Iklan-atas-was-info1

Kuliah yang sesuai untuk Lulusan SMK Jurusan Multimedia

Kuliah yang sesuai untuk Lulusan SMK Jurusan Multimedia

Kuliah yang sesuai untuk Lulusan SMK Jurusan Multimedia – Banyak pertanyaan dari siswa SMK Jurusan Multimedia terkait dengan Kuliah yang sesuai untuk jurusan Multimedia, seperti: 
  • Jurusan apa yang cocok untuk lulusan SMK Jurusan Multimedia?
  • Perguruan Tinggi/ Universitas apa yang sesuai dengan SMK Jurusan Multimedia?
  • Lulus SMK Multimedia Kuliah Jurusan apa?
  • Apa ada Jurusan Multimedia di Perguruan Tinggi?
  • Bagaimana peluang kerja jurusan Multimedia?
  • Dan lain sebagainya.

Pertanyaan-pertanyaan seperti ini sering terlontar dari anak-anak SMK Jurusan Multimedia kelas XII yang punya rencana melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi/ Universitas. Banyak yang belum memahami Jurusan Multimedia di SMK, seperti: di Jurusan Multimedia SMK belajar apa saja, mata pelajaran SMK Jurusan Multimedia apa saja, dan Kompetensi apa yang harus dikuasai oleh anak SMK Jurusan Multimedia, dan lain sebagainya terutama yang ada kaitanya dengan SMK Jurusan Multimedia. Hal-hal seperti ini dapat dibaca di: Mata Pelajaran SMK Jurusan Multimedia dan Peluang kerja Lulusan Multimedia

Terkain dengan Perguruan Tinggi dan Jurusan apa yang cocok untuk lulusan SMK Jurusan Multimedia adalah Kamu bisa ambil jurusan apapun sesuai dengan keinginan, kemampuan, dan kesempatan yang ada. Lulus dari SMK Jurusan Multimedia tidak harus melanjutkan ke Jurusan Multimedia di Perguruan Tinggi, tetapi sebaiknya untuk kuliah menyesuaikan dengan jurusan saat di SMK agar lebih nyambung. 

SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) merupakan salah pendidikan menengah yang pola pembelajaranya lebih mengedepankan praktik dari pada teori, karena di SMK siswanya disiapkan untuk langsung bisa bekerja setelah lulus. Tetapi tidak menutup kemungkinan jika ada kesempatan, kemauan untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi tentu akan lebih baik. 

Banyak yang masih bingung ketika sekolah di SMK ternyata tidak sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki. Hal ini tentunya akan menimbulkan keraguan dan kebingungan untuk menentukan jurusan di Perguruan Tinggi kelak. Beberapa alasan atau penyebab kenapa jurusan di SMK tidak sesuai dengan bakat minat yang dimiliki antara lain: 

  • Pada saat daftar untuk masuk SMK hanya ikut-ikutan teman
  • Jurusan yang dipilih tidak ada di SMK tersebut
  • Tidak ada bimbingan dari orang tua/ wali untuk mengarahkan jurusan yang sesuai
  • Tidak ada bimbingan dari sekolah terkait relevansi jurusan di SMK dan jurusan Perguruan Tinggi
  • Peralatan praktik disekolah tidak memadai, sehingga tidak bisa praktik dengan baik sesuai dengan jurusanya
  • Dan lain sebagainya...

Banyak diantara siswa SMK tidak mau melanjutkan ke Perguruan Tinggi karena mengira tidak ada jurusan yang sesuai. Dengan masuk SMK dan belajar mata pelajaran produktif (praktik) sesuai jurusanya, mereka berharap bisa mendapat keterampilan (skill) yang bisa langsung diterapkan untuk bekerja. Sayangnya bagi mereka yang sudah bekerja terkadang malas untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Ada juga yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi (Kuliah) tetapi bingung memilih jurusan yang sesuai. Untuk alumni SMK Jurusan Multimedia terbuka lebar peluang untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi, baik negeri maupun swasta. 

Dari pengalaman yang sudah-sudah ternyata banyak juga yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi berbeda jurusan dengan waktu di SMK, seperti dari jurusan Multimedia melanjutkan ke Fakultas Teknik, Pertanian, Kesehatan, Kebidanan, dan lain sebagainya. Tidak sedikit juga yang dari SMK jurusan Mesin melanjutkan ke jurusan Informatika, dari SMK jurusan Multimedia melanjutkan Keperawatan di perguruan Tingginya. Hal seperti ini sah-sah saja seiring berjalanya waktu, karena keinginan dan kesempatan bisa datang kapan saja, tetapi sebaiknya mengambil jurusan di perguruan tinggi dengan melihat peluang kerja ataupun peluang wirausaha yang tren untuk beberapa tahun kedepan. 


Lalu Kuliah Jurusan apa yang pas untuk alumni SMK Jurusan Multimedia? 


Jika sewaktu SMK anda jurusan Multimedia, anda dapat memilih beberapa jurusan di perguruan tinggi yang ada relevansinya dengan beberapa jurusan seperti berikut: 

  • Animasi
  • Desain Grafis
  • Boadcasting
  • Teknik Informatika
  • Sistem Komputer
  • Manajemen informatika/ sistem informasi

Tetapi anda harus melihat kurikulum di perguruan tinggi tersebut, karena biasanya masing-masing perguruan tinggi memakai kurikulum yang berbeda. Pilihlah Prodi mana yang kurikulumnya nyambung dengan jurusan anda di SMK.. 


Dari tersebut diatan mana yang paling sesuai dengan SMK Jurusan Multimedia? 


Semua jurusan tersebut diatas basicnya sama yaitu komputer, tetapi dari jurusan tersebut yang paling mendekati adalah Jurusan Animasi, Desain Grafis dan Broadcasting (menurut saya). Sebelum mendaftar ke Perguruan Tinggi sebaiknya kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang Akreditasi dan Kurikulum pada Perguruan Tinggi yang akan di masuki. Anda bisa membandingkan antara mata kuliah pada prodi-prodi tersebut dengan kurikulum di SMK tempat anda sekolah agar anda lebih mantap dalam belajar kedepanya. 


Untuk bahan pertimbangan, yang paling penting dalam meneruskan Pendidikan ke Perguruan Tinggi (Kuliah) adalah dengan mempertimbangkan apakah jurusan yang di ambil masih relevan untuk 5 sampai 10 tahun yang akan datang? 

Semoga bermanfaat...

0 Response to "Kuliah yang sesuai untuk Lulusan SMK Jurusan Multimedia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel