Home
Pendidikan
Sekolah
ATP Teknik Kendaraan Ringan Fase F
ATP Teknik Kendaraan Ringan Fase F - Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) TKR - Teknik Kendaraan Ringan - Kurikulum Merdeka SMK Kelas 11. Materi pada kelas 11 atau Fase F merupakan Konsentrasi Keahlian pada bidang TKR - Teknik Kendaraan Ringan. Pada Fase F ini juga di pelajari di kelas 11 dan 12.

Pemerintah telah menyiapkan bahan ajar Kurikulum Merdeka SMK untuk semua jurusan yang bisa didapatkan di website milik kurikulum kemdikbud. Pada blog ini hanya sekedar contoh ATP TKR - Teknik Kendaraan Ringan yang dapat dijadikan referensi oleh guru yang sekolahnya melaksanakan Kurikulum Merdeka

Perangkat ajar Kurikulum Merdeka yang disediakan pemerintah antara lain Buku teks dan buku non-teks, contoh-contoh modul ajar, alur tujuan pembelajaran (ATP), contoh projek penguatan profil pelajar Pancasila, contoh kurikulum operasional satuan pendidikan

Berikut contoh Alur Tujuan Pembelajaran ATP TKR Teknik Kendaraan Ringan

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN


NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI INDONESIA

BIDANG KEAHLIAN : TEKNOLOGI DAN REKAYASA

KOMPETENSI KEAHLIAN : TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF

MATA PELAJARAN : KEJURUAN TEKNIK OTOMOTIF

DURASI : ……. JP @ 45 MENIT

TAHUN PELAJARAN : 2022-2023

Fase : F


RASIONAL DAN KONTEKS

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) ini disusun dengan asumsi bahwa peserta didik sudah melewati Capaian Pembelajaran pada Fase E Dasar-dasar Otomotif dan di sekolah tersedia peralatan yang dapat dipergunakan oleh Peserta didik, baik secara individu maupun berkelompok untuk mendukung pembelajaran Konsentrasi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (KKTKRO). Mengingat bahwa pelajaran ini berkaitan langsung dengan perkembangan teknologi otomotif yang sangat pesat, maka materi yang disusun ini dirancang sedemikian rupa agar peserta didik dapat mempelajari dengan mudah dan tidak mengalami kesulitan.

TUJUAN PEMBELAJARAN

Dalam menentukan ATP disesuaikan dengan Ketersediaan alat dan bahan, Sumber Daya Manusia (SDM) antara peserta didik dan tenaga pendidik /kependidikan serta disesuaikan kebutuhan Industri Dunia Usaha Dunia Kerja (IDUKA) dan waktu proses Pembelajaran. Hubungan antara Elemen, Deskripsi, Capaian Pembelajaran dan tujuan Pembelajaran KKTKRO sebagai berikut :

ATP Teknik Kendaraan Ringan Fase F


Elemen

Konversi Energi Kendaraan Ringan

Proses Pelayanan dan Manajemen Bengkel Kendaraan Ringan

Deskripsi

Proses konversi energy kendaraan, identifikasi energy kendaraan ringan

Alur proses penerimaan service, pelaksanaan service, pengelolaan alat dan bahan (sparepart), proses quality check dan Cleaning service.

CapaianPembelajaran

Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami proses konversi energy kendaraan ringan, identifikasi sumber energy kendaraan ringan, jenis-jenis sumber energy kendaraan ringan (Gasoline, Diesel, Listrikdan Hybrid).

Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami alur proses penerimaan service, pelaksanaan service, pengelolaan alat dan bahan (sparepart), proses quality check, tugas kerja pada Security, Customer Relation Officer, Sales Advisor, Mechanic, Toolman dan Cleaning service. Setiap pekerjaan dilakukan sesuai Prosedur Operasional Standar (POS). Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) atau peraturan keselamatan kerja yang berlaku.

Alur Tujuan Pembelajaran

Menjelaskan proses konversi energy pada kendaraan

Mengidentifikasi alur proses energy pada kendaraan ringan

Menjelaskan alur proses penerimaan service pada kendaraan

Mengidentifikasi pelaksanaan service pada kendaraan

Mengidentifikasi pengelolaan alat dan bahan (sparepart)

Mengidentifikasi proses quality check

Mengidentifikasi Cleaning service.

Contoh lengkap Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) Teknik Kendaraan Ringan Fase F bisa di unduh di SINI

No comments