Iklan-header

Agar tidak mudah haus saat berpuasa

Tips sederhana agar tidak mudah haus saat berpuasa

hauuuuss
Puasa adalah menahan diri dari segala hal yang dapat membatalkan puasa itu sendiri dari terbit/fajar (shubuh)  sampai tenggelamnya matahari (mahgrib). Hal-hal yang dapat membatalkan puasa antara lain makan atau minum dengan sengaja, mengeluarkan darah yang banyak, memasukan benda sing ke tubuh kita, Hubungan intim (suami-istri) diwaktu siang, dll.

Dalam kesempatan ini saya tidak akan membahas tentang hal-hal yang membatalkan atau tidak membatalkan puasa (karena bukan ustad :D) tetapi hanya sekedar ingin membagi trik agar puasa kita tidak mengalami rasa haus yang teramat sangat.

Haus biasanya lebih sulit ditahan dibanding dengan lapas, oleh karena itu biasanya hal yang paling tidak kuat (berat) saat puasa adalah menahan haus, apalagi jika pas lagi tengah hari dan cuaca panas maka rasa haus itu akan amat sangat terasa (seolah-olah kerongkongan ini kering seperti sungai dimusim kemarau J) dan parahnya lagi ketika cuaca panas, kerongkongan terasa kering eeeh..... tiba-tiba  ada anak kecil lewat sambil minum es cendol J pasti terasa ingin merebut dan meminumnya, wkwkkw.....

Saat puasa kita sering merasakan haus dan kerongkongan terasa kering  padahal pada saat makan sahur kita merasa sudah cukup banyak minum, bahkan perut terasa penuh oleh aneka macam minuman seperti teh manis, kopi, sirup, dll.  Minum banyak pada saat makan sahur ternyata tidak begitu berpengaruh terhadap datangnya rasa haus pada siang hari, ini disebabkan karena walaupun kita telah minum berliter-liter air tetapi air tersebut belum bisa meluruhkan rasa sisa makanan dalam kerongkongan kita sehingga ketika siang hari maka rasa haus itu datang lagi.

Minum air putih saja tidak cukup.....

walaupun merasa sudah minum air putih yang banyak tetapi kenapa puasa rasanya haus melulu?
Ternyata yang menyebabkan rasa haus saat puasa bukan karena tak minum air, bahkan pada saat sahurpun sudah minum berliter-liter  air putih  sampai terasa kembung.

Ternyata yang menyebabkan haus adalah sisa-sisa  minyak yang melekat di dinding kerongkongan yang berasal dari makanan saat kita sahur.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan sisa sisa minyak dikerongkongan kita?

Untuk meluruhkan (mengilangkan) minyak sisa makana pada saat sahur adalah dengan meminum air hangat, hal ini sebaiknya dilakukan pada saat penutup, artinya setelah kita minum air hangat tadi kita tidak makan ataupun minum lagi kecuali minum air hangat.

Sebelum ditutup dengan minuman air hangat silahkan makan dan minum apa saja, seperti bagi anda yang suka minum kopi atau teh dan mungkin susu boleh-boleh saja tetapi setelah selesai minum itu semua maka lanjut dengan minum air putih hangat.

Selain minum air putih yang hangat tentunya aktifitas juga harus dijaga, hindari bekerja dibawah terik matahari langsung yang dapat mengeluarkan banyak keringat.

Bekerja dan beraktifitaslah seperti biasa karena puasa bukan untuk membatasi aktifitas dan pekerjaan kita. Kita cukup menjaga aktifitas yang berlebihan yang berpotensi menimbulkan rasa haus saat menjalankan puasa.

Demikian tips sederhana menghindari rasa haus saat berpuasa, semoga bermanfaat.... J

0 Response to "Agar tidak mudah haus saat berpuasa"

Post a Comment

Recent Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel