Iklan-atas-was-info1

Pengertian Intranet dan Internet beserta perbedaanya

Pengertian Intranet dan Internet - Jaringan Komputer merupakan kumpulan dari dua atau lebih komputer dan perangkat lainya yang membentuk suatu jaringan agar komputer yang satu dan komputer yang lainya dapat saling komunikasi, berbagi resource hardware maupun software (aplikasi) dan berbagi perangkat pendukung lainya. Jaringan komputer di hubungkan oleh media transmisi data berupa kabel maupun non kabel (wireless).

Pengertian Intranet dan Internet beserta perbedaanya
Berdasarkan lingkup geografis host-host pengisinya, media transmisi yang digunakan, jaringan komputer diklasifikasikan menjadi beberapa jenis. Klasifikasi Jaringan Komputer dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Area Network) dan INTERNET (Interconnection Nerworking). Internet merupakan gabungan dari berbagai jaringan, seperti LAN dan WAN diseluruh dunia. Pada kehidupan sehari-hari kita sering mendengar, bahkan menjumpai jaringan komputer yang mirip internet tetapi hanya bersifat lokal yang sering disebut intranet.

Intranet masuk klasifikasi mana?

Sebelum membahas apa itu intranet, sebaiknya pahami dulu jenis-jenis jaringan diatas seperti LAN, MAN, WAN. Jenis-jenis jaringan tersebut sebenarnya adalah memiliki fungsi yang hampir sama yaitu untuk pertukaran data dan informasi melalui jaringan komputer maupun perangkat lainya. Dari jenis-jenis jaringan diatas akan membentuk jaringan global diseluruh dunia yang biasa dikenal dengan internet.

Jadi Internet adalah kumpulan dari jaringan LAN, MAN dan juga WAN yang membentuk jaringan global diseluruh dunia melalui interkoneksi gabungan. Dalam interkoneksi ini biasanya menggunakan protocol TCP/IP. Masing-masing komputer atau perangkat yang terhubung ke jaringan memiliki alamat unik yang berbeda antara satu dan lainya, alamat tersebut dikenal dengan IP Address (Internet Protocol Address).

Kembali ke pertanyaan awal yaitu Intranet masuk klasifikasi mana? Sebenarnya intranet bisa masuk ke klasifikasi ketiganya (LAN, MAN dan WAN) hanya teknologinya saja yang membuat jaringan tersebut menjadi jaringan Intranet. Lalu apa bedanya intranet dan internet?

Perbedaan Intranet dan Internet


Intranet merupakan jaringan client server, dimana jaringan tersebut memiliki server seperti internet. Server pada jaringan intranet berfungsi sama halnya internet yaitu web server, email server, domain name server, FTP server, dan lain sebagainya. Dengan kata lain bahwa Intranet adalah miniatur dari jaringan internet, jaringan ini meniru teknologi jaringan internet tetapi bersifat local.

Sedangkan Internet merupakan kumpulan jaringan LAN, MAN dan WAN yang membentuk interkoneksi jaringan global diseluruh dunia dengan media transmisi data yang beragam. Internet menggunakan protocol TCP/IP. Untuk komunikasinya menggunakan IP Public dimana setiap host yang terhubung ke jaringan memiliki nomor IP Address yang berbeda.

0 Response to "Pengertian Intranet dan Internet beserta perbedaanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel