Iklan-atas-was-info1

Dasar - dasar routing (routing langsung dan tak langsung)

Dasar-dasar Routing

Routing Lansung dan Tidak Langsung
Seperti telah disebutkansebelumnya, proses pengiriman datagram IP selalu menggunakan tabel routing. Tabel routing berisi informasi yang diperlukan untuk menentukan ke mana datagram harus di kirim. Datagram dapat dikirim langsung ke host tujuan atau harus melalui host lain terlebih dahulu tergantung pada tabel routing.

Berdasarkan Prosesnya routing dapat di kelompokkan menjadi dua macam yaitu routing langsung dan tak langsung

1. Routing Langsung
2. Routing Tak Langsung

Routing langsung adalah pengiriman paket data antar host yang terdapat dalam network yang sama. Pengiriman data dilakukan secara langsung dari host pengirim ke host penerima tanpa harus melalui perantara dulu. Misalnya pengiriman data dari host dengan Alamat IP 192.168.188.1/24 ke host dengan Alamat IP 192.168.188.2/24 dapat dilakukan secara langsung karena keduanya terdapat dalam satu network.
routing
 Gambar 1

Routing tak Langsung adalah pengiriman paket data antar host pada network yang berbeda, sehingga pengiriman data antar keduanya harus melalui perantara (router). Windows NT dapat berfungsi sebagai router dengan menyediakan minimal 2 network interface card (network interface dapat berbentuk Ethernet, token ring atau serial interface). NIC yang pertama diset pada satu jaringan, dan NIC yang lain diset pada jaringan yang lain, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
topologi routing

 Gambar 2

Apabila akan dilakukan perubahan identitas routing suatu jaringan, tanpa menghapus terlebih dahulu (langsung dilakukan untuk me-replace konfigurasi routing sebelumnya dapat digunakan sintaks route change, yang dapat juga diberlakukan pada default routing. Untuk menampilkan table routing dapat digunakan perintah berikut:

Route print

perintah print


0 Response to "Dasar - dasar routing (routing langsung dan tak langsung)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel