Pendidikan Sekolah

Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) Manajemen Logistik

0 Comments
Home
Pendidikan
Sekolah
Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) Manajemen Logistik
Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) Manajemen Logistik Kurikulum Merdeka SMK Kelas 11. Materi pada kelas 11 atau Fase F merupakan Konsentrasi Keahlian pada bidang Bisnis dan Manajemen. Pada Fase F ini juga di pelajari di kelas 11 dan 12.

Dalam rangka pemulihan pembelajaran tahun 2022 s.d. 2024, Kemendikbudristek mengeluarkan kebijakan bahwa sekolah yang belum siap untuk menggunakan Kurikulum Merdeka masih dapat menggunakan Kurikulum 2013 sebagai dasar pengelolaan pembelajaran. (Sumber: https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id)

Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) Manajemen Logistik

Selain itu pemerintah juga telah menyiapkan bahan ajar Kurikulum Merdeka SMK untuk semua jurusan yang bisa didapatkan di website milik kurikulum kemdikbud. Pada blog ini hanya contoh ATP Manajemen Logistik yang dapat dijadikan referensi oleh guru yang sekolahnya akan melaksanakan Kurikulum Merdeka

Perangkat ajar Kurikulum Merdeka yang disediakan pemerintah antara lain Buku teks dan buku non-teks, contoh-contoh modul ajar, alur tujuan pembelajaran (ATP), contoh projek penguatan profil pelajar Pancasila, contoh kurikulum operasional satuan pendidikan

Berikut contoh Alur Tujuan Pembelajaran Manajemen Logistik

ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP)

Mapel : Manajemen Logistik
Jumlah Jam : JP
Fase : F

KARAKTERISTIK MAPEL

Mata pelajaran Manajemen Logistik memuat materi yang dibutuhkan pada program keahlian Bisnis dan Manajemen dengan konsentrasi Manajemen Logistik. Selain itu peserta didik diberikan pemahaman tentang proses bisnis, perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global, entrepreneur profile, job profile, peluang usaha dan pekerjaan/profesi.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Pada akhir fase F peserta didik menguasai kompetensi-kompetensi Manajemen Logistik, sehingga mampu beradaptasi dengan mudah dalam pekerjaannya. Selain itu pada akhir fase F pada aspek soft skill peserta didik akan mampu menerapkan budaya kerja sesuai tuntutan pekerjaan, mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah, mencari solusi secara konsisten

Pada penyusunan ATP Manajemen Logistik ini dikembangkan dari elemen sebagai berikut, diantaranya adalah: Ekonomi dan Bisnis, Dasar-dasar Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain Management), Pengelolaan Pengadaan (Procurement), Manajemen Pergudangan, Pelayanan Pelanggan, Sistem Informasi Logistik, Manajemen Distribusi dan Transportasi, Perdagangan Internasional.

Dalam menyusun alur tujuan pembelajaran (ATP) Manajemen Logistik dapat dikembangkan dari Elemen, Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Contoh lengkap Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) Manajemen Logistik bisa di unduh di SINI

No comments