lomba desa pada siang/malam hari ini adalah sebagai berikut.

1. Pembukaan
2. Menyanyikan lagu Indonesia Raya
3. Sambutan ketua panitia
4. Sambutan Bapak/ Ibu (Camat)
5. Santunan (anak yatim, janda tua, orang tua jompo)
6. Penyerahan hadiah lomba
7. Doa dan penutup

Baiklah, untuk mempersingkat waktu, marilah kita buka bersama-sama acara Lomba dengan membaca basmalah. Bismillahirrahmanirrahim.

Menginjak acara yang kedua marilah kita bersama-sama menyanyikan Lagu Indonesia Raya, dan hadirin dimohon untuk berdiri.

(Menyanyikan lagu Indonesia Raya)

Terima kasih, hadirin kami mohon untuk duduk kembali

Acara berikutnya adalah sambutan-sambutan.

Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh ketua panitia, kepada Bapak/Ibu/saudara ..... dipersilahkan.

(Sambutan Ketua Panitia)

Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak/Ibu/saudara ... atas sambutanya.

Bapak/Ibu dan hadirin yang kami muliakan, sambutan kedua akan disampaikan oleh Bapak/Ibu Camat atau yang mewakili. Kepada beliau kami persilahkan.

(Sambutan Camat atau yang mewakili)

Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak/Ibu….

Bapak/Ibu dan hadirin yang kami muliakan, acara berikutnya adalah pemberian santunan kepada anak yatim dan piatu serta orang tua jompo. Kepada bapak Lurah atau yang mewakili kami persilahkan

(Santunan anak yatim dan janda tua)

Hadirin yang berbahagia, tibalah pada acara inti yang kita nantikan bersama, yaitu pembagian hadiah lomba yang akan disampaikan oleh panitia.

Kepada Bapak/Ibu.... kami persilahkan.

(Acara Pembagian Hadiah)

Demikian tadi rangkaian acara lomba desa dan pembagian hadiah pada siang/malam hari ini. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua, Aamiin.

Untuk menutup acara ini, marilah kita berdoa bersama-sama yang dipimpin oleh ustad....

Kepada ustad.... dipersilahkan.

Saya atas nama panitia penyelenggara menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya, dan sebagai pembawa acara lomba desa ini saya memohon maaf apabila ada kalimat atau kata-kata yang kurang berkenan di hati para hadirin sekalian.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

No comments