-->

Iklan-atas-was-info1

Istilah Teknologi Informasi dan Artinya

Istilah Teknologi Informasi dan Artinya

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar, bahkan menggunakan istilah-istilah Teknologi Informasi yang kadang istilah tersebut banyak yang belum tau arti dan kegunaanya.

Berikut ini adalah istilah teknologi Informasi yang sangat sering kita dengar dan bahkan kita gunakan sehari hari:

Online
adalah saat kita sedang terhubung dengan jaringan internet atau dunia maya. Terhubung dengan internet bisa menggunakan perangkat apa saja seperti Komputer, Laptop, Handphone, Tablet, dll. Terhubung dengan internet untuk mengakses website, media sosial, email, dan berbagai jenis social media lainya yang menggunakan akses internet.

Offline

adalah saat kita sedang tidak terhubung dengan jaringan internet atau dunia maya. Walaupun offline tetap bisa akses website, email, chating, dll menggunakan jaringan local (intranet) tanpa menggunakan koneksi internet

Internet

Internet merupakan kependekan dari Interconnection Network yang artinya koneksi jaringan computer dan perangkat lainya secara global dan mencakup seluruh dunia. Jaringan komputer ini saling terhubung menggunakan protocol yang telah distandarisasi secara internasional. Standar sistem global tersebut adalah Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket data (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna internet di seluruh dunia. Rangkaian jaringan local area network (LAN, Intranet) seluruh dunia ini yang dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").

Intranet

adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP). Intranet ini mengadopsi teknologi Internet (miniature internet) pada jaringan computer yang areanya terbatas. Biasanya jaringan Intranet digunakan untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya.

Bandwidth

Bandwidth sering digunakan sebagai ukuran kecepatan akses dalam jaringan internet. Kecepatan akses ini terbagi kedalam kecepatan kirim (upload) dan terima (download) data dalam waktu tertentu. Kecepatan kirim dan terima ini biasanya diukur dalam satuan second (detik) seperti Kbps, Mbps.

Domain

Domain adalah nama pengganti dari ip address ke nama Host yang akan menuju pada server tertentu dan biasanya diwakili oleh adanya website. Layanan penggantian nama dari IP Address ke nama Host ini dalam server ini yang dinamakan dengan DNS (Domain Name Service) yang telah di atur sedemikian rupa sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Hosting

Hosting adalah tempat untuk menyimpan data digital berupa data text, gambar, audio atau video yang nantinya dapat diproses menggunakan kode program seperti php, java dan kode HTML sehingga dapat ditampilkan dalam bentuk website.

Website

Website adalah tampilan grafis berupa text, gambar, audio dan video sebagai representasi informasi yang ingin disampaikan. Biasanya website yang terdiri dari text, gambar, audio dan video adalah website profil seperti profil perusahaan, website portal, dan sebagainya. Sedangkan untuk aplikasi berbasis web biasanya terdiri dari program interaktif antara penyedia dan pengguna seperti toko online, social media, dan sebagainya.

Install

Install artinya adalah memasang program (perangkat lunak) ke dalam computer/laptop/tablet bahkan smartphone berdasarkan spesifikasi dan versi dari perangkat keras dan perangkat lunaknya. Pemasangan program ini bisa berupa Sistem Operasi maupun Aplikasinya, misalnya memasang microsoft windows, Linux, Ubuntu, Android (Sistem Operasi). Pemasangan MS. Office, Photoshop, CorelDraw, dan lain-lain (Aplikasi).

Hardware

Hardware atau biasa disebut dengan perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah computer maupun perangkat Teknologi Informasi lainya yang sifat dan fisiknya bisa dilihat dan disentuh secara langsung. Perangkat ini akan berfungsi jika didukung dengan perangkat lunak yang sesuai (kompatibel). Hardware berfungsi sebagai perangkat pendukung dalam proses komputerisasi.

Software

Software atau biasa dikenal dengan perangkat lunak adalah system yang dirancang khusus khusus untuk mendukung dan memfungsikan perangkat keras sesuai dengan fungsinya masing-masing. Software ini terdiri dari Sistem Operasi (OS) dan juga aplikasi pendukungnya yang berjalan dalam system operasi tersebut. Sebagai contoh Microsoft office merupakan program yang berjalan pada system operasi windows, dan masih banyak contoh lainya. Software ini hanya bisa dilihat tetapi tidak bisa disentuh.

0 Response to "Istilah Teknologi Informasi dan Artinya"

Post a comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel