-->

Iklan-atas-was-info1

Modul Ajar (MA) Pengembangan Perangkat Lunak dan Game Kurikulum Merdeka SMK Kelas 10

Modul Ajar (MA) Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim Kurikulum Merdeka SMK Kelas 10. Materi pada kelas 10 merupakan dasar-dasar Program Keahlian, kemudian di kelas 11 dan 12 barulah mempelajari materi peminatan pada Jurusan Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim.

Dalam rangka pemulihan pembelajaran tahun 2022 s.d. 2024, Kemendikbudristek mengeluarkan kebijakan bahwa sekolah yang belum siap untuk menggunakan Kurikulum Merdeka masih dapat menggunakan Kurikulum 2013 sebagai dasar pengelolaan pembelajaran.

Modul Ajar (MA) Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim Kurikulum Merdeka SMK Kelas 10

 
Begitu juga Kurikulum Darurat yang merupakan modifikasi dari Kurikulum 2013 masih dapat digunakan oleh satuan pendidikan tersebut.

Selain itu pemerintah juga telah menyiapkan bahan ajar Kurikulum Merdeka SMK untuk semua jurusan, salah satunya adalah jurusan Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim SMK yang dapat digunakan oleh sekolah yang telah melaksanakan Kurikulum Merdeka

Perangkat Modul Ajar Kurikulum Merdeka yang disediakan pemerintah antara lain Buku teks dan buku non-teks, contoh-contoh modul ajar, alur tujuan pembelajaran (ATP), contoh projek penguatan profil pelajar Pancasila, contoh kurikulum operasional satuan pendidikan (KOSP)

Contoh Modul Ajar Dasar-dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim ini juga dapat di unduh pada akhir tulisan pada bagian unduh di SINI

Berikut contoh Modul Ajar Dasar-dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim

A. Identitas

Bidang Keahlian : Teknologi Informasi
Mata pelajaran : Dasar-dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (… JP)
Fase/Kelas : E/10
Nama Penyusun : Nama Anda, S.T
Instansi : SMK Negeri 1

B. Capaian Pembelajaran
  • Pada akhir fase E, peserta didik mampu menerapkan K3LH dan budaya kerja industri, antara lain: praktik-praktik kerja yang aman, bahaya-bahaya di tempat kerja, prosedur-prosedur dalam keadaan darurat, dan penerapan budaya kerja industri (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin).

C. Tujuan Pembelajaran
  1. Peserta didik dapat menerapkan K3LHdan budaya kerja industri, antara lain: praktik- praktik kerja yang aman
  2. Peserta didik dapat menerapkan prosedur-prosedur dalam keadaan darurat dan bahaya- bahaya di tempat kerja
  3. Peserta didik dapat menerapkan budaya kerja industry (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin).

D. Profil Pelajar Pancasila
  • Bernalar kritis, bergotong-royong, mandiri dan kreatif dalam menerapkan K3LH dan budaya kerja industri

E. Pemahaman Bermakna
  • Peserta didik menyadari bahwa materi yang dipelajari akansangat berguna di industri apapun bidangnya sehingga akan sangat serius dalam mempelajari materi K3LH dan budaya kerja industri ini.

F. Pengetahuan/ Keterampilan Prasyarat
  • Kompetensi literasi dan numerasi
  • Mampu menggunakan mesin pencaridigital

G. Pertanyaan Pemantik
  • Menurut kalian seberapa penting keselamatan didalam pekerjaan?
  • Budaya kerja yang asal-asalan bisakah akan mendapatkan hasil sebaik-baiknya?

H. Pertanyaan Inti
  1. Jelaskan praktik-praktik kerja yang aman!
  2. Jelaskan bahaya-bahaya di tempat kerja!
  3. Jelaskan prosedur-prosedur dalam keadaan darurat!
  4. Jelaskan budaya kerja industri yang baik!

I. Sarana Dan Prasarana
  • Komputer/ Laptop/Smartphone, Jaringan internet, Proyektor/LCD
  • Ruang praktik di sekolah/teaching factory

J. Karakteristik Peserta Didik
  • Modul ini diajarkan pada peserta didik regular dengan jumlah maksimal 30 peserta didik

K. Model dan Metode Pembelajaran
  • Model pembelajaran: Discovery Learning
  • Metode Pembelajaran:
  • Ceramah
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Observasi (menyimak video, kunjungan bengkel)
  • Penerapan K3LH dalam setiap praktik

L. Materi

Sumber: Buku peserta didik Dasar-dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim
  1. Informasi berupa K3LH antara lain: praktik-praktik kerja yang aman, bahaya-bahaya di tempat kerja, prosedur-prosedur dalam keadaan darurat.
  2. Informasi berupa budaya kerja industri (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin).

M. Persiapan Pembelajaran

Persiapan yang dilakukan sebelum pembelajaran dimulai:
  • Memahami materi pembelajaran yang akan disampaikan
  • Menyiapkan lembar kerja peserta didik (LKPD)
  • Menyiapkan alat dan bahan

N. Kegiatan Pembelajaran
  • Pertemuan pertama ( JP @ 45 menit)

Contoh lengkap Modul Ajar Dasar-dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim bisa di unduh di SINI

0 Response to "Modul Ajar (MA) Pengembangan Perangkat Lunak dan Game Kurikulum Merdeka SMK Kelas 10"

Post a Comment

Iklan-link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel