Lagu Daerah Jawa Timur yang Populer dan Liriknya

0 Comments
Home
Lagu Daerah Jawa Timur yang Populer dan Liriknya
Lagu Daerah Jawa Timur yang Populer dan Liriknya, Lagu daerah adalah jenis lagu yang mewakili budaya, tradisi, dan kekayaan seni suatu daerah atau wilayah tertentu. Lagu-lagu ini sering kali memiliki ciri khas dan gaya musik yang unik sesuai dengan karakteristik budaya dari daerah tersebut.

Begitu juga dengan lagu daerah Jawa Timur ini yang sering dinyanyikan dalam bahasa Jawa Timur dan mencerminkan sejarah, nilai-nilai, cerita, atau kehidupan masyarakat jawa pada umumnya, dan Jawa Timur khususnya.


Lagu Daerah Jawa Timur yang Populer dan Liriknya


Lagu daerah Jawa Timur memiliki peran penting dalam memelihara dan menghormati warisan budaya Jawa Timur, serta menghubungkan generasi yang berbeda. Lagu daerah Jawa Timur ini juga dapat digunakan dalam berbagai acara adat, upacara, pertunjukan seni, atau sebagai bentuk ekspresi seni tradisional.

Lagu-lagu daerah Jawa Timur ini menjadi bagian penting dalam memperkaya keanekaragaman budaya suatu negara atau wilayah.

Dari sekian banyak lagu daerah jawa timur, ada beberapa lagu yang sering di nyanyikan oleh anak muda jaman sekarang. Lagu daerah tersebut adalah lagu Cublak-Cublak Suweng dan lagu Rek Ayo Rek.

Cublak-cublak Suweng

Lagu Cublak-Cublak Suweng ini sendiri memiliki makna untuk tidak rakus dengan harta dunia yang dimiliki. Karena sebanyak apapun harta yang kita miliki, hal itu tidak akan menjadi jaminan kita akan mendapatkan kebahagiaan.

Berikut lirik lagu ‘Cublak-Cublak Suweng’:

Lirik

Cublak-Cublak Suweng

Cublak cublak suweng,

Suwenge ting gelèntèr,

Mambu ketundhung gudèl…


Pak empong lera-léré,

Sapa ngguyu ndelikkaké,

Sir sir pong dhelé kopong,

Sir sir pong dhelé kopong…

Rek Ayo Rek

Lagu Rek Ayo Rek banyak di nyayikan oleh anak muda, lagu ini biasa di nyayikan pada malam hari ketika anak-anak muda berkumpul. Kalau kamu keluar di malam itu, kamu pasti akan menemukan banyak anak muda berkumpul di alun-alun, pusat kota, kafe atau tempat hiburan lainnya. Entah itu berdua dengan pacarnya atau bisa juga berkumpul dengan teman-temannya.

Berikut lirik lagu ‘Rek Ayo Rek’.

Lirik

Rek Ayo Rek

Rek ayo rek mlaku mlaku nang Tunjungan

Rek ayo rek rame rame bebarengan

Cak ayo cak sopo gelem melu aku

Cak ayo cak nggolek kenalan cah ayu


Ngalor ngidul liwat toko ngumbah moto

Masio mung senggal senggol ati lego

Sopo ngerti nasib awak lagi mujur

Kenal anake sing dodol rujak cingur


Jok dipikir kon podho gak duwe sangu

Jok dipikir angger podho gelem mlaku

Mangan tahu jok dicampur nganggo timun

Malam minggu gak apik digawa nglamun


Demikian lagu daerah jawa timur yang populer dan sering di nyayikan oleh anak-anak muda sampai sekarang. Lirik lagu ini kami kutip dari gramedia.com

No comments