Iklan-atas-was-info1

Ciri ciri berita hoax di postingan facebook


Bisnis nakal like difacebook
Ciri - ciri berita hoax - Facebook merupakan media sosial yang sangat populer dikalangan masyarakat indonesia dan bahkan mungkin di asia, dari kalangan remaja sampai orang tua memiliki account di facebook. Tak jarang facebook menjadi ajang curhat, promosi bahkan kampanye mejelang Pilkada maupul Pilpres. Hal ini juga sering digunakan untuk menyebarkan berita bohong (hoax). Sebagai pengguna media sosial seperti facebook, kita semestinya mengetahui Ciri - ciri berita hoax yang disebar oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Tahun ini adalah tahun politik maka keberadaan facebook sangat efektif untuk mempublikasikan jagoanya dengan berbagai cara. Dengan memanfaatkan facebook ini pesan atau informasi yang disampaikan menjadi lebih efektif dan efisien, oleh karena itu facebook sering dimanfaatkan untuk kepentingan sepihak dan bahkan melanggar norma norma yang berlaku dimasyarakat. Sebagai masyarakat yang cerdas tentunya harus tahu bagaimana Ciri - ciri berita hoax sehingga tidak mudah terprovokasi. Ciri - ciri berita hoax cukup mudah dikenali, salah satunya yaitu tidak jelas sumbernya.

Ciri - ciri berita hoax, setiap orang bebas memposting informasi yang mereka miliki untuk disebarkan kepada orang lain dan orang lain juga bebas menanggapi postingan tersebut jika postingan tersebut disampaikan umum.
Banyak sekali postingan difacebook yang sifatnya “menipu” atau hoax atau bohong dan tidak sesuai dengan realita yang ada, ini hanya semata-mata untuk mencari keuntungan sepihak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab kepada masyarakat yang tidak memahami Ciri - ciri berita hoax tersebut. Hal seperti ini bisanya dikaitkan dengan Bisnis gelap maupun kampanye terselubung untuk mendapatkan keuntungan dan dukungan yang besar dari para target dengan cara me-LIKE maupun menyebarkan status/ postingan tersebut.

Baca : Cara menangkal berita HOAX di internet dan Medsos

Ciri - ciri berita hoax, Kita semua pasti pernah melihat postingan difacebook yang isinya mengajak nge LIKE atau menuliskan sebuah kata Aaaamin atau yang lainya yang dianggap kita berempati pada sebuah postingan tersebut. Disamping ajakan untuk nge LIKE dan menyebarkan postingan tersebut ada juga ajakan untuk menuliskan angka 1 ataupun yang lainya dikolom komentar. Bagi pengguna media sosial seperti facebook yang tidak tahu ciri - ciri berita hoax akan langsung mengikuti apa kemauan si pemposting.

Tahukan anda bahwa itu sebenarnya bisnis kotor?


Contoh ada postingan/ status di facebook yang seperti ini yang termasuk ciri - ciri berita hoax:

“Klik ini, jika anda orang yang anti narkoba”

“Bila ingin ibu anda masuk sorga, klik LIKE”

“Bila anda setuju dengan status ini, silahkan klik LIKE”

“Jika ingin doa anda terkabul, Klik LIKE”

“Ketik angka 1 maka gambar berubah”

“Mari doakan, dan klik LIKE untuk nenek ini”

Dan lain sebagainya, yang intinya mengajak kita untuk klik Like pada postingan yang tidak jelas asal usulya dapat dikategorikan sebagai ciri - ciri berita hoax. Modus dari penipuan ini biasanya menggunakan account dari orang-orang terkenal, misalnya nama artis terkenal, ustad terkenal dan tokoh terkenal agar segera dapat respons dari para fans tersebut tetapi sebenarnya  account tersebut adalah account palsu, maka dapat dikatakan bahwa status diatas adalah PENIPUAN atau berita hoax.

Ciri - ciri berita hoax, Komentar anda tidak penting, yang penting adalah LIKEnya. Nantinya komentar anda akan dihapus kecuali “LIKE” karena 100.000 LIKE bisa dijual USD. 150 (sekitar 2 jutaan) bahkan ada yang menghargai sampai USD. 200 per 1000 Like tergantung seberapa cepat like itu bisa diperoleh. Nantinya setelah dibeli pihak tertentu, isi status diubah dari yang sebelumya tulisan/gambar/simbol keagamaan/foto sedih menjadi produk iklan atau hasil polling dari calon tertentu diajang pilkada, maka seolah iklan atau pasangan calon tersebut  sudah mendapatkan ratusan ribu like.

Sebuah status yang telah mendapat lebih dari 500.000 like bisa dijual mahal untuk kepentingan yang lebih besar lagi untuk kepentingan politik dan segala macam bentuk manipulasi seolah hasil polling.

Demikian ciri - ciri berita hoax yang semestinya kita sebagai pengguna facebook dan internet memahaminya sehingga tidak mudah terprovokasi dan menjadi korban. Semoga bermanfaat.... 

0 Response to "Ciri ciri berita hoax di postingan facebook"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel