Pendidikan

Struktur Kurikulum Merdeka PAUD-SMA

0 Comments
Home
Pendidikan
Struktur Kurikulum Merdeka PAUD-SMA
Struktur Kurikulum Merdeka PAUD-SMA. Mengawali tahun pelajaran baru 2022/2023 sebagian sekolah akan menerapkan Kurikulum Merdeka yang dapat dipelajari secara mandiri oleh guru-guru di sekolah.

Demikian juga dengan kami yang masih bertugas sebagai guru maka harus mau mempelajarinya mulai dari Struktur Kurikulum Merdeka PAUD-SMA, Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka, maupun hal lain terkait dengan kurikulum merdeka ini.

Struktur Kurikulum Merdeka PAUD-SMA


Struktur Kurikulum Merdeka PAUD-SMA sudah dapat di unduh melalui situs resmi kemdikbud sehingga guru-guru yang bertugas pada jenjangnya tinggal membaca maupun mengunduhnya ke handphone, laptop maupun komputer pribadinya.

Untuk mempelajari kurikulum merdeka ini sebenarnya cukup mudah karena pemerintah telah merilis aplikasi yang dapat di install di smartphone berbasis android yang bisa di unduh melalui playstore.

Dalam Aplikasi Merdeka Mengajar sudah disajikan dari mulai Struktur Kurikulum Merdeka PAUD-SMA, Struktur Kurikulum Merdeka SMK, dan juga Struktur Kurikulum Merdeka SLB serta perangkat ajar lainya.

Apakah Struktur Kurikulum Merdeka PAUD-SMA masih sama dengan Struktur Kurikulum 2013?

Dibawah ini penjelasan terkait Struktur Kurikulum PAUD-SMK yang di salin dari situs resmi kemdikbud dan filenya dapat diunduh melalui handphone/tablet/laptop maupun komputer kita.

Pembaharuan pembelajaran bertujuan untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran yang sudah dimulai pada kurikulum-kurikulum sebelumnya.

Karena itu, pembelajaran paradigma baru pun disertai dengan penyesuaian kurikulum ke Kurikulum Merdeka. Struktur kurikulum ini didasari tiga hal yaitu berbasis kompetensi, pembelajaran yang fleksibel dan karakter Pancasila.

Selain itu, struktur kurikulum berbasis konteks satuan pendidikan pun kembali dikuatkan.

Beberapa prinsip dalam pengembangan struktur Kurikulum Merdeka:


Struktur Minimum

Struktur kurikulum minimum ditetapkan tapi satuan pendidikan bisa mengembangkan program dan kegiatan tambahan sesuai visi misi dan juga sumber daya yang tersedia.

Otonomi

Kurikulum memberi kemerdekaan pada satuan pendidikan dan pendidik untuk merancang proses dan materi pembelajaran yang relevan dan kontekstual.

Sederhana

Perubahan yang terjadi adalah seminimal mungkin dengan beberapa aspek yang berubah secara signifikan dari kurikulum sebelumnya. Tapi, tujuan, arah perubahan, dan rancangannya jelas dan mudah dipahami sekolah dan pemangku kepentingan.

Gotong Royong

Pengembangan kurikulum dan bahan ajar adalah hasil kolaborasi puluhan institusi, di antaranya Kementerian Agama, universitas, sekolah dan lembaga pendidikan lainnya.

Struktur Per Jenjang

Pembelajaran diatur berdasarkan jenjang, seperti yang sudah diterapkan pada Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan.


Struktur Kurikulum PAUD

Struktur Kurikulum SD

Struktur Kurikulum SMP

Struktur Kurikulum SMA


Demikian Struktur Kurikulum Merdeka PAUD, SD, SMP, SMA yang bisa dipelajari oleh kita yang akan menggunakan Kurikulum Merdeka.

Sumber: guru.kemdikbud.go.id

No comments