-->

Iklan-atas-was-info1

KI KD Bahasa Asing Pilihan SMK Perhotelan

KI KD Bahasa Asing Pilihan - Pada masa pandemic atau keadaan darurat, pemerintah telah memberikan pilihan kepada satuan pendidikan (sekolah) dalam menggunakan kurikulum yang berlaku.

Sekolah dapat menyesuaikan kurikulum sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga kurikulum tersebut menjadi fleksibel.

Sekolah diberi pilihan untuk melaksanakan kurikulum antara lain:
  1. Tetap melaksanakan Kurikulum yang sudah ada (Kurikulum 2013)
  2. Menggunakan Kurikulum Darurat, atau
  3. Menyederhanakan Kurikulum secara mandiri

Ketiga pilihan diatas berlaku untuk semua jenjang pendidikan, yang artinya setiap sekolah boleh memilih salah satu dari ketiga pilihan tersebut.

KI KD Bahasa Asing Pilihan SMK Perhotelan
 

Demikian juga untuk KI dan KD mata pelajaran Bahasa Asing Pilihan SMK Perhotelan dapat disederhakan sesuai dengan kondisi siswa dan sekolah asalkan tetap memperhatikan tujuan dari kurikulum tersebut.

Pemerintah telah menyiapkan “Kurikulum Darurat” dengan menyederhanakan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI dan KD) dari kurikulum 2013 melalui Surat Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Nomor 018/ H/ KR/ 2020

Baca juga: KI dan KD Bahasa Indonesia SMP Kurikulum Darurat

Walaupun demikian masih banyak sekolah yang tetap menggunakan kurikulum 2013 tanpa mengurangi KI-KD yang telah ada pada kurikulum yang berlaku.

Untuk menyederhanakan KI KD Bahasa Asing Pilihan SMK Perhotelan tetap berpatokan pada KI dan KD yang sudah ditetapkan, kita hanya sedikit menyesuaikan saja berdasarkan kondisi siswa dan sekolah saat ini.

Berikut ini KI KD Bahasa Asing Pilihan SMK Jurusan Perhotelan ataupun SMK Pariwisata yang menggunakan kurikulum 2013 revisi ini menggunakan Spektrum 2018

KI - KD Mata Pelajaran Bahasa Asing Pilihan SMK Perhotelan

Mata Pelajaran : Bahasa Asing Pilihan
Jam Pelajaran : 144 JP ( @ 45 menit )

Kompetensi Inti (KI) Bahasa Asing Pilihan

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3 Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Perhotelan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. 4 Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Akomodasi Perhotelan .

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan  dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.


Kompetensi Dasar (KD) Bahasa Asing Pilihan

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 Menerapkan cara menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, meminta izin, memberi instruksi dan memperkenalkan diri, serta cara meresponnya terkait topik Identitas diri dan Kehidupan sekolah dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai konteks penggunaannya. 4.1 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk merespon perkenalan diri, sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, permintaan maaf, meminta izin, dan instruksi, terkait topik Identitas diri dan Kehidupan sekolah dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
3.2 Menerapkan cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap, serta cara meminta dan menawarkan barang dan jasa terkait topik Identitasdiri dan Kehidupan sekolah dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai konteks penggunaannya. 4.2 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk menanyakan dan menyatakan pemberitahuan tentang fakta, perasaan dan sikap, serta cara meminta dan menawarkan barang dan jasa terkait topik Identitas diri dan Kehidupan sekolah dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
3.3 Menerapkan secara sederhana unsur kebahasaan dan struktur dalam teks terkait topik identitas diri dan kehidupan sekolah yang sesuai konteks penggunaannya. 4.3 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan Identitas diri dan Kehidupan sekolah dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
3.4 Menerapkan cara meminta perhatian, mengecek pemahaman, meminta izin, memuji, serta cara meresponnya terkait topik kehidupan keluargadan kehidupan sehari-hari, dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya. 4.4 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk meminta perhatian, mengecek pemahaman, meminta izin, memuji, dan cara meresponnya terkait topik kehidupan keluarga dan kehidupan sehari- haridengan memperhatikan unsur kebahasaan dan struktur dalam teks secara benar dan sesuai konteks.
3.5 Membuat analisis sederhana tentang unsur kebahasaan dan struktur dalam teks terkait topik kehidupan keluarga dan kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan konteks penggunaannya. 4.5 Memproduksi teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan informasi terkait topik kehidupan ke1uarga (1avie familiale) dan kehidupan sehari-hari (la vie quotidienne) dengan memperhatikan unsur kebahasaan dan struktur dalam teks secara benar dan sesuai dengan konteks.
3.6 Membuat analisis sederhana tentang unsur kebahasaan dan budaya yang terdapat dalam karya sastra. 4.6 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan dan budaya yang terdapat dalam karya sastra
3.7 Membuat analisis sederhana tentang unsur kebahasaan dan struktur dalam teks terkait topik kegiatan pada waktu senggang/hobidan wisatasesuai konteks penggunaannya. 4.7 Memproduksi teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan informasi terkait topik kegiatan pada waktu senggang/hobi dan wisata dengan memperhatikan unsur kebahasaan dan struktur dalam teks secara benar dan sesuai dengan konteks.
3.8 Menerapkan cara mengungkapkan persetujuan/ ketidaksetujuan, harapan, dan doa serta cara meresponnya terkait topik kegiatan pada waktu senggang/ hobi dan wisata dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya 4.8 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan persetujuan/ketidak setujuan, harapan, dan doa serta cara meresponnya terkait topik kegiatan pada waktu senggang/hobi dan wisata dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
3.9 Menganalisis cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, serta meminta dan menawarkan barang dan jasa terkait topik kegiatan pada waktu senggang/hobi/wisata dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya. 4.9 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap, serta meminta dan menawarkan barang dan jasa terkait topik kegiatan pada waktu senggang/hobi/ wisata dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.


KI KD Bahasa Asing Pilihan SMK Perhotelan ini bersumber dari KI dan KD yang diberikan pemerintah sesuai kurikulum 2013 Revis

0 Response to "KI KD Bahasa Asing Pilihan SMK Perhotelan"

Post a Comment

Iklan-link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel