Sekolah

Mata Pelajaran SMK Jurusan Konstruksi Jalan, Irigasi, dan Jembatan

0 Comments
Home
Sekolah
Mata Pelajaran SMK Jurusan Konstruksi Jalan, Irigasi, dan Jembatan
Jurusan Konstruksi Jalan, Irigasi, dan Jembatan (4 Tahun) - Mengapa pilih Jurusan Konstruksi Jalan, Irigasi, dan Jembatan (4 Tahun) ? Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki slogan “SMK BISA” merupakan Sekolah menengah yang mencetak lulusanya agar siap kerja, baik kerja di perusahaan maupun membuka lapangan kerja sendiri (wiraswasta). 

Siswa SMK akan di didik dan dilatih sesuai dengan Jurusanya mulai dari kelas X (sepuluh) sehingga dari awal masuk sekolah siswa SMK sudah diarahkan, di latih untuk bekerja sesuai dengan jurusanya (Kompetensi Keahlian) masing-masing.

Sesuai dengan sloganya “SMK BISA”, maka alumni SMK diharapkan bisa Kerja atau berwirausaha  dan juga bisa Kuliah. 

Berbeda dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang menyiapkan lulusanya untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi, walaupun tak sedikit yang memilih bekerja. 

Lulusan SMA yang akan langsung bekerja biasanya mengambil kursus singkat terkait dengan keterampilan yang dibutuhkan di Dunia kerja.

Jurusan Konstruksi Jalan, Irigasi, dan Jembatan

Berbeda halnya dengan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), kalau di SMK pemilihan jurusan (Kompetensi Keahlian) akan langsung dilakukan sejak pertama mendaftar sehingga kamu langsung bisa memilih jurusan (Kompetensi Keahlian) yang sesuai dengan bakat dan minat yang kamu miliki.

Masing-masing SMK juga belum tentu memiliki jurusan (Kompetensi Keahlian) yang sama sehingga kamu bebas memilih SMK yang membuka Jurusan sesuai dengan bakat minat yang kamu miliki. Seperti jurusan (Kompetensi Keahlian) Konstruksi Jalan, Irigasi, dan Jembatan (4 Tahun) ini, tidak semua SMK memiliki jurusan Konstruksi Jalan, Irigasi, dan Jembatan (4 Tahun).

Kompetensi Keahlian Konstruksi Jalan, Irigasi, dan Jembatan merupakan suatu jurusan di SMK yang spesifik mempelajari konstruksi gedung, sanitasi dan perawatan. Jurusan Konstruksi Jalan, Irigasi, dan Jembatan merupakan ilmu yang mempelajari dan mengembangkan pengetahuan yang berkaitan dengan teknik sipil.

Pada SMK Jurusan Konstruksi Jalan, Irigasi, dan Jembatan yang di pelajari adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan bangunan gedung sebagai obyeknya dengan ruang lingkup yang luas, seperti Konstruksi jalan, Irigasi dan Jembatan.

Lulusan (Alumni) jurusan Konstruksi Jalan, Irigasi, dan Jembatan memiliki kompetensi yang cakupanya cukup luas, antara lain: Gambar Teknik, Mekanika Teknik, Dasar-dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah dan lain sebagainya. 

Jurusan Konstruksi Jalan, Irigasi, dan Jembatan

SMK Jurusan Konstruksi Jalan, Irigasi, dan Jembatan memiliki peluang kerja yang sangat luas, baik sektor pemerintah maupun swasta. Pada sektor pemerintah, lulusan SMK Konstruksi Jalan, Irigasi, dan Jembatan dapat bekerja di Dinas Pekerjaan Umum, Kementerian Lingkungan Hidup, BPPT, LIPI, BAPEDALDA, dan instansi pemerintah lainya). 

Sedangkan di sektor swasta, lulusan Konstruksi Jalan, Irigasi, dan Jembatan dapat bekerja di Konsultan Teknik Sipil, Kontraktor, dan juga Perusahaan Pengembang Pemukiman (Perumahan).

Apa saja yang di pelajari di SMK jurusan Konstruksi Jalan, Irigasi, dan Jembatan?

Di Jurusan Konstruksi Jalan, Irigasi, dan Jembatan (4 Tahun), kamu akan mempelajari beberapa materi pelajaran, diantaranya adalah: Gambar Teknik, Mekanika Teknik, Dasar-dasar Konstruksi Bangunan, Teknik Pengukuran Tanah, Konstruksi Jalan, Irigasi, dan Jembatan, Teknik Pelaksanaan dan Pengawasan Jalan, Teknik Pelaksanaan dan Pengawasan Irigasi, Teknik Pelaksanaan dan Pengawasan Jembatan, Estimasi Biaya Pekerjaan Jalan, Irigasi, dan Jembatan dan juga Produk Kreatif dan Kewirausahaan.

Berikut ini Daftar Mata Pelajaran SMK Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti, Kompetensi Keahlian Konstruksi Jalan, Irigasi, dan Jembatan (4 Tahun) sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 07/D.D5/KK/2018 Tanggal : 7 Juni 2018 tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan yang bakal kamu pelajari sehingga kamu makin mantap untuk memilih jurusan ini.

Daftar Mata pelajaran SMK Jurusan Konstruksi Jalan, Irigasi, dan Jembatan (4 Tahun)

Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik Konstruksi dan Properti
Kompetensi Keahlian : Konstruksi Jalan, Irigasi, dan Jembatan (4 Tahun)

MATA PELAJARAN
KELAS
X
XI
XII
IV
1 2 1 2 1 2 1 2
A Muatan Nasional
1 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 3 3 3 3 3 3 - -
2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 2 2 2 2 2 - -
3 Bahasa Indonesia 4 4 3 3 2 2 - -
4 Matematika 4 4 4 4 4 4 - -
5 Sejarah Indonesia 3 3 - - - - - -
6 Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) 3 3 3 3 4 4 4 4
JUMLAH A
19 19 15 15 15 15 4 4
B Muatan Kewilayahan
1 Seni Budaya 3 3 - - - - - -
2 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 2 2 2 2 - - - -
JUMLAH B
5 5 2 2 - - - -
C Muatan Peminatan Kejuruan
C1 Dasar Bidang Keahlian
1 Simulasi dan Komunikasi Digital 3 3 - - - - - -
2 Fisika 3 3 - - - - - -
3 Kimia 3 3 - - - - - -
C2 Dasar Program Keahlian
1 Gambar Teknik 4 4 - - - - - -
2 Mekanika Teknik 3 3 - - - - - -
3 Dasar-dasar Konstruksi Bangunan 3 3 - - - - - -
4 Teknik Pengukuran Tanah 3 3 - - - - - -
C3 Kompetensi Keahlian
1 Konstruksi Jalan, Irigasi, dan Jembatan - - 8 8 4 4 - -
2 Teknik Pelaksanaan dan Pengawasan Jalan - - 4 4 5 5 8 8
3 Teknik Pelaksanaan dan Pengawasan Irigasi - - 4 4 4 4 8 8
4 Teknik Pelaksanaan dan Pengawasan Jembatan - - 4 4 6 6 10 10
4 Estimasi Biaya Pekerjaan Jalan, Irigasi, dan Jembatan - - 4 4 6 6 8 8
5 Produk Kreatif dan Kewirausahaan - - 7 7 8 8 10 10
JUMLAH C
22 22 31 31 33 33 44 44
TOTAL
48 48 48 48 48 48 48 48

Demikianlah daftar Matapelajaran SMK Jurusan Konstruksi Jalan, Irigasi, dan Jembatan (4 Tahun) yang bisa memberi gambaran kamu agar lebih mantap untuk masuk jurusan ini.

Semoga bermanfaat ya...

No comments