Iklan-header

Cara memilih Perguruan Tinggi Swasta yang berkualitas

Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) merupakan hal yang di idam-idamkan oleh banyak calon mahasiswa atau lulusan SMA/SMK sederajat, namun daya tampung di Perguruan Tinggi Negeri juga sangat terbatas dibanding dengan lulusan SMA/SMK sederajat yang ingin meneruskan belajar ke Perguruan Tinggi, silahkan anda membaca Daftar Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Lampung

Cara memilih Perguruan Tinggi Swasta
Terbatasnya daya tampung Perguruan Tinggi Negeri mengakibatkan persaingan untuk masuk ke PTN ini menjadi sangat ketat. Disamping persaingan yang sangat ketat, juga tidak semua PTN membuka Program Study yang sesuai dengan bakat minat calon mahasiswanya, kalaupun ada PTN tersebut berada di luar daerah, dan bahkan di luar propinsi yang tentunya akan memberatkan calon mahasiswa dari segi biaya. Dengan alasan demikian maka Perguruan Tinggi Swasta bisa menjadi alternatif. Untuk memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berkualitas kita harus jeli dan teliti, tidak hanya mengandalkan dan mempercayai iklan di media begitu saja.

Lalu, bagaimana cara mengetahui Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berkualitas? Ada beberapa cara untuk mengetahui Perguruan Tinggi Swasta (PTS) itu berkualitas atau tidak, silahkan lanjut saja membaca tulisan ini sampai selesai.

Kuliah, atau melanjutkan ke perguruan tinggi merupakan salah satu gerbang menuju kesuksesan kita. dengan kuliah kita bisa meraih cita-cita yang kita impikan dari kecil, misalnya kita bercita-cita menjadi Dokter maka kita harus kuliah di kedokteran. walaupun banyak orang yang sukses secara ekonomi tanpa merasakan kuliah, jika kita hanya ingin sukses secara ekonomi sebenarnya tanpa kuliahpun bisa. Sukses secara ekonomi tidak ditentukan oleh tinggi rendahnya pendidikan yang di tempuh, tetapi seberapa besar perjuangan yang dilakukan untuk meraih sukses.

Baca : Yang dibutuhkan untuk menjadi Network Enginer

Kuliah, melanjutkan ke perguruan tinggi hanya sebagai faktor pendukung saja untuk meraih cita-cita, selebihnya adalah perjuangan/ kerja keras. dengan kuliah diharapkan akan terbentuk pola pikir yang baik sehingga mampu memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dikemudian hari. tanpa kuliah kita bisa belajar berwira usaha sejak dini sehingga kita akan mampu menjadi wirausaha yang handal dikemudian hari. Tetapi bagaimana dengan yang mempunyai cita-cita berkarir di Pemerintahan?

Baca : Perbedaan PNS dan PPPK (P3K)

Jika anda mempunyai cita-cita berkarir di pemerintahan maka Kuliah adalah salah satu syarat agar persyaratan dasar yang ditentukan oleh pemerintah dapat terpenuhi. Sekarang untuk menjadi Pegawai baik Negeri maupun swasta dibatasi oleh jenjang pendidikan, salah satunya adalah jika ingin berkarir di Pemerintah maka syarat utamanya harus lulus D3 ataupun S1. Ini berarti harus ditempuh dengan cara lulus dari perguruan tinggi.

Melanjutkan study ke jenjang perguruan tinggi menjadi pilihan oleh banyak siswa di Indonesia, terlebih lagi dunia pekerjaan yang hampir seluruhnya mensyaratkan lulus sarjana, diploma tiga.
Daya tampung Perguruan Tinggi Negeri hanya sangat terbatas dan tidak sebanding dengan jumlah lulusan dari siswa SMA/SMK yang ada, karena jalur untuk masuk ke PTN, seperti SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri juga terbatas. Alternatifnya adalah masuk ke perguruan tinggi swasta.

Lalu bagaimana cara mengetahui/ mencari PTS yang berkualitas?. Saat ini jumlah PTS di Indonesia sudah mencapai ribuan, Buat anda yang ingin melanjutkan study ke PTS karna tidak lulus di PTN dengan berbagai jalur atau karna tidak ada niat untuk melanjut ke PTN, jangan berkecil hati karna anda bisa memilih perguruan tinggi swasta yang berkualitas yang jumlahnya sangat banyak, dan tersebar diseluruh indonesia.

Berikut ini merupakan cara memilih Perguruan Tinggi swasta yang berkualitas:

1.  Akreditasi Kampus (PTS)

Akreditasi adalah hal yang sangat penting diketahui, semakin baik akreditas suatu PTS tentu citra dan lulusannya juga memiliki kualitas yang baik pula. Layaknya sebuah merek kendaraan, semakin bagus brand kendaraan tersebut tentu juga memberikan kualitas yang baik juga.
Dalam dunia industri, perusahaan mensyarakatkan karyawan yang akan mereka rekrut minimal memiliki akreditasi kampus yang baik. Biasanya mereka akan membuat patokan minimal akreditasi B, atau bahkan harus Akreditasi A bagi calon karyawan pada perusahaan tertentu.
Akreditasi dibedakan menjadi beberapa tingkatan, antara lain: Akreditasi A (sangat baik), Akreditasi B (baik), Akreditasi C (Cukup), dan belum terakreditasi. Peringkat akreditasi suatu perguruan tinggi dapat di lihat di website BAN – PT.

