Iklan-atas-was-info1

5 Aplikasi terbaik untuk membuat ujian online

5 Aplikasi terbaik untuk membuat ujian online yang gratis, mudah dan aman - Banyaknya aplikasi untuk membuat ujian online yang Free dan gratis di internet kadang membuat kita bingung untuk memilihnya. Aplikasi berbasis web ini menawarkan kemudahan dan dukungan dari vendor yang begitu banyak sehingga tak jarang dari kita sebagai guru malah bingung untuk memilih mana yang cocok untuk diterapkan di sekolah kita.

Seharusnya semakin banyak pilihan, kita malah semakin mudah untuk memilih sesuai dengan selera dan kebutuhan kita. Sedikitnya ada 5 Aplikasi terbaik untuk membuat ujian online. Biasanya masing-masing guru memiliki selera yang berbeda sehingga pilihan aplikasi yang digunakan juga berbeda. Walaupun berbeda tentunya memiliki tujuan yang sama, yaitu melaksanakan Penilaian atau ujian kepada muridnya.

Masing-masing aplikasi untuk membuat Ujian Online berbasis web tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, namun kelemahan dalam masing-masing aplikasi tersebut bukanlah suatu yang perlu di khawatirkan karena masing-masing platform aplikasi tentunya tentunya sudah diperhitungkan oleh vendornya dalam hal keamanan dan kestabilan produknya tersebut.

Sebagai user, tentunya guru tinggal pakai saja tanpa memikirkan segi sekuritas (keamanan) masing-masing platform aplikasi yang sudah dikembangkan oleh vendornya. Jadi sebagai pemakai kita hanya menggunakan saja, urusan stabilitas aplikasi dan keamanan sudah dijaga masing-masing pengembang.

Aplikasi-aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat ujian online tersebut antara lain:

1. Google Form

5 Aplikasi terbaik untuk membuat ujian online yang gratis, mudah dan aman

Google Form merupakan produk google yang cukup popular dikalangan guru, sebab google Form sering digunakan untuk membuat formulir pendaftaran, jajak pendapat bahkan absensi online.

Untuk urusan stabilitas dan keamanan, google tidak perlu diragukan lagi, sebab google merupakan perusahaan raksasa yang memiliki sumber daya yang sangat baik


2. JotForm

5 Aplikasi terbaik untuk membuat ujian online yang gratis, mudah dan aman

Selain google aplikasi berbasis web lainya yang bisa digunakan untuk membuat ujian online adalah JotForm. Sama dengan googleform, JotForm ini juga cukup popular tetapi tidak sepopuler google form.

Selain untuk membuat Ujian Online, Jotform ini juga digunakan untuk membuat formulir pendaftaran, absensi online, dan sebagainya. Untuk urusan stabilitas dan keamanan, JotForm ini memiliki stabilitas dan keamanan yang baik dan terjamin.


3. Zoho

5 Aplikasi terbaik untuk membuat ujian online yang gratis, mudah dan aman

Selain google, JotForm aplikasi berbasis web yang cukup populer digunakan untuk membuat ujian online adalah ZOHO. Sama dengan google form dan JotForm, ZOHO ini juga memiliki fitur untuk membuat ujian online, walaupun sebenarnya zoho ini paling baik untuk membuat absen online karena bisa dilengkapi dengan tandatangan digital didalamnya.

Zoho ini kurang popular dibanding dengan google form, tetapi zoho ini memiliki fitur yang cukup baik untuk membuat Ujian Online. Zoho ini juga bisa digunakan untuk membuat formulir pendaftaran, absensi online, dan sebagainya. Untuk urusan stabilitas dan keamanan, zoho ini memiliki stabilitas dan keamanan yang baik dan terjamin.

4. ISpring Suite

5 Aplikasi terbaik untuk membuat ujian online yang gratis, mudah dan aman

Dibanding dengan platform diatas (google form, JotForm dan Zoho) ini merupakan aplikasi untuk membuat ujian terbaik menurut saya. Ispring Suite merupakan aplikasi installer yang dapat di install dikomputer local, dan merupakan Add On yang bisa disandingkan dengan Microsoft PowerPoint.

Untuk membuat ujian menggunakan Ispring Suite ini tidak harus online, karena aplikasinya di install sebagai add on-nya powerpoint yang bisa berkolaborasi antara Ispring dan Powerpoint.

Hasil pembuatan ujian menggunakan Ispring ini bisa di convert ke dalam file HTML sehingga bisa dijalankan di jaringan computer baik local maupun intranet/ internet.

File HTML hasil convert ujian juga bisa di selipkan (Embed) kedalam web blog/ website yang sudah kita miliki sehingga untuk mengunjungi alamatnya menjadi lebih mudah

5. ProProfs

5 Aplikasi terbaik untuk membuat ujian online yang gratis, mudah dan aman

Berbeda dengan Ispring Suite, ProProfs ini harus online dan tidak bisa di install di computer local. Walaupun harus online, tetapi ProProfs ini memiliki kelebihan yang cukup banyak, sebab ProProfs ini memiliki fitur yang cukup lengkap untuk membuat ujian online.

Sama dengan Ispring Suite, hasil pembuatan ujian menggunakan ProProfs ini bisa di convert ke dalam file HTML sehingga bisa dijalankan di jaringan computer melalui jaringan internet.

File HTML hasil convert ujian dari ProProfs juga bisa di selipkan (Embed) kedalam web blog/ website yang sudah kita miliki sehingga untuk mengunjungi alamatnya menjadi lebih mudah

Demikian 5 Aplikasi terbaik untuk membuat ujian online yang gratis, mudah dan aman.

Semoga bermanfaat

0 Response to "5 Aplikasi terbaik untuk membuat ujian online"

Post a comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel