-->

Iklan-atas-was-info1

Apakah anak IPS bisa jadi dokter

Apakah anak IPS bisa jadi dokter? - Menjadi seorang dokter merupakan dambaan dan kebanggaan bagi kebanyakan anak, ini bisa dilihat pada cita-cita anak kebanyakan mulai dari anak yang belum sekolah sampai anak SMA juga ketika ditanya “apa cita-citamu?” dari sekian banyak akan menjawab “dokter”. 

Profesi dokter memang sangat menarik bagi kebanyakan orang sebab ketika melihat seorang dokter maka akan terlintas dibenak mereka bahwa seorang dokter akan mudah mencari uang, gaji besar, penampilan keren dan bergengsi. 

Oleh karena itu kuliah di kedokteran merupakan dambaan kebanyakan anak SMA apapun jurusanya.

Di SMA terdapat beberapa jurusan antara lain IPA, IPS, dan Bahasa. Jika kalian jurusan IPA, cita-cita menjadi dokter bukanlah hal yang aneh sebab jurusan IPA merupakan basic dari ilmu kedokteran sehingga jika masuk kuliah kedokteran telah memiliki dasar ilmu sain. 

Baca juga: Jurusan Kuliah anak IPS dan peluang kerjanya

Jika kalian yang jurusan IPS ingin menjadi dokter, maka sebaiknya berpikir ulang, atau di urungkan saja keinginanya sebab sudah ada jatahnya masing-masing.

Jurusan IPS adalah jurusan Sosial yang sebaiknya melanjutkan ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Ekonomi, Hukum dan lain sebagainya.

Pertanyaanya adalah “apakah anak IPS bisa jadi dokter?”
Sesuai dengan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) Jawabanya adalah “Tidak Bisa”.

Bagi kalian yang ingin sekali jadi dokter, sedangkan saat di SMA ambil jurusanya IPS maka harus banting setir yaitu pindah ke jurusan IPA dengan cara mengulang dari awal.

Apakah anak IPS bisa jadi dokter 

Pada dasarnya semua mahasiswa fakultas kedokteran akan menempuh kuliah yang sama dengan fakultas lainya, biasanya waktu untuk menyelesaikan semua SKS dalam perkuliahaan adalah 4 tahun. 

Setelah lulus dari fakultas Ilmu kedokteran, belum bisa disebut Dokter tetapi Sarjana Kedokteran. Untuk dapat menyandang profesi Dokter, seorang sarjana kedokteran harus menempuh pendidikan profesi dokter dan berbagai persyaratan lainya. 


Peminatan pada spesialisasi kedokteran inilah yang akan mengantarkan seorang sarjana kedokteran untuk meraih profesi dokter.

Demikian penjelasan singkat yang dikutip dari berbagai sumber untuk pertanyaan “apakah anak IPS bisa jadi dokter?” yang sering ditanyakan oleh anak SMA yang ada di jurusan IPS dan jawabanya adalah “TIDAK BISA

4 Responses to "Apakah anak IPS bisa jadi dokter"

  1. katanya hanya bisa masuk fk tapi engga bisa bekerja sebagai dokter itu bener ngga? soalnya agak menyesal ya masuk IPS:)

    ReplyDelete
  2. Untuk bekerja menjadi dokter/ buka praktik atau mendapat gelar dokter (dr) harus ada pendidikan yang diambil lagi, kalau gak salah 2 tahun lagi. Jadi setelah lulus FK baru dapet gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked) belum bisa disebut dokter

    ReplyDelete
  3. Tapi tahun ini dari pihak ltmpt mensyaratkan hanya lulusan IPA yang bisa daftar kedokteran, itu gimana ya?

    ReplyDelete
  4. Mungkin ada perubahan kebijakan, coba cari kampus lain siapa tau masih bisa

    ReplyDelete

Iklan-link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel