Home
Pendidikan
Sekolah
Modul Ajar Pendidikan Agama Kristen
Modul Ajar Pendidikan Agama Kristen Kurikulum Merdeka SMK/ SMA
Modul Ajar dan Alur Tujuan Pembelajaran merupakan dokumen administrasi guru yang harus disiapkan di awal tahun ajaran, sehingga dalam proses pembelajaran guru dapat menentukan capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, dan lain sebagainya.

Pemerintah telah menyiapkan bahan ajar Kurikulum Merdeka SMK untuk semua mata pelajaran, salah satunya adalah mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen untuk SMK dan SMA yang dapat digunakan oleh sekolah yang telah melaksanakan Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Pendidikan Agama Kristen Kurikulum Merdeka SMK/ SMA


Perangkat Modul Ajar Kurikulum Merdeka yang disediakan pemerintah antara lain Buku teks dan buku non-teks, contoh-contoh modul ajar, alur tujuan pembelajaran (ATP), contoh projek penguatan profil pelajar Pancasila, contoh kurikulum operasional satuan pendidikan (KOSP)

Dalam modul ajar Pendidikan Agama Kristen terdapat beberapa materi diantaranya adalah Menjadi dewasa dalam segala aspek, Nilai-nilai Kristiani, Aku dan sesamaku, Prinsip Setia, Adil dan Kasihi, serta Hidup dalam Masyarakat Majemuk.

Materi dalam modul ajar Pendidikan Agama Kristen tersebut dapat di unduh pada blog ini untuk digunakan sebagai bahan referensi dalam pembuatan modul ajar sejenis

Contoh Modul Ajar Pendidikan Agama Kristen ini juga dapat di unduh pada akhir tulisan pada bagian unduh di SINI

Berikut contoh Modul Ajar Pendidikan Agama Kristen

MODUL AJAR


Menjadi Dewasa dalam Segala Aspek

INFORMASI UMUM

I. IDENTITAS MODUL

Nama Penyusun : PAUL PAULUS, S.Th
Satuan Pendidikan : SMK KRISTEN
Fase / Kelas : E - X (Sepuluh)
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
Elemen : ALLAH BERKARYA
Sub Elemen : Allah Pencipta
Prediksi Alokasi Waktu : 3 JP
Tahun Penyusunan : 2023

II. KOMPETENSI AWAL

Topik ini mengajak peserta didik untuk melihat pentingnya terus bertumbuh dengan tujuan tertentu agar dapat dikatakan dewasa. Pertumbuhan rohani tidaklah dapat dilepaskan dari pertumbuhan individu secara keseluruhan (lihat misalnya McCallum & Lowery, 2006). Ada enam aspek perkembangan yang dapat diamati pada tiap orang: fisik, intelektual, emosi, sosial, moral/ spiritual, dan identitas. Selain diberikan pengertian dari tiap aspek perkembangan ini, juga diberikan apa yang menjadi tujuan pertumbuhan. Dengan demikian, peserta didik dapat menggunakan ini untuk menilai diri sendiri dan orang lain, seberapa jauh sudah terjadi pertumbuhan untuk masingmasing aspek.

III. PROFIL PELAJAR PANCASILA

  • Pelajar menjadi pribadi yang mandiri : Menghargai diri sendiri terwujud dalam sikap integritas, yakni menampilkan tindakan yang konsisten dengan apa yang dikatakan dan dipikirkan.
  • Bernalar kritis : Mampu menganalisa dinamika kehidupan yang terjadi sebaga anugerah Allah secara kritis tanpa memaksakan pendapat atau keinginan sendiri sebagai perwujudan pribadi dewasa.
  • Kreatif : Selalu berupaya aktif menolong orang-orang yang membutuhkan dan mencarikan solusi terbaik untuk mendukung keberlangsungan kehidupan mereka sebagai pribadi dewasa yang meneladani ajaran Yesus.

IV. SARANA DAN PRASARANA

Fasilitas pembelajaran yang diperlukan diantaranya LCD Projector, multimedia pembelajaran interaktif, laptop, printer, alat pengeras suara, jaringan internet.


V. TARGET PESERTA DIDIK

Kategori siswa dalam proses pembelajaran ini adalah siswa regular/tipikal.

VI. MODEL PEMBELAJARAN
  • Pembelajaran berbasis langsung (direct instruction)
  • Pembelajaran saintifik (scientific learning)
  • Pembelajaran kontekstual (contextual learning)

KOMPONEN INTI

I. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Menjelaskan arti dewasa dalam keenam aspek perkembangan 
  • Memahami pentingnya menjadi dewasa dalam tiap aspek perkembangan
  • Menganalisis pertumbuhan diri dalam tiap aspek perkembangan
  • Mengkritik perilaku yang tidak mencermikan kedewasaan
  • Memiliki rencana untuk bertumbuh menjadi semakin dewasa

II. PEMAHAMAN BERMAKNA

Kemampuan pengetahuan, keterampilan, sosial, dan spiritual dalam implementasi kehidupan sehari hari melalui tahap bertanya, menyelidiki, mengkritisi, diskusi bagai mana proses bertumbuh menjadi dewasa dan menjadi dewasa yang sesungguhnya sebagai remaja Kristen.

III. PERTANYAAN PEMANTIK

IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN

DST

Contoh lengkap Modul Ajar Pendidikan Agama Kristen bisa di unduh di bawah ini

· Menjadi dewasa dalam segala aspek

· Nilai-nilai Kristiani

· Aku dan sesamaku

· Prinsip Setia, Adil dan Kasihi

· Hidup dalam Masyarakat Majemuk.

No comments