Iklan-atas-was-info1

Tujuan dan Fungsi Perpustakaan Sekolah

Tujuan dan Fungsi Perpustakaan Sekolah

Tujuan dan Fungsi Perpustakaan Sekolah

1. Tujuan

Perpustakaan Sekolah, baik untuk jenjang Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah memiliki tujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan minat baca warga sekolah, literasi informasi.

Selain itu tujuan dari perpustakaan sekolah untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan bakat dan kecerdasan (kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional maupun kecerdasan spiritual) warga sekolah (peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan) dalam rangka mendukung tujuan pendidikan nasional melalui penyediaan sumber belajar yang mudah didapatkan.

2. Fungsi

Perpustakaan sekolah/madrasah merupakan bagian integral dalam sistem kurikulum pendidikan yang memiliki fungsi sebagai berikut:

a. Pusat Sumber Belajar

Perpustakaan sekolah/madrasah berfungsi sebagai sarana untuk menyediakan berbagai koleksi perpustakaan, baik dalam bentuk tercetak (printed materials) maupun digital (electronic resources) untuk mendukung proses pembelajaran di sekolah/madrasah.

b. Pusat Penelitian

Perpustakaan sekolah/madrasah berfungsi sebagai sarana untuk menyediakan berbagai koleksi perpustakaan yang menunjang kegiatan penelitian peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan. Perpustakaan dapat melakukan berbagai inisiatif untuk merangsang minat siswa dalam penelitian.

c. Pusat Kegiatan Membaca

Perpustakaan sekolah/madrasah melakukan berbagai kegiatan untuk menumbuhkan minat baca (reading interest), kebiasaan membaca (reading habit), dan kemampuan membaca (reading skills).

d. Pusat Kegiatan Literasi Informasi.

Perpustakaan sekolah/madrasah diharapkan berperan dalam membantu peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk memiliki kemampuan mengenal kebutuhan informasi, menemukan informasi, memilah/menyeleksi informasi, dan menggunakan informasi untuk memecahkan masalah, menjadi pembelajar mandiri, dan pembelajar sepanjang hayat.

e. Pusat Kegiatan Kreatif, Imajinatif, Inspiratif, dan Rekreatif (Menyenangkan)

Perpustakaan sekolah/madrasah menyediakan berbagai koleksi perpustakaan yang mampu meningkatkan kegiatan yang kreatif, imajinatif, inspiratif, dan rekreatif (menyenangkan) bagi peserta didik; pendidik; dan tenaga kependidikan.

#Sumber: Panduan Kerja Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah

0 Response to "Tujuan dan Fungsi Perpustakaan Sekolah"

Post a comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel