Sekolah

Modul Ajar Bisnis Digital Fase F Kurikulum Merdeka SMK

1 Comments
Home
Sekolah
Modul Ajar Bisnis Digital Fase F Kurikulum Merdeka SMK
Modul Ajar Bisnis Digital Fase F Kurikulum Merdeka SMK Kelas 11. Materi pada kelas 11 merupakan Konsentrasi Keahlian atau Fase F pada Kurikulum Merdeka. Modul Ajar Bisnis Digital Fase F atau kelas 11 SMK Jurusan Bisnis dan Manajemen ini merupakan bahan ajar yang wajib di miliki guru sebagai panduan dalam pembelajaran di kelas.

Sebenarnya pemerintah juga telah menyiapkan bahan ajar Kurikulum Merdeka SMK untuk semua jurusan, salah satunya adalah jurusan Bisnis Digital SMK yang dapat digunakan oleh sekolah yang telah melaksanakan Kurikulum Merdeka.

Modul Ajar Bisnis Digital Fase F Kurikulum Merdeka SMK

Perangkat Modul Ajar Kurikulum Merdeka yang disediakan pemerintah antara lain Buku teks dan buku non-teks, contoh-contoh modul ajar, alur tujuan pembelajaran (ATP), contoh projek penguatan profil pelajar Pancasila, contoh kurikulum operasional satuan pendidikan (KOSP)

Contoh Modul Ajar Bisnis Digital Fase F Kurikulum Merdeka SMK ini juga dapat di unduh pada akhir tulisan pada bagian unduh di SINI

TUJUAN, ALUR, DAN TARGET PENCAPAIAN MODUL AJAR

TUJUAN

Dengan topik penerapan Digital Branding dalam dunia Bisnis Digital yang mengacu pada pembelajaran pola EEK (Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi), Merdeka belajar dan Project based learning, peserta didik dapat mengembangkan keterampilan bernalar kritis melalui tahap bertanya, menyelidiki, diskusi, menganalisis sampai dengan membuat kesimpulan dan melakukan proses penerapan teknologi dalam pemasaran.

TARGET

Melalui modul ajar ini, peserta didik diharapkan mampu menganalisis konsep digital branding, menganalisis ruang lingkup digital branding serta menganalisis strategi digital branding mencakup website, logo, CEO, social media, email marketing dan influencer marketing. sehingga bisa mengasah keterampilan untuk menuju dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia (Menjaga Lingkungan), Mandiri (Mengembangkan refleksi diri), Bernalar Kritis (Mengajukan pertanyaan, Merefleksi proses berpikir), Bergotong royong (Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama, kerjasama, koordinasi sosial). dan kreatif.

ALUR

Modul ajar ini menggunakan siklus belajar pola EEK (Eksplorasi, Elaborasi dan konfirmasi), Merdeka belajar dan project based learning dimulai dari peserta didik mencari informasi (topik tertentu) dengan pendekatan, media dan sumber belajar, memunculkan gagasan baru, berpikir, menganalisa, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut, kooperatif, berkompetisi secara sehat.

Selanjutnya konfirmasi hasil eksplorasi peserta didik serta merefleksikan pengalaman belajarnya dipadukan dengan pola pembelajaran yang inovatif melalui blended learning untuk melatih kreativitas dan inovasi siswa, serta di aktivitas pembelajaran ketiga menggunakan pola Project based learning agar siswa mampu membuat suatu kreativitas bisnis melalui penerapan teknologi pemasaran

SIKLUS BELAJAR EEK (EKPLORASI, ELABORASI, KONFIRMASI), MERDEKA BELAJAR (BLENDED LEARNING), PROJECT BASED LEARNING)

Modul Ajar Bisnis Digital Fase F Kurikulum Merdeka SMK



PROSES EEK (EKSPLORASI, ELABORASI, KONFIRMASI), MERDEKA BELAJAR (BLENDED LEARNING) DAN PJBL

Dalam proses belajar dengan pola EEK (eksplorasi, Elaborasi dan konfirmasi), Merdeka belajar serta PJBL ini, sangat penting sekali diajukan sebuah pertanyaan atau studi kasus untuk menstimulasi siswa agar mengekplorasi pembahasan masalah melalui pendalaman materi, lalu menganalisisnya dari berbagai sudut pandang dan teori dan akhirnya mengkonfirmasi masalah tersebut melalui diskusi, refleksi dan pengambilan kesimpulan.

Siswa diberikan stimulus yang memicu pembelajarn aktif dan menyenangkan sesuai dengan konsep merdeka belajar untuk menghasilkan profil peserta didik pancasila. dan di akhir sesi kegiatan pembelajaran ketiga siswa berkreasi membuat sebuah project bisnis dengan menggunakan teknologi pemasaran.


PERAN GURU
  • Fasilitator: memfasilitasi kegiatan, menyediakan media belajar, lembar belajar, lembar kerja dan lain-lain.
  • Moderator: memoderasi diskusi, memberikan pertanyaan pemantik, menutup dengan kesimpulan.
  • Penyedia Informasi: menyediakan artikel, video, tautan informasi.
  • Mentor: membimbing peserta didik dalam mengembangkan projek.

HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM MEMULAI PROSES PEMBELAJARAN

Sarana Pebelajaran :
  • Digital dan Non digital berupa Buku paket, e-book, portal pembelajaran, tautan edukasi di internet, surat kabar, majalah, televisi, radio, teks iklan di ruang publik.
  • Video pembelajaran di internet

Prasarana Pembelajaran :
  • Perangkat keras (PC, Laptop, Smartphone, Tablet, Headset)
  • Perangkat lunak (Aplikasi pembelajaran: Whatsapp, Zoom, Kelas Maya, Google Classroom, Media Sosial: Youtube, IG, dll)
  • Jaringan internet

Contoh lengkap Modul Ajar Bisnis Digital Fase F diatas bisa di unduh di SINI

1 comment

  1. ded
    ded
    July 10, 2023
    LINK DOWNLOAD MATI, TOLONG DIPERBAIKI