2.  Akreditasi Jurusan (Program Study)

Selain akreditasi perguruan tinggi, akreditasi jurusan juga tidak kalah penting, bisa saja PTS terebut memiliki Akresitasi B, namun jurusan yang diminati di PTS itu akreditasinya C. Akreditasi jurusan menjadi pilihan utama karena jurusan itulah yang bakal menentukan kompetensi/ skill kita. jika akreditasi jurusan baik maka biasanya mutu dari lulusan jurusan itupun baik juga.
Akreditasi jurusan juga dapat di lihat di website Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi.

3.  Peringkat Kampus (PTS)

Peringkat adalah hal yang  sering diabaikan orang, karna dirasa kurang begitu penting. Semakin tinggi peringkat perguruan tinggi tersebut, tentu kualitas perguruan tinggi itu juga semakin bagus.
Banyak lembaga – lembaga pemeringkat PT baik nasional maupun internasional, seperti Kemenristekdikti, Webometrics, lainya sebagai referensi memilih perguruan tinggi yang memiliki peringkat baik.

4. Usia Kampus (PTS)

Usia PTS dapat dijadikan alasan annda untuk memilih PTS itu baik atau tidan, mungkin bagi beberapa orang usia suatu PTS tidak penting, namun dengan melihat semakin tua suatu PTS dapat disimpulkan bahwa PTS tersebut memilki citra yang baik di mata masyarakat.

5. Alumni

Selain usia PTS, Alumni juga menjadi alasan untuk menentukan apakah PTS itu baik atau tidak, kita bisa melihat kompetensi alumni dari PTS tersebut yang sudah terjun di Perusahaan maupun di masyarakat. Alumni tidak bisa dipisahkan dari citra PTS karena alumni bisa menjadi tolok ukur sistem perkuliahan di PTS tersebut.

6. Biaya Kuliah

Biaya kuliah juga tidak bisa dianggap sepele, biasanya prinsip jual beli akan selalu dipakai orang untuk mengetahui kualitas suatu barang. Biasanya semakin mahal suatu barang akan menentukan kualitas barang tersebut. Prinsip ini juga bisa digunakan dalam hal memilih PTS, tidak mungkin dengan biaya yang sangat minim akan mendapat kualitas yang sangat baik, karena semua memerlukan biaya dalam operasionalnya. Kualitas yang bagus biasanya dibarengi dengan biaya kuliah yang agak mahal.
PTS akan memberikan fasilitas yang memadai, bahkan bisa menyamai fasilitas yang diberikan oleh perguruan tinggi negeri jika pendanaan PTS tersebut tercukupi.

7. Lokasi Kampus (PTS)

Lokasi juga bisa menentukan apakah PTS tersebut berkualitas atau tidak, karena lokasi akan menentukan faktor pendukung dari PTS tersebut. PTS yang berada dilokasi strategis, mudah dijangkau dan terdapat fasilitas umum lainya biasanya memiliki kualitas yang lebih jika dibanding dengan PTS yang berada di tempat yang sulit dijangkau dan sulit/ bahkan tidak ada fasilitas umum lainya. PTS yang sulit dijangkau dengan kendaraan umum biasanya kurang diminati karena menyangkut biaya yang nantinya akan di keluarkan oleh mahasiswa maupun calon mahasiswa.

8. Jangan mudah tergiur iklan PTS !

Iklan biasanya akan dibuat semenarik mungkin agar calon mahasiswa tertarik untuk mendaftar. Berbagai macam cara akan di tawarkan kepada calon mahasiswa, mulai dari potongan biaya kuliah, pemberian beasiswa, hingga jaminan langsung kerja bagi lulusanya. Iklan yang menarik belum tentu sesuai dengan kualitas PTS tersebut, bisa jadi itu hanya trik untuk menarik calon mahasiswanya dengan janji-janji tanpa bukti :)

Itulah beberapa tips yang bisa dijadikan referensi untuk memilih PTS yang berkualitas, mudah-mudahan tip ini bisa bermanfaat bagi calon mahasiswa untuk mendapatkan PTS yang di impikan. Dan perlu di ingat bahwa kesuksesan seseorang bukan ditentukan dari Tinggi rendahnya Pendidikan yang ditempuh, melainkan kejujuran, tanggung jawab dan kerja keras.

0 Response to "Cara memilih Perguruan Tinggi Swasta yang berkualitas"

Post a Comment

Recent Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel