Pendidikan Sekolah

Mata Pelajaran TKJ Fase F Kurikulum Merdeka

1 Comments
Home
Pendidikan
Sekolah
Mata Pelajaran TKJ Fase F Kurikulum Merdeka
Mata Pelajaran TKJ Fase F Kurikulum Merdeka
Elemen dan Capaian Pembelajaran Teknik Komputer dan Jaringan Fase F Kurikulum Merdeka berikut merupakan dokumentasi pribadi yang di ambil dari guru.kemdikbud.go.id/kurikulum sebagai bahan ajar guru TKJ dalam pembelajaran di sekolah.

Capaian Pembelajaran (CP) Teknik Komputer dan Jaringan Fase F Kurikulum Merdeka merupakan kompetensi pembelajaran yang harus di capai oleh siswa SMK Jurusan TKJ di kelas XI dan XII. Mata Pelajaran TKJ Fase F Kurikulum Merdeka dapat di ambil dari elemen dan deskripsi mata pelajaran yang sudah di tetapkan pemerintah.

Mata Pelajaran TKJ Fase F Kurikulum Merdeka

Sebagai acuan untuk pembelajaran intrakurikuler, CP dirancang dan ditetapkan dengan berpijak pada Standar Nasional Pendidikan terutama Standar Isi. Oleh karena itu, guru yang merancang pembelajaran dan asesmen mata pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan pada fase F tidak perlu lagi merujuk pada dokumen Standar Isi, cukup mengacu pada CP

Capaian Pembelajaran Teknik Komputer dan Jaringan Fase F Kurikulum Merdeka telah di tetapkan oleh pemerintah sehingga guru tinggal menggunakan dan mengembangkanya saja.

Tujuan Mata Pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan


Mata pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan bertujuan membekali peserta didik dengan pengetahuan, sikap, dan keterampilan (hard skills dan soft skills) sesuai kualifikasi lulusan yang diarahkan untuk mengembangkan kemampuan sebagai berikut:
  1. memahami perencanaan topologi, arsitektur jaringan, dan pengalamatan jaringan
  2. memahami instalasi, perawatan dan perbaikan jaringan kabel dan nirkabel, standar jaringan nirkabel, jaringan fiber optic
  3. memahami sistem keamanan jaringan, firewall, server autentifikasi, sistem pendeteksi dan penahan ancaman/serangan yang masuk ke jaringan dan kriptografi
  4. memahami pemasangan, konfigurasi, pengujian, dan perbaikan perangkat jaringan dan
  5. memahami instalasi sistem operasi jaringan dan konfigurasi server untuk memenuhi layanan jaringan.

Elemen dan deskripsi mata pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan


Mata Pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan Fase F pada kurikulum merdeka dapat di ambil dari elemen dan deskripsi mata pelajaran TKJ berikut ini:

Elemen
Perencanaan dan Pengalamatan Jaringan

Deskripsi
Meliputi perencanaan topologi dan arsitektur jaringan, pengumpulan kebutuhan teknis pengguna yang menggunakan jaringan, pengumpulan data peralatan jaringan dengan teknologi yang sesuai, pengalamatan jaringan CIDR, VLSM, dan subnetting.

Elemen
Teknologi Jaringan Kabel dan Nirkabel

Deskripsi
Meliputi instalasi jaringan kabel dan nirkabel, pengujian, perawatan dan perbaikan jaringan kabel dan nirkabel, standar jaringan nirkabel, jenis-jenis teknologi jaringan nirkabel indoor dan outdoor, teknologi layanan Voice over IP (VoIP), jaringan fiber optic, jenis-jenis kabel fiber optic, fungsi alat kerja fiber optic, sambungan fiber optic, dan perbaikan jaringan fiber optic.

Elemen
Keamanan Jaringan

Deskripsi
Meliputi kebijakan penggunaan jaringan, ancaman dan serangan terhadap keamanan jaringan, penentuan
sistem keamanan jaringan yang dibutuhkan, firewall pada host dan server, kebutuhan persyaratan alat-alat untuk membangun server firewall, konsep dan implementasi firewall di host dan server, fungsi dan cara kerja server autentifikasi, kebutuhan persyaratan alat-alat untuk membangun server autentifikasi, cara kerja sistem pendeteksi dan penahan ancaman/ serangan yang masuk ke jaringan, analisis fungsi dan tata cara pengamanan server-server layanan pada jaringan, dan tata cara pengamanan komunikasi data menggunakan teknik kriptografi.

Elemen
Pemasangan dan Konfigurasi Perangkat Jaringan

Deskripsi
Meliputi pemasangan perangkat jaringan ke dalam sistem jaringan, penggantian perangkat jaringan sesuai dengan kebutuhan, konsep VLAN, konfigurasi dan pengujian VLAN, proses routing, jenis-jenis routing, konfigurasi, analisis permasalahan dan perbaikan konfigurasi routing statis dan routing dinamis, konfigurasi NAT, analisis permasalahan internet gateway dan perbaikan konfigurasi NAT, konfigurasi, analisis permasalahan dan perbaikan konfigurasi proxy server, manajemen bandwidth dan load balancing.

Elemen
Administrasi Sistem Jaringan

Deskripsi
Meliputi instalasi sistem operasi jaringan, konsep, instalasi services, konfigurasi, dan pengujian konfigurasi remote server, DHCP server, DNS server, FTP server, file server, web server, mail server, database server, Control Panel Hosting, Share Hosting Server, Dedicated Hosting Server, Virtual Private Server, VPN server, sistem kontrol, dan monitoring.

Demikian Mata Pelajaran TKJ Fase F Kurikulum Merdeka yang di kutip dari guru.kemdikbud.go.id/kurikulum, atau dapat di unduh dokumen resminya di SINI

1 comment

  1. zulkarnaini, S.Pd
    zulkarnaini, S.Pd
    July 26, 2023
    Terimakasih admin, postingan yang sangat membantu. kalau bisa diupload perangkat pembelajaran untuk kurikulum merdeka..