-->

Iklan-atas-was-info1

ATP Teknik Otomotif Kurikulum Merdeka SMK Kelas 10

Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) Teknik Otomotif Kurikulum Merdeka SMK Kelas 10. Materi pada kelas 10 merupakan dasar-dasar Program Keahlian. Sedangkan untuk kompetensi keahlianya ada dikelas 11 dan 12.

Dalam rangka pemulihan pembelajaran tahun 2022 s.d. 2024, Kemendikbudristek mengeluarkan kebijakan bahwa sekolah yang belum siap untuk menggunakan Kurikulum Merdeka masih dapat menggunakan Kurikulum 2013 sebagai dasar pengelolaan pembelajaran. (Sumber: https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id)

ATP Teknik Otomotif Kurikulum Merdeka SMK Kelas 10

Begitu juga Kurikulum Darurat yang merupakan modifikasi dari Kurikulum 2013 masih dapat digunakan oleh satuan pendidikan tersebut.

Selain itu pemerintah juga telah menyiapkan bahan ajar Kurikulum Merdeka SMK untuk semua jurusan, salah satunya adalah jurusan Otomotif yang dapat digunakan oleh sekolah yang telah melaksanakan Kurikulum Merdeka

Perangkat ajar Kurikulum Merdeka yang disediakan pemerintah antara lain Buku teks dan buku non-teks, contoh-contoh modul ajar, alur tujuan pembelajaran (ATP), contoh projek penguatan profil pelajar Pancasila, contoh kurikulum operasional satuan pendidikan

Berikut contoh Alur Tujuan Pembelajaran Dasar-dasar Teknik Otomotif

ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP)


Mapel : DASAR-DASAR TEKNIK OTOMOTIF
Jumlah Jam : ..... JP
Fase : E


KARAKTERISTIK MAPEL

Pada hakikatnya mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Otomotif berfokus pada kompetensi yang bersifat mendasar yang harus dimiliki oleh seorang teknisi otomotif atau kendaraan bermotor sesuai dengan perkembangan dunia kerja, melalui pemahaman tentang proses bisnis, perkembangan teknologi di industri dan dunia kerja, isu-isu global, profesi dan kewirausahaan (job profile dan technopreneurship), Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH), budaya kerja industri, teknik dasar pemeliharaan dan perbaikan kendaraan bermotor, gambar teknik, peralatan dan perlengkapan tempat kerja, pemeliharaan komponen otomotif, dasar elektronika otomotif, serta dasar sistem hidrolik dan pneumatic.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Pada akhir fase E (kelas X SMK/MAK) peserta didik akan mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai program keahlian Otomotif, dalam rangka menumbuhkan renjana (passion), visi (vision), imajinasi, dan kreativitas untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar.

ELEMEN

Proses bisnis bidang otomotif secara menyeluruh

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami proses bisnis bidang otomotif secara menyeluruh pada berbagai jenis dan merk kendaraan, serta pengelolaan sumber daya manusia dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal.

KATA KUNCI

Kompetensi
Memahami, Menerapkan, Menggunakan, Membuat, Memelihara

Material
  • Pengertian bisnis dan proses bisnis
  • Pengelolaan SDM dalam proses bisnis
  • Alur proses bisnis bidang Otomotif
  • Potensi bisnis bidang Otomotif di lingkungan sekitar

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Memahami proses/alur bisnis
2. Memahami pengelolaan SDM

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

TAHAP 1:

- Memahami proses/alur bisnis
- Memahami pengelolaan SDM
- Memahami perkembangan teknologi otomotif
- Memahami isu-isu global dunia otomotif
- Memahami profesi dan peluang usaha bidang otomotif
- Memahami pembelajaran berbasis proyek nyata

TAHAP 2

……………

TAHAP 3

…………….

TAHAP 4

………….....


Dalam menyusun alur tujuan pembelajaran (ATP) dasar-dasar Teknik Otomotif diatas yang di perhatikan adalah Elemen, Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Contoh lengkap Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) Dasar-dasar Teknik Otomotif bisa di unduh di SINI

0 Response to "ATP Teknik Otomotif Kurikulum Merdeka SMK Kelas 10"

Post a Comment

Iklan-link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel