Iklan-header

Cek Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG)/ Sertifikasi melalui Info GTK

Cek Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG)/ Sertifikasi melalui Info GTK - Portal Guru dan Tenaga Kependidikan Info GTK merupakan sumber informasi yang datanya sangat lengkap, data inipun dapat diakses dengan mudah oleh siapapun di portal info.gtk.kemdikbud.go.id. melalui portal ini juga kita bisa melihat identitas Guru, Cek SKTP Pada Info GTK bahkan bisa juga untuk cek  Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG)/ Sertifikasi dengan mudah. Untuk data Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) guru pada Info GTK diambil dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang di entry oleh Operator Sekolah, sedangkan untuk data Kepegawaian seperti NIP, Pangkat/ Golongan dan Gaji Pokok diambil dari data Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan juga dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK). Sebelum pembayaran TPG tentunya data guru harus sudah dinyatakan Valid oleh info GTK, silahkan cek apakah data anda sudah valid atau belum. Jika data anda sudah valid maka anda bisa Cek SK Dirjen/ SKTP sudah terbit atau belum, karena syarat untuk pembayaran tunjangan tersebut adalah SKTP/ SK Dirjen.

Disamping Cek SKTP/ SK Dirjen, kita juga bisa Cek Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG)/ Sertifikasi melalui Info GTK yang dapat diakses oleh siapapun di internet, maka kita dapat dengan mudah untuk melihat apakah Tunjangan Sertifikasi sudah dibayarkan atau belum. Kita juga bisa mencocokan apakah besaran pembayaran tunjangan sertifikasi sudah sesuai dengan gaji pokok atau belum, karena pada info GTK dan SKTP sudah tertera gaji pokok yang seharusnya sama dengan gaji pokok yang diterbitkan oleh BKN. Hal ini akan mempermudah kita dalam mengetahui apakah pembayaran tunjangan tersebut sesuai dengan gaji pokok atau belum tanpa mengecek saldo pada rekening kita.

Cek Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG)/ Sertifikasi melalui Info GTK dapat dilakukan oleh siapa saja asalkan dapat terhubung dengan internet. Pada saat ini, website info GTK telah mengalami penambahan fitur baru Tahun 2019 yang cukup lengkap, pada halaman depan (beranda) website ini telah dilengkapi dengan keterangan dan peraturan pemerintah, peraturan menteri terkait dengan kebijakan tentang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) yang bisa di unduh oleh pengunjungnya. Sehingga kita tahu kekurangan data kita apabila pembayaran tunjangan sertifikasinya tertunda, mungkin karena ada aturan yang belum sesuai dengan ketentuan Permendikbud maupun Peraturan Pemerintah yang lainya. Kita bisa memperbaiki data tersebut melalui Operator Dapodik di Sekolah kita.

Untuk dapat Cek Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG)/ Sertifikasi melalui Info GTK kita harus login pada portal info GTK menggunakan NUPTK maupun account pada dapodik kita. Akun untuk login ke website info GTK terdiri dari akun PTK pada Dapodik dan NUPTK. PTK dapat login dengan memilih akun mana yang akan di gunakan, jika menggunakan akun dapodik maka user yang harus dimasukan adalah email yang di gunakan pada dapodik, sedangkan jika memilih login menggunakan NUPTK maka user yang harus dimasukan adalah NUPTK. Kemudian masukan Password yang terdiri dari Tahun-Bulan-Tanggal lahir dengan format yyyymmdd, lalu masukan kode capcha yang tertera, dan kemudian klik login. Untuk login Info GTK ini saya menyarankan agar menggunakan account NUPTK sebagai usernya seperti tahun – tahun sebelumnya.

Berikut ini cara Cek Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG)/ Sertifikasi melalui Info GTK:

  1. 1. Buka Browser anda (Chrome, Firefox, Opera, dll), kemudian ketik http://info.gtk.kemdikbud.go.id maka akan tampil


Cek Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG)/ Sertifikasi melalui Info GTK

Keterangan :

  • Klik, pilih NUPTK untuk metode Login
  • Masukan NUPTK
  • Masukan Password yang terdiri dari Tahun - Bulan - Tanggal Lahir (yyyymmdd) tanpa tanda penghubung apapun.
  • Masukan kode capcha yang tampil seperti dalam kotak diatasnya
  • Klik Login


  1. 2. Lihat pada bagian Tab Tunjangan seperti gambar dibawah ini


Cek Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG)/ Sertifikasi melalui Info GTK


  1. 3. Klik pada tab Tunjangan Guru, kemudian klik Tunjangan Profesi untuk melihat Status Pembayaran Tunjangan Sertifikasi, masa berlaku, dan lain sebagainya seperti gambar dibawah

Cek Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG)/ Sertifikasi melalui Info GTK

 Demikian cara Cek Pembayaran Tunjangan Sertifikasi melalui Info GTK tahun ini yang dapat dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja, yang penting dapat terhubung dengan internet.

Semoga bermanfaat...

0 Response to "Cek Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG)/ Sertifikasi melalui Info GTK"

Post a Comment

Recent Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel