-->

Iklan-atas-was-info1

Membuat Pembelajaran Online menggunakan SCHOOLOGY

Membuat Pembelajaran Online menggunakan SCHOOLOGY - Schoology merupakan salah satu alternatif pilihan aplikasi berbasis web yang dapat digunakan untuk membuat pembelajaran online. Banyaknya LMS (Learning Management System) yang menawarkan kemudahan dalam mengelola pembelajaran berbasis online, schoology hadir dengan tampilan yang cukup familiar untuk kalangan anak-anak, dewasa, hingga orang tua sekalipun. Schoology memiliki tampilan yang mirip website jejaring sosial facebook sehingga mudah dipahami oleh semua kalangan, ini menjadi tujuan dari schoology itu sendiri untuk menarik para penggunanya yaitu Siswa, Guru, dan Orang Tua.

Bagi anda yang telah mengenal jejaring sosial seperti facebook, maka tidak akan merasa kesulitan jika menggunakan schoology untuk membuat pembelajaran online maupun melakukan kegiatan belajar mengajar secara online.

Selain Schoology, masih banyak LMS yang bisa digunakan untuk membuat pembelajaran online, diantaranya adalah EDMODO (Baca: Cara membuat kelas maya menggunakan edmodo, Cara membuat Materi, Tugas, dan Ujian Online menggunakan Edmodo), GOOGLE CLASSROOM (Baca: Panduan Google Classroom untuk Guru), dan masih banyak lainya.

Schoology adalah layanan jejaring sosial dan lingkungan belajar secara virtual untuk sekolah dan lembaga pendidikan tinggi yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengelola, dan berbagi konten akademik. Schoology juga dikenal sebagai LMS (Learning Management System) atau sistem pengelolaan pembelajaran berbasis online. LMS ini juga merupakan platform berbasis cloud yang menyediakan alat untuk mengelola ruang kelas online.

Layanan di Schoology mencakup catatan kehadiran, buku pelajaran online, tes dan ujian (kuis), dan dropbox pekerjaan rumah. Fitur media sosial memfasilitasi kolaborasi antara kelas, grup, atau sekolah. Sistem ini dapat diintegrasikan dengan pelaporan sekolah dan sistem informasi yang ada dan juga menyediakan keamanan, filter, dan dukungan yang dibutuhkan oleh sekolah.

Schoology merupakan platform media sosial yang dapat digambarkan sebagai Facebook untuk sekolah (Facebook Pendidikan) dan dapat berfungsi lebih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan. Dengan Schoology anda akan lebih mudah untuk melakukan interaksi pembelajaran dengan siswa maupun interaksi dengan orang tua siswa.

Interaksi pembelajaran dengan siswa melalui Schoology meliputi pemberian materi ajar, penugasan, kuis, poling, maupun penilaian. Dengan Schoology kita dapat melaksanakan pembelajaran maya yang dapat kita desain sebagaimana pembelajaran di sekolah.

Mengapa menggunakan Schoology?

Schoology merupakan jejaring sosial untuk pembelajaran dengan memperhatikan:
  1. Setiap kelas/kelompok virtual dikelola oleh Guru.
  2. Setiap kelas memiliki kode kelas yang akan digunakan sebagai password bagi siswa untuk masuk kelas.
  3. Setiap siswa hanya bisa berkomunikasi ke seluruh kelas/kelompok dan guru. Tidak terjadi komunikasi pribadi antar siswa.
  4. Posting dikelola oleh guru, posting yang tidak perlu dan kontenya tidak sesuai dapat dihapus oleh guru.
  5. Sekolah (Kepala Sekolah/Pengawas) dapat ikut serta dalam kelas dan melihat aktifitas kelas, Jika diperlukan.
  6. Orang tua/ wali murid dapat disertakan untuk melihat aktifitas kelas.
  7. Mudah digunakan oleh siswa, guru, dan orang tua karena cukup mengenal facebook dan email (tampilan mirip Facebook)
  8. Diakses secara online, tanpa memerlukan server yang harus disiapkan sekolah.
  9. Dapat digunakan secara gratis dan dapat diakses melalui HP.
  10. Schoologi dapat digunakan untuk pembelajaran dengan siswa, kolaborasi guru dalam satu sekolah, maupun antar guru mata pelajaran (MGMP) dalam satu kota/kabupaten
  11. Schoologi selalu di-update oleh pengembangnya.
  12. Schoologi dapat digunakan untuk diskusi seperti pada jejaring sosial, menyajikan materi pembelajaran seperti sebuah perpustakaan, dan menyediakan fitur-fitur untuk evaluasi seperti penugasan, kuis PG, dsb.
  13. Schoologi dapat digunakan dalam pembelajaran berbasis projek, dan student-centered learning dengan banyak komunikasi dan diskusi antar siswa.
  14. Fungsi notifikasi yang terintegrasi dengan email sehingga mengingatkan tentang posting baru dan juga tugas.
  15. Memiliki fitur Badge/lencana yang diberikan kepada siswa sesuai prestasi mereka dalam kelas virtual.

Langkah Pembuatan Akun Schoology

Dengan Schoology anda akan lebih mudah untuk melakukan interaksi pembelajaran dengan siswa maupun dengan interaksi dengan orang tua siswa.

Interaksi pembelajaran dengan siswa melalui Schoology meliputi pemberian materi ajar, penugasan, kuis, poling, maupun penilaian. Dengan Schoology kita dapat melaksanakan pembelajaran maya yang dapat kita desain sebagaimana pembelajaran di sekolah.

Hal-hal yang perlu disiapkan untuk membuat kelas maya dengan Schoology, yang harus dipersiapkan:

1. Akun email aktif
2. Komputer (PC/laptop)
3. Jaringan internet

Langkah-langkah membuat pembelajaran online dengan Schoology adalah sebagai berikut :
1. Buka browser anda dan silahkan masuk ke situs Schoology https://www. schoology.com/
2. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti di bawah ini
Membuat Pembelajaran Online menggunakan SCHOOLOGY


3. Klik LOGIN (Jika sudah mempunyai Account) dan SIGN UP untuk mendaftar di pojok kanan atas

Untuk SIGN UP terdiri dari menu Instructor (Guru), Student (Siswa), Parent (Wali Murid) dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

Membuat Pembelajaran Online menggunakan SCHOOLOGY

Setelah berhasil Register maka akan masuk ke dashboard Schoology seperti gambar dibawah ini:

Membuat Pembelajaran Online menggunakan SCHOOLOGY


Pada dashboard Schoology diatas, anda dapat mengelola pembelajaran secara online, dari mulai membuat kelas, membuat materi ajar, tugas-tugas, dan juga ujian secara online. Dengan membuat pembelajaran online seperti diatas, maka anda akan dapat berinteraksi dengan siswa anda untuk memberikan materi ajar kapan saja dan dari mana saja.

Selamat mencoba.

Oh.... ya, untuk bagaimana cara membuat kelas, membuat materi ajar, tugas-tugas, dan juga ujian secara online di tunggu saja ya... :D (lagi malesss....)

0 Response to "Membuat Pembelajaran Online menggunakan SCHOOLOGY"

Post a comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel