-->

Iklan-atas-was-info1

ATP Teknik Pesawat Udara Kurikulum Merdeka SMK Kelas 10

Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) Teknik Pesawat Udara Kurikulum Merdeka SMK Kelas 10. Materi pada kelas 10 merupakan dasar-dasar Program Keahlian

Dalam rangka pemulihan pembelajaran tahun 2022 s.d. 2024, Kemendikbudristek mengeluarkan kebijakan bahwa sekolah yang belum siap untuk menggunakan Kurikulum Merdeka masih dapat menggunakan Kurikulum 2013 sebagai dasar pengelolaan pembelajaran. (Sumber: https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id)

ATP Teknik Pesawat Udara Kurikulum Merdeka SMK Kelas 10

Begitu juga Kurikulum Darurat yang merupakan modifikasi dari Kurikulum 2013 masih dapat digunakan oleh satuan pendidikan tersebut.

Selain itu pemerintah juga telah menyiapkan bahan ajar Kurikulum Merdeka SMK untuk semua jurusan, salah satunya adalah jurusan Pesawat Udara yang dapat digunakan oleh sekolah yang telah melaksanakan Kurikulum Merdeka

Perangkat ajar Kurikulum Merdeka yang disediakan pemerintah antara lain Buku teks dan buku non-teks, contoh-contoh modul ajar, alur tujuan pembelajaran (ATP), contoh projek penguatan profil pelajar Pancasila, contoh kurikulum operasional satuan pendidikan

Berikut contoh Alur Tujuan Pembelajaran Dasar-dasar Teknik Pesawat Udara

ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP)

Mapel : DASAR-DASAR TEKNIK PESAWAT UDARA
Jumlah Jam : .... JP
Fase : E

Rasional


Alur pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara logis menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Tujuan pembelajaran adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dimiliki peserta didik dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran, yang menjadi prasyarat untuk dapat mencapai “Capaian Pembelajaran”.

Alur tujuan pembelajaran ini disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari. Alur dan tujuan pembelajaran ini disusun untuk capaian pembelajaran fase E yang telah ditetapkan dengan memperhatikan perkembangan tingkat kemampuan berpikir peserta didik.

Pada fase ini peserta didik memahami akan mendapatkan gambaran utuh mengenai program keahlian usaha pertanian terpadu, sehingga mampu menumbuhkan passiondan vision untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar.

Selain itu pada akhir fase E, pada aspek soft skills dan hard skills peserta didik mampu memahami profil industri, dunia usaha atau dunia kerja dan profesi/wirausaha dan produksi dasar di bidang kedirgantaraan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri, Gambar teknik, Karakteristik dan jenis lapisan atmosfer bumi (Physics of the Atmosphere),

Prinsip dan perkembangan Theory of Flight, Airfoil terhadap performa pesawat udara, Aspek-aspek Flight Stability and Dynamics, Aircraft material, Aircraft hardware dan tools equipment, Aircraft structure, Tenaga pendorong/ power plant, Flight Control, Aircraft system, dan Civil Aviation Safety Regulation (CASR).

Dalam menyusun alur tujuan pembelajaran (ATP) dasar-dasar Teknik Pesawat Udara diatas yang di perhatikan adalah Elemen, Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Contoh lengkap Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) Dasar-dasar Teknik Pesawat Udara bisa di unduh di SINI

0 Response to "ATP Teknik Pesawat Udara Kurikulum Merdeka SMK Kelas 10"

Post a Comment

Iklan-link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel