Iklan-atas-was-info1

Mata Pelajaran SMK Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti

Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti - Mengapa pilih Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti ? Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki slogan “SMK BISA” merupakan Sekolah menengah yang mencetak lulusanya agar siap kerja, baik kerja di perusahaan maupun membuka lapangan kerja sendiri (wiraswasta). Siswa SMK akan di didik dan dilatih sesuai dengan Jurusanya mulai dari kelas X (sepuluh) sehingga dari awal masuk sekolah siswa SMK sudah diarahkan, di latih untuk bekerja sesuai dengan jurusanya (Kompetensi Keahlian) masing-masing.

Sesuai dengan sloganya “SMK BISA”, maka alumni SMK diharapkan bisa Kerja dan juga bisa Kuliah. Berbeda dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) penjurusan akan dilakukan di kelas 11, ini artinya kamu belajar dulu selama 1 tahun, baru kemudian dilakukan Penjurusan, kamu disuruh memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat yang biasanya berdasarkan nilai pada kelas 10. Sekolah Menengah Atas (SMA) memiliki jurusan yang masih bersifat umum karena tamatan SMA diarahkan agar dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi (kuliah). Skill/ Keterampilan untuk siswa SMA akan diperoleh ketika ada di Perguruan Tinggi.

Mata Pelajaran SMK Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti

Berbeda halnya dengan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), kalau di SMK pemilihan jurusan (Kompetensi Keahlian) akan langsung dilakukan sejak pertama mendaftar sehingga kamu langsung bisa memilih jurusan (Kompetensi Keahlian) yang sesuai dengan bakat dan minat yang kamu miliki.

Masing-masing SMK juga belum tentu memiliki jurusan (Kompetensi Keahlian) yang sama sehingga kamu bebas memilih SMK yang membuka Jurusan sesuai dengan bakat minat yang kamu miliki. Seperti jurusan (Kompetensi Keahlian) Bisnis Konstruksi dan Properti ini, tidak semua SMK memiliki jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti.

Kompetensi Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti merupakan suatu jurusan di SMK yang spesifik mempelajari konstruksi gedung, sanitasi dan perawatan. Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti merupakan ilmu yang mempelajari dan mengembangkan pengetahuan yang berkaitan dengan teknik sipil.

Pada SMK Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti yang di pelajari adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan bangunan gedung sebagai obyeknya dengan ruang lingkup yang luas, seperti bangunan gedung, sanitasi dan juga perawatan.

Lulusan (Alumni) jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti memiliki kompetensi yang cakupanya cukup luas, antara lain: Gambar Teknik, Mekanika Teknik, Dasar-dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah dan lain sebagainya.

SMK Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti memiliki peluang kerja yang sangat luas, baik sektor pemerintah maupun swasta. Pada sektor pemerintah, lulusan SMK Bisnis Konstruksi dan Properti dapat bekerja di Dinas Pekerjaan Umum, Kementerian Lingkungan Hidup, BPPT, LIPI, BAPEDALDA, dan instansi pemerintah lainya). Sedangkan di sektor swasta, lulusan Bisnis Konstruksi dan Properti dapat bekerja di Konsultan Teknik Sipil, Kontraktor, dan juga Perusahaan Pengembang Pemukiman (Perumahan).

Apa saja yang di pelajari di SMK jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti?

Di Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti, kamu akan mempelajari beberapa materi pelajaran, diantaranya adalah: Gambar Teknik, Mekanika Teknik, Dasar-dasar Konstruksi Bangunan, Dasar-dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah, Perencanaan Bisnis Konstruksi dan Properti, Pelaksanaan dan Pengawasan Konstruksi dan Properti, Estimasi Biaya Konstruksi dan Properti, Pengelolaan Bisnis Konstruksi dan Properti dan juga Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Maka jangan heran kalau siswa Bisnis Konstruksi dan Properti jago menggambar Bangunan Gedung dan merancang jembatan. 

Mata Pelajaran SMK Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti
 
Berikut ini Daftar Mata Pelajaran SMK Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti, Kompetensi Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 07/D.D5/KK/2018 Tanggal : 7 Juni 2018 tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan yang bakal kamu pelajari sehingga kamu makin mantap untuk memilih jurusan ini.

Daftar Mata pelajaran SMK Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti

Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik Konstruksi dan Properti
Kompetensi Keahlian : Bisnis Konstruksi dan Properti

MATA PELAJARAN
KELAS
X
XI
XII
1 2 1 2 1 2
A Muatan Nasional
1 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 3 3 3 3 3 3
2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 2 2 2 2 2
3 Bahasa Indonesia 4 4 3 3 2 2
4 Matematika 4 4 4 4 4 4
5 Sejarah Indonesia 3 3 - - - -
6 Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) 3 3 3 3 4 4
JUMLAH A
19 19 15 15 15 15
B Muatan Kewilayahan
1 Seni Budaya 3 3 - - - -
2 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 2 2 2 2 - -
JUMLAH B
5 5 2 2 - -
C Muatan Peminatan Kejuruan
C1 Dasar Bidang Keahlian
1 Simulasi dan Komunikasi Digital 3 3 - - - -
2 Fisika 3 3 - - - -
3 Kimia 3 3 - - - -
C2 Dasar Program Keahlian
1 Gambar Teknik 3 3 - - - -
2 Mekanika Teknik 3 3 - - - -
3 Dasar-dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah 7 7 - - - -
C3 Kompetensi Keahlian
1 Perencanaan Bisnis Konstruksi dan Properti - - 6 6 6 6
2 Pelaksanaan dan Pengawasan Konstruksi dan Properti - - 9 9 8 8
3 Estimasi Biaya Konstruksi dan Properti - - 5 5 5 5
4 Pengelolaan Bisnis Konstruksi dan Properti - - 4 4 6 6
5 Produk Kreatif dan Kewirausahaan - - 5 5 5 5
JUMLAH C
22 2231 31 33 33
TOTAL
46 46 48 48 48 48

Demikianlah daftar Matapelajaran SMK Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti yang bisa memberi gambaran kamu agar lebih mantap untuk masuk jurusan ini.

Semoga bermanfaat ya...

0 Response to "Mata Pelajaran SMK Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel