-->

Iklan-atas-was-info1

Materi AKM Literasi dan Numerasi SD/SMP/SMA/SMK

Materi AKM Literasi dan Numerasi SD/SMP/SMA/SMK

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Materi AKM Literasi dan Numerasi SD/SMP/SMA/SMK - Untuk mengukur Literasi dan Numerasi siswa melalui ujian yang lebih lanjut disebut dengan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM). Soal Literasi untuk mengukur/ mengevaluasi kemampuan siswa dalam memahami bacaan, sedangkan soal Numerasi untuk mengukur/ mengevaluasi kemampuan siswa dalam menerapkan konsep matematika dasar untuk menyelesaikan suatu masalah.

Literasi dan Numerasi SD/SMP/SMA/SMK akan mencerminkan hasil belajar dari berbagai mata pelajaran sehingga untuk mengerjakan soal-soal AKM peserta ujian memerlukan daya nalar dan pemahaman yang baik, bukan hanya sekedar menghafal definisi dan rumus-rumus semata.

Baca juga : Perbedaan AKM dengan Ujian Nasional (UN)

Terdapat dua komponen mendasar yang diukur dalam AKM SD/SMP/SMA/SMK yaitu literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Baik pada literasi membaca dan literasi matematika (numerasi), komponen yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajar, serta keterampilan memilih serta mengolah informasi.

AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh siswa menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekedar penguasaan konten.

Dilihat dari komponen yang diukur diatas, yaitu literasi dan numerasi maka timbul pertanyaan lanjutan sebenarnya apasih literasi dan numerasi tersebut? sehingga perlu diukur pada siswa?.

Literasi


Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

Numerasi


Numerasi merupakan kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga Negara Indonesia dan Dunia.

Baca juga : Skema Teknis AKM Berbasis Komputer Pengganti UNBK

Soal-soal AKM literasi terdiri dari Literasi teks fiksi dan Literasi Teks Informasi

Literasi Teks Fiksi

Soal-soal Literasi Teks Fiksi ini untuk level 1 (kelas 1 dan 2), level 2 (kelas 3 dan 4), level 3 (kelas 5 dan 6), level 4 (kelas 7 dan 8), level 5 (kelas 9 dan 10), dan level 6 (kelas 11 dan 12)

AKM Literasi dan Numerasi

Pada soal literasi teks fiksi siswa diukur pemahamanya untuk

A. Menemukan Informasi

1. Mengakses dan mencari informasi dalam teks

Pada soal ini siswa diukur kemampuanya untuk menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.


B. Memahami

1. Memahami teks secara literal

Siswa diukur kemampuanya untuk mengidentifikasi kejadian yang dihadapi tokoh cerita pada teks sastra sesuai jenjangnya.

2. Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak

Siswa diukur kemampuanya untuk menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh pada teks sastra sesuai jenjangnya.

Siswa diukur kemampuanya untuk membandingkan hal-hal utama (misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik lain) dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya.


C. Mengevaluasi dan merefleksi

1. Menilai format penyajian dalam teks

Siswa diukur kemampuanya untuk menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai sesuai jenjangnya.


Literasi Teks Informasi

Soal-soal Literasi Teks Fiksi ini untuk level 1 (kelas 1 dan 2), level 2 (kelas 3 dan 4), level 3 (kelas 5 dan 6), level 4 (kelas 7 dan 8), level 5 (kelas 9 dan 10), dan level 6 (kelas 11 dan 12)

AKM Literasi dan Numerasi

Pada soal literasi teks informasi ini terdiri dari:

A. Menemukan Informasi

1. Mengakses dan mencari informasi dalam teks

Siswa diukur kemampuanya untuk menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.


B. Memahami

1. Memahami teks secara literal

Siswa diukur kemampuanya untuk mengidentifkasi topik atau fokus pembahasan pada teks informasi yang sesuai jenjangnya.

2. Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak

Siswa diukur kemampuanya untuk menyimpulkan kejadian pada teks informasi sesuai jenjangnya.

Siswa diukur kemampuanya untuk membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.


C. Mengevaluasi dan merefleksi

1. Menilai format penyajian dalam teks

Siswa diukur kemampuanya untuk menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai sesuai jenjangnya.


Numerasi

Soal-soal Numerasi ini untuk level 1 (kelas 2), level 2 (kelas 4), level 3 (kelas 6), level 4 (kelas 8), dan level 5 (kelas 10).

AKM Literasi dan Numerasi

Pada soal Numerasi ini terdiri dari : Bilangan, Geometri dan Pengukuran, Aljabar, Data dan Ketidakpastian sebagai berikut

A. Bilangan

1. Representasi

Siswa diukur kemampuanya untuk memahami bilangan bulat, khususnya bilangan bulat negatif.

Siswa diukur kemampuanya untuk menyatakan bilangan desimal dengan dua angka di belakang koma dan persentase dalam bentuk pecahan, atau sebaliknya.

Siswa diukur kemampuanya untuk mengetahui posisi bilangan desimal dengan dua angka di belakang koma pada garis bilangan serta posisi bilangan bulat termasuk billangan bulat negatif

2. Sifat Urutan

Siswa diukur kemampuanya untuk mengurutkan beberapa bilangan yang dinyatakan dalam bentuk berbeda.

3. Operasi

Siswa diukur kemampuanya untuk menghitung hasil penjumlahan/pengurangan/perkalian/pembagian pecahan atau bilangan desimal, termasuk menghitung kuadrat dan kubik dari suatu bilangan desimal dengan satu angka di belakang komSerta Operasi pada bilangan bulat termasuk bilangan bulat negatif


B. Geometri dan Pengukuran

1. Bangun Geometri

Siswa diukur kemampuanya untuk menghitung luas bangun datar (mungkin komposit).

Siswa diukur kemampuanya untuk mengenal limas, kerucut, dan bola

2. Pengukuran

Siswa diukur kemampuanya untuk mengenal dan menggunakan satuan kecepatan dan debit.



C. Aljabar

1. Persamaan dan Pertaksamaan

Siswa diukur kemampuanya untuk menyelesaikan persamaan linier 1 variabel

2. Relasi dan Fungsi (termasuk Pola Bilangan)

Siswa diukur kemampuanya untuk menentukan suku ke-n pada suatu pola bilangan sederhana.

3. Rasio dan Proporsi

Siswa diukur kemampuanya untuk menggunakan rasio/skala untuk menentukan nilai/bilangan yang tidak diketahui.


D. Data dan Ketidakpastian

1. Data dan Representasinya

Siswa diukur kemampuanya untuk membaca (memetik informasi dari) data yang disajikan dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran (termasuk pula cara pengumpulan data dan cara penyajiannya)

Demikian gambaran AKM Literasi dan Numerasi yang akan dilaksanakan mulai tahun 2021

Referensi: pusmenjar.kemdikbud.go.id/AKM

0 Response to "Materi AKM Literasi dan Numerasi SD/SMP/SMA/SMK"

Post a comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel