Pendidikan Sekolah

ATP Teknik Elektronika Kurikulum Merdeka SMK Kelas 10

0 Comments
Home
Pendidikan
Sekolah
ATP Teknik Elektronika Kurikulum Merdeka SMK Kelas 10
Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) Teknik Elektronika Kurikulum Merdeka SMK Kelas 10. Materi pada kelas 10 merupakan dasar-dasar Program Keahlian

Dalam rangka pemulihan pembelajaran tahun 2022 s.d. 2024, Kemendikbudristek mengeluarkan kebijakan bahwa sekolah yang belum siap untuk menggunakan Kurikulum Merdeka masih dapat menggunakan Kurikulum 2013 sebagai dasar pengelolaan pembelajaran. (Sumber: https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id)

ATP Teknik Elektronika Kurikulum Merdeka SMK Kelas 10

 Begitu juga Kurikulum Darurat yang merupakan modifikasi dari Kurikulum 2013 masih dapat digunakan oleh satuan pendidikan tersebut.

Selain itu pemerintah juga telah menyiapkan bahan ajar Kurikulum Merdeka SMK untuk semua jurusan, salah satunya adalah jurusan Teknik Elektronika yang dapat digunakan oleh sekolah yang telah melaksanakan Kurikulum Merdeka

Perangkat ajar Kurikulum Merdeka yang disediakan pemerintah antara lain Buku teks dan buku non-teks, contoh-contoh modul ajar, alur tujuan pembelajaran (ATP), contoh projek penguatan profil pelajar Pancasila, contoh kurikulum operasional satuan pendidikan

Berikut contoh Alur Tujuan Pembelajaran Dasar-dasar Teknik Elektronika

ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP)

Mapel : DASAR-DASAR TEKNIK ELEKTRONIKA
Jumlah Jam : .... JP
Fase : E

Dasar- dasar Teknik Elektronika adalah mata pelajaran yang menjadi pondasi bagi program keahlian Teknik Elektronika. Mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Elektronika membekali peserta didik dengan kompetensi- kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian Teknik Elektronika, yaitu melaksanakan tugas spesifik (task skill) seperti penerapan prosedur K3LH, penggunaan alat kerja, proses manufaktur, penerapan konsep listrik dan elektronika, pengunaan alat ukur listrik dan elektronik, serta prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah dalam bidang pekerjaan elektronik.

Mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Elektronika menjadi dasar bagi penguasaan kompetensi peserta didik dalam memahami isu-isu dan tren perkembangan teknologi manufaktur dan rekayasa pada fase berikutnya dalam bidang elektronika, dan menjadi kompetensi esensi serta prasyarat yang harus dimiliki peserta didik sebagai landasan pengetahuan dan keterampilan untuk mempelajari materi pelajaran pada pembelajaran konsentrasi keahlian di kelas XI, XII maupun XIII program keahlian Teknik Elektronika.

Program keahlian elektronika terdiri dari Teknik Audio Video, Teknik Elektronika Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Elektronika Komunikasi, Instrumentasi Medik, Teknik Otomasi Industri, Instrumentasi dan Otomasi Proses, Aviation Electronics, dan konsentrasi lain sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Secara umum mata pelajaran ini memepelajari materi antara lain proses manufaktur, keselamatan & kesehatan kerja, penggunaan alat kerja, gambar Teknik, konsep dasar listrik dan elektronika, Teknik produksi, alat ukur listrik dan elektronika, komponen elektronika dan mesin listrik.

Untuk gambaran lebih utuh mengenai materi elektronika, berikut ini gambaran umum strukur materi dalam bidang elektronika.

ATP Teknik Elektronika Kurikulum Merdeka SMK Kelas 10

Mata pelajaran ini berkontribusi dalam membentuk peserta didik memiliki keahlian pada bidang teknik elektronika, meningkatkan kemampuan logika dan teknologi digital (computational thinking), yaitu suatu cara berpikir untuk menguraikan suatu masalah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan sederhana, menemukan pola masalah, serta menyusun langkah-langkah solusi mengatasi masalah. 

Penguasaan kemampuan dasar-dasar teknik elektronika akan membiasakan peserta didik bernalar kritis dalam menghadapi permasalahan, bekerja mandiri, serta kreatif dalam menemukan solusi permasalahan kehidupan.

Dalam menyusun alur tujuan pembelajaran (ATP) dasar-dasar Teknik Elektronika diatas yang di perhatikan adalah Elemen, Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Contoh lengkap Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) Dasar-dasar Teknik Elektronika bisa di unduh di SINI

No comments