Sekolah

Cara tepat mengelola pembelajaran di era industri 4.0

0 Comments
Home
Sekolah
Cara tepat mengelola pembelajaran di era industri 4.0
Cara tepat mengelola pembelajaran di era industri 4.0 - Revolusi Industri 4.0 merupakan nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik (industri). Istilah revolusi Industri 4.0 ini mencakup Sistem siber-fisik, Internet untuk segala/ Internet of Things (IoT), Komputasi awan/ Big data, Kecerdasan buatan/ Artifical Intellegence (AI), Robotik, dan sebagainya.

Pada Revolusi Industri ini hal yang paling menonjol dan kita rasakan dalam dunia pendidikan saat ini adalah Internet of Things (Iot)/ Internet untuk segala dan Big data/ Computasi awan. Kegiatan belajar mengajar tidak lagi terbatas hanya didalam kelas, melainkan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Di internet banyak tersedia aplikasi berbasis online yang bersifat free untuk mengelola pembelajaran atau Learning Managemen System (LMS).

LMS (Learning Management System) merupakan Perangkat Lunak (software) yang biasa digunakan dalam membuat Kelas maya. LMS ini ada yang tersedia gratis di internet dan ada juga yang berbayar. Dengan menggunakan LMS ini guru dapat mengelola pembelajaran layaknya pembelajaran di kelas. Materi, Tugas, Ujian dan pembahasan soal-soal dapat dilakukan melalui LMS ini. Siswa dapat menggunakan Komputer, laptop, smartphone dapat mengikuti pembelajaran yang disajikan oleh guru kapan saja dan dimana saja. Contoh LMS ini adalah edmodo, schologi, dll. Baca: Daftar LMS terbaik untuk Sekolah

Beberapa LMS yang cocok digunakan untuk mengelola pembelajaran pada semua jenjang pendidikan, dari SD sampai Perguruan Tinggi:

1. EDMODO

Cara tepat mengelola pembelajaran di era industri 4.0

Edmodo merupakan LMS yang tampilanya mirip dengan jejaring sosial Facebook. Dengan edmodo interaksi pembelajaran dapat dilaksanakan antara guru dengan siswa dan orang tua siswa. Pengguna dapat memilih akun sebagai Pengajar (Guru), Siswa maupun Orang Tua.

Edmodo dapat diakses di alamat https://www.edmodo.com/. Anda dapat membuat kelas maya menggunakan edmodo dengan mudah, seperti menggunakan media jejaring sosial facebook

2. SCHOOLOGY 

Cara tepat mengelola pembelajaran di era industri 4.0

Walaupun penggunanya tak sebanyak edmodo tapi schoology tak kalah menarik dengan edmodo, fitur-fitur pada schoology juga mirip dengan fitur yang ada pada edmodo. Schoology cocok digunakan untuk segala jenjang pendidikan dan yang paling penting adalah kemudahan dalam penggunaanya. Karena berbasis web maka schoology dapat diakses menggunakan komputer, laptop maupun smartphone kapan saja dan dimana saja asalkan terhubung dengan internet.

Untuk mengakses SCHOOLOGY silahkan kunjungi https://schoology.com

3. GOOGLE CLASS ROOM 

Cara tepat mengelola pembelajaran di era industri 4.0

Google Classroom merupakan layanan yang diberikan oleh google secara gratis untuk pendidikan, lembaga non-profit, dan siapa saja yang memiliki Akun Google. Google Classroom memudahkan siswa dan guru/ pengajar agar tetap terhubung, baik di dalam maupun di luar kelas. Google Classroom merupakan pembelajaran campuran yang dikembangkan oleh Google untuk pendidikan. Layanan Google Classroom bertujuan untuk menyederhanakan pembuatan, pendistribusian dan penetapan tugas dengan tanpa menggunakan kertas. Untuk panduan Google Classroom untuk guru, silahkan baca artikelnya dalam tulisan lainya dalam blog ini.

4. Dan masih banyak lagi yang lainya. 

Selain yang berbasis online seperti diatas, anda juga bisa mengelola pembelajaran secara offline maupun online menggunakan moodle

Demikian beberapa LMS yang dapat digunakan untuk mempermudah cara pengelolaan pembelajaran di era industri 4.0 ini.

No comments