Teknologi Ujian

Aplikasi Ujian Online Lokal dan Free

4 Comments
Home
Teknologi
Ujian
Aplikasi Ujian Online Lokal dan Free
Aplikasi Ujian Online Lokal dan Free - Setelah sekian lama akrab dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), kini sekolah mulai menerapkan IT dalam melakukan Asesmen (penilaian) dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah.

Guru dan siswa telah terbiasa, bahkan akrab dengan istilah CBT, CAT, Ujian Online, dan elearning sehingga kebutuhan akan aplikasi tersebut terus semakin dirasakan manfaatnya.

Aplikasi Ujian Online Lokal yang merupakan karya anak bangsa juga sudah mulai bermunculan dan banyak digunakan oleh sekolah-sekolah dalam melakukan ujian (penilaian), baik Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), maupun Ujian Sekolah (US)

Berikut ini beberapa aplikasi ujian online local karya anak bangsa yang bersifat free dan open source yang dapat digunakan untuk melakukan asesmen/ penilaian disekolah

CANDY CBT

Aplikasi Ujian Online Lokal dan Free

 
Candy CBT merupakan aplikasi ujian yang dapat digunakan secara Online maupun Offline. Aplikasi ini cukup stabil digunakan dalam berbagai ujian seperti Ujian Sekolah, Ujian Akhir Semester, Ujian Tengah Semester, dan juga Ujian harian.

Aplikasi Ujian Online (CBT) ini merupakan karya dari saudara Fajar Sidik yang dikembangkan menggunakan bahasa PHP dan pendukungnya.

Fitur dalam aplikasi ini juga cukup lengkap antara lain:
  • Data Mata Pelajaran
  • Data Jenis ujian
  • Data Jurusan
  • Data Kelas
  • Data Ruangan
  • Data Level
  • Data Sesi
  • Dll

Yang menarik adalah bahwa data-data tersebut diatas dapat di impor melalui excel sehingga tidak memasukan/ input data satu persatu.

Untuk memasukan/ input soal dalam aplikasi ini bisa menggunakan beberapa cara yaitu input langsung di aplikasi, import soal dengan format excel, dan juga import soal dengan format word.

Selain import data-data diatas, aplikasi ujian CBT On/Offline (Candy CBT) ini juga menyediakan fitur untuk cetak kartu ujian, cetak daftar hadir, dan cetak berita acara pelaksanaan ujian sehingga sangat memudahkan panitia pelaksanaan ujian di sekolah.

Aplikasi Ujian On/Offline Candy CBT ini bisa di install di computer local, server sekolah, hosting, maupun Virtual Private Server (VPS).

Untuk kebutuhan sistem operasi, aplikasi ini dapat berjalan baik di Window, Linux, dan CentOS. Pengguna tinggal menyesuaikan dengan kebutuhanya saja.

Untuk menjalankan aplikasi ini pengguna cukup menginstall web server seperti XAMPP, LAMPP, dan sejenisnya berdasarkan sistem operasi yang digunakan.

Jika anda tertarik dengan aplikasi Candy CBT, anda dapat menggunakanya dengan cara bergabung menjadi member.

Untuk lebih jelasnya terkait dengan aplikasi ujian online Candy CBT ini silahkan kunjungi dan bergabung melalui web resminya di https://cbtcandy.com/

ZYA CBT


Aplikasi Ujian Online Lokal dan Free

 
Aplikasi Ujian online ini merupakan karya dari saudara Muhammad Lutfial Hakim yang dikembangkan dengan framework CodeIgniter. Bagi kalangan Programer web, framework ini sudah terkenal tangguh untuk membangun aplikasi berbasis web dengan didukung oleh MySQL sebagai databasenya.

Aplikasi ujian ZYA CBT juga mendukung tiga tipe pertanyaan, yaitu Soal pilihan ganda, Soal jawaban essay (esai), dan Soal Jawaban Singkat.

Untuk input data seperti data guru, data siswa, data pelajaran, soal, dan lainya bisa menggunakan fasilitas import data sehingga memudahkan penggunanya.

Aplikasi Ujian On/Offline ZYA CBT ini bisa di install di computer local, server sekolah, hosting, maupun Virtual Private Server (VPS).

Untuk kebutuhan sistem operasi, aplikasi ini dapat berjalan baik di Window, Linux, dan CentOS. Pengguna tinggal menyesuaikan dengan kebutuhanya saja.

Sama dengan aplikasi ujian yang lainya, bahwa untuk menjalankan aplikasi ini pengguna cukup menginstall web server seperti XAMPP, LAMPP, dan sejenisnya sesuai dengan sistem operasi yang digunakan.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ujian online ZYA CBT ini silahkan unduh di web pemiliknya yaitu
https://achmadlutfi.wordpress.com/zya-cbt-aplikasi-ujian-online/

Aplikasi Ujian Online (CAT)


Aplikasi Ujian Online Lokal dan Free

Computer Assisted Test (CAT), Dalam Aplikasi ini semua proses ujian dapat dilakukan melalui komputer, laptop, Tablet, dan juga Smart Phone sehingga dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan.

Pengelolaan ujian mulai dari pembuatan soal, pengaturan kelas, pengaturan user, jadwal ujian, pengaturan guru mengajar, sampai proses ujian dilakukan dengan memanfaatkan teknologi berbasis web.

Tipe soal dalam aplikasi CAT ini adalah tipe soal pilihan ganda. Berbeda dengan Aplikasi Ujian Candy CBT dan ZYA CBT yang sudah mendukung soal essay

Aplikasi Ujian Online CAT ini terbilang masih sederhana, tetapi walaupun sederhana aplikasi ujian online ini sudah bisa digunakan untuk ujian harian di sekolah.

Bagi anda yang hoby ngoprek, mungkin aplikasi ini cocok untuk media belajar pemrograman web karena masih tergolong simpel.

Untuk pemogramanya, aplikasi Ujian CAT ini menggunakan:
  • PHP dengan framework Codeigniter
  • Java script jQuery
  • format data JSON untuk pertukaran data antara server dgn client, pada menu-menu yang ber-AJAX
  • Design UI dengan framework CSS, Twitter Bootstrap

Bagi anda yang ingin mencoba aplikasi CAT ini silahkan unduh di Github milik saudara Akhwan di https://github.com/akhwan90/cat

Sebenarnya masih banyak Aplikasi Ujian Online Lokal (karya local) yang lainya, silahkan googling untuk mencari aplikasi ujian sejenis yang ditawarkan secara Free maupun berbayar.

Selain aplikasi ujian online local diatas, banyak juga aplikasi ujian online berbasis web dari vendor raksasa seperti google, silahkan baca 5 Aplikasi Ujian Online Terbaik dan Gratis yang tentunya didukung oleh server yang handal milik perusahaan tersebut.

4 comments

  1. wasito
    wasito
    November 07, 2021
    zya cbt masih free, silahkan unduh melalui website pemilik resminya
  2. MTs. Lingkungan Hidup
    MTs. Lingkungan Hidup
    November 07, 2021
    Tidak dapat yg free Pak, mohon bantuannya
  3. wasito
    wasito
    October 16, 2021
    Untuk beberapa ada yg versi donasi pak, sehingga tidak di share bebas.
    Saya kirimkan yang free ya pak..., silahkan cek di email
  4. Kurniawankrs
    Kurniawankrs
    October 16, 2021
    Assalamu alaikum Pak...
    Sudah tidak bisa di download di web resminya, tolong pak kirim ke email saya : kkurais@gmail.com