-->

Iklan-atas-was-info1

Apakah anak IPS bisa jadi dokter

Apakah anak IPS bisa jadi dokter

Apakah anak IPS bisa jadi dokter? - Menjadi seorang dokter merupakan dambaan dan kebanggaan bagi kebanyakan anak, ini bisa dilihat pada cita-cita anak kebanyakan mulai dari anak yang belum sekolah sampai anak SMA juga ketika ditanya “apa cita-citamu?” dari sekian banyak akan menjawab “dokter”. Profesi dokter memang sangat menarik bagi kebanyakan orang sebab ketika melihat seorang dokter maka akan terlintas dibenak mereka bahwa seorang dokter akan mudah mencari uang, gaji besar, penampilan keren dan bergengsi. Oleh karena itu kuliah di kedokteran merupakan dambaan kebanyakan anak SMA apapun jurusanya.

Di SMA terdapat beberapa jurusan antara lain IPA, IPS, dan Bahasa. Jika kalian jurusan IPA, cita-cita menjadi dokter bukanlah hal yang aneh sebab jurusan IPA merupakan basic dari ilmu kedokteran sehingga jika masuk kuliah kedokteran telah memiliki dasar ilmu sain. Beda halnya ketika kalian yang jurusan IPS ingin menjadi dokter, walaupun hal ini bukan tidak mungkin tapi kedengaranya agak aneh sebab semasa di SMA jurusan IPS yang dipelajari kebanyakn ilmu-ilmu sosial yang merupakan bukan basic dari ilmu kedokteran.

Pertanyaanya adalah “apakah anak IPS bisa jadi dokter?”. Jawabanya adalah “Bisa saja” walaupun agak sulit dan perlu perjuangan yang sangat keras.

Ilmu Kedokteran pada dasarnya adalah ilmu dengan “basic science” seperti matematika, biologi, kimia, fisika yang merupakan pelajaran-pelajaran anak IPA dan ini hanya sedikit sekali dipelajari anak IPS. Oleh sebab itu jika kalian yang jurusan IPS ingin masuk kedokteran maka ilmu dengan basic science tersebut diatas harus dipelajari kembali sehingga mampu bersaing dengan anak IPA. Dengan mempelajari secara intensif melalui bimbel, les, private dan sebagainya secara sungguh-sungguh bukan tidak mungkin kalian akan bisa bersaing untuk masuk ke fakultas kedokteran dengan anak IPA.

Baca juga: Jurusan Kuliah anak IPS dan peluang kerjanya

Untuk masuk kedokteran pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN), anak IPS harus bersaing melalui SBMPTN karena untuk jurusan IPS tidak ada jalur undangan untuk masuk kedokteran. Jalur undangan masuk kedokteran hanya untuk jurusan IPA, tentunya dengan syarat dan ketentuan berlaku. Hal ini akan berat bagi anak IPS yang harus bersaing dengan anak IPA dalam SBMPTN, tetapi dengan usaha yang sungguh-sungguh bukan hal yang tidak mungkin untuk bisa lolos ke fakultas kedokteran. Kalian juga bisa masuk ke fakultas kedokteran di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) jika tidak lolos di PTN, tentunya dengan syarat-syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Perguruan Tinggi Swasta tersebut.

Baca juga : Jurusan Kuliah anak IPA dan peluang kerjanya

Pada dasarnya semua mahasiswa fakultas kedokteran akan menempuh kuliah yang sama dengan fakultas lainya, biasanya waktu untuk menyelesaikan semua SKS dalam perkuliahaan adalah 4 tahun. Setelah lulus dari fakultas Ilmu kedokteran, belum bisa disebut Dokter tetapi Sarjana Kedokteran. Untuk dapat menyandang profesi Dokter, seorang sarjana kedokteran harus menempuh pendidikan profesi dokter minimal 1,5 sampai 2 tahun. Peminatan pada spesialisasi kedokteran inilah yang akan mengantarkan seorang sarjana kedokteran untuk meraih profesi dokter.

Demikian penjelasan singkat yang dikutip dari berbagai sumber untuk pertanyaan “apakah anak IPS bisa jadi dokter?” yang sering ditanyakan oleh anak SMA yang ada di jurusan IPS dan jawabanya adalah “BISA SAJA”

0 Response to "Apakah anak IPS bisa jadi dokter"

Post a comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel