Pendidikan

Mata Pelajaran SMK Jurusan Manajemen Logistik

4 Comments
Home
Pendidikan
Mata Pelajaran SMK Jurusan Manajemen Logistik
Mata Pelajaran SMK Jurusan Manajemen Logistik
Jurusan Manajemen Logistik merupakan salah satu jurusan yang cukup favorit di SMK, ini dibuktikan dengan sekolah yang membuka jurusan Manajemen Logistik selalu ramai pendaftarnya di musim Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dilaksanakan di awal tahun Pelajaran. Jurusan Manajemen Logistik ini memiliki masa studi 4 tahun dan biasanya di dominasi oleh siswa cewek, walaupun di dominasi oleh siswa cewek bukan berarti kamu yang cowok tidak pas kalau di jurusan Manajemen Logistik ini.

Kenapa Jurusan Manajemen Logistik identik dengan siswa cewek? Baca saja Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Manajemen Logistik ini sampai selesai.

Jurusan Manajemen Logistik adalah jurusan yang membutuhkan kesabaran, ketelitian dan penuh kehati-hatian. Kenapa jurusan Manajemen Logistik perlu kesabaran, ketelitian dan kehati-hatian? Apakah jurusan yang lain tidak membutuhkan itu?. Sebenarnya semua ilmu perlu dipelajari dengan kesabaran, ketