Iklan-atas-was-info1

SMK Program Keahlian Teknik Kimia, Kompetensi Keahlian Kimia Industri

SMK Program Keahlian Teknik Kimia, Kompetensi Keahlian Kimia Industri   - Kalau di Sekolah Menengah Atas (SMA) penentuan Jurusan dilakukan di kelas 11, yang berarti kamu belajar selama 1 tahun terlebih dahulu, baru kemudian kamu bisa memilih Program Keahlian (Jurusan) yang sesuai dengan bakat dan minat kamu. Bakat dan minat biasanya dilihat berdasarkan nilai pada kelas 10, kemudian memilih Program Keahlianya dilihat berdasarkan nilai tersebut. Program Keahlian (Jurusan) yang tersediapun hanya IPA, IPS dan Bahasa. Program Keahlian (jurusan) itu hanya bersifat umum, artinya apabila ingin mempelajari lebih spesifik tentang Program Keahlian (jurusan) itu berarti kamu harus kuliah. SMA memang di arahkan untuk kuliah karena pelajaran yang dipelajari masih bersifat umum.

Berbeda dengan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), kalau di SMK penentuan jurusan akan langsung dilakukan sejak pertama mendaftar sehingga kamu langsung bisa memilih Program Keahlian yang sesuai dengan bakat dan minat yang kamu miliki. Bagi kamu yang masih bingung mau pilih Program Keahlian apa di SMK, Prospek SMK Program Keahlian Teknik Kimia, Kompetensi Keahlian Kimia Industri merupakan pilihan yang tepat dan cukup menjanjikan untuk masa depan kamu. Setelah lulus dari SMK kamu bisa langsung bekerja maupun melanjutkan ke Perguruan Tinggi (Kuliah)

SMK Program Keahlian Teknik Kimia, Kompetensi Keahlian Kimia Industri
Banyak yang menganggap kalau anak SMK suka dengan tawuran dan mempunya prestasi rendah. Kenyatannya tidak demikian, bahkan anak SMK banyak yang memiliki prestasi yang membanggakan ditingkat nasional, misalnya anak SMK berhasil memenangkan lomba sain dan ilmu terapan di tingkat internasional. Banyak anak-anak SMK berhasil menemukan dan membuat produk yang bisa dikembangkan secara nasional dan menjadi produk unggulan dalam negeri. SMK merupakan cikal bakal Peneliti Muda dan calon Enterpreneur handal yang mampu membuka lapangan kerja. Di SMK bakal mempelajari mata pelajaran yang bersifat teori dan praktik, untuk mata pelajaran praktik waktunya lebih banyak dibanding pelajaran teori. Hal inilah yang mendorong anak SMK untuk dapat menjadi pengusaha dibidangnya masing-masing sesuai dengan keterampilan yang dimiliki saat sekolah di SMK. Prospek SMK Program Keahlian Teknik Kimia, Kompetensi Keahlian Kimia Industri cukup baik dan menjanjikan. Banyak peluang kerja maupun berwirausaha di bidang ini, maka jangan ragu untuk masuk di program keahlian teknik kimia.

Di Program Keahlian Teknik Kimia, Kompetensi Keahlian Kimia Industri  , kamu akan  dikenalkan dengan Analisis Kimia Dasar, Teknik Dasar Pekerjaan Laboratorium Kimia, Dasar-dasar Mikrobiologi, dll. Maka jangan heran kalau anak Teknik Kimia, Kompetensi Keahlian Kimia Industri pekerjaanya berkutat dengan laboratorium, Kamu juga bisa bekerja di perusahaan obat, Pelayanan dan lain-lain. Yang jelas, peluang kerja untuk Kompetensi Keahlian Kimia Industri sangat terbuka lebar.

Lalu apa saja yang dipelajari di SMK Program Keahlian Teknik Kimia, Kompetensi Keahlian Kimia Industri  ?.  Sehingga Prospek SMK Program Keahlian Teknik Kimia, Kompetensi Keahlian Kimia Industri   ini begitu menjanjikan? Kamu bisa membaca daftar mata pelajaran SMK Program Keahlian Teknik Kimia, Kompetensi Keahlian Kimia Industri   diakhir tulisan dalam blog ini sehingga kamu makin mantap untuk memilih dan belajar pada Program Keahlian ini.
Pada Kompetensi Keahlian ini kamu bakal mempelajari  Azas Teknik Kimia, Alat Industri Kimia, Operasi Teknik Kimia, Proses Industri Kimia, dll yang merupakan keterampilan paling banyak di cari di bidang Kimia. Mata pelajaran tersebut merupakan mata pelajaran praktik (produktif) yang porsi belajar praktiknya lebih banyak dibandingkan teori. Mata Pelajaran Produktif ini juga yang membedakan SMA dan SMK, dimana SMK lebih menitik beratkan pada pelajaran Praktik, sehingga lulusan SMK memiliki keterampilan sesuai dengan jurusanya, dan lulusan SMK juga siap Kerja.

Apa saja sih Mata Pelajaran SMK Program Keahlian Teknik Kimia, Kompetensi Keahlian Kimia Industri itu?

Berikut ini Daftar Mata Pelajaran SMK Program Keahlian Teknik Kimia, Kompetensi Keahlian Kimia Industri   sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 07/D.D5/KK/2018 Tanggal : 7 Juni 2018 tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan yang bakal kamu pelajari:

Bidang Keahlian          : Teknologi dan Rekayasa
Kompetensi Keahlian : Teknik Kimia
Kompetensi Keahlian : Kimia Industri

MATA PELAJARAN
KELAS
X
XI
XII
1 2 1 2 1 2
A Muatan Nasional
1 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 3 3 3 3 3 3
2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 2 2 2 2 2
3 Bahasa Indonesia 4 4 3 3 2 2
4 Matematika 4 4 4 4 4 4
5 Sejarah Indonesia 3 3 - - - -
6 Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) 3 3 3 3 4 4
JUMLAH A
19 19 15 15 15 15
B Muatan Kewilayahan
1 Seni Budaya 3 3 - - - -
2 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 2 2 2 2 - -
JUMLAH B
5 5 2 2 - -
C Muatan Peminatan Kejuruan
C1 Dasar Bidang Keahlian
1 Simulasi dan Komunikasi Digital 3 3 - - - -
2 Fisika 3 3 - - - -
3 Kimia 3 3 - - - -
C2 Dasar Program Keahlian
1 Analisis Kimia Dasar 4 4 - - - -
2 Teknik Dasar Pekerjaan Laboratorium Kimia 5 5 - - - -
3 Dasar-dasar Mikrobiologi 4 4 - - - -
C3 Kompetensi Keahlian
1 Azas Teknik Kimia - - 6 6 - -
2 Alat Industri Kimia - - 4 4 4 4
3 Operasi Teknik Kimia - - 7 7 10 10
4 Proses Industri Kimia - - 7 7 11 11
6 Produk Kreatif dan Kewirausahaan - - 7 7 8 8
JUMLAH C
22 22 31 31 33 33
TOTAL
46 46 48 48 48 48

Demikian Daftar Mata Pelajaran SMK Program Keahlian Teknik Kimia, Kompetensi Keahlian Kimia Industri  , semoga bisa jadi referensi bagi kamu yang ingin sekolah di SMK Program Keahlian Teknik Kimia, Kompetensi Keahlian Kimia Industri  , atau bagi siapa saja yang ingin mengetahui Daftar Mata Pelajaran SMK Program Keahlian Teknik Kimia, Kompetensi Keahlian Kimia Industri

0 Response to "SMK Program Keahlian Teknik Kimia, Kompetensi Keahlian Kimia Industri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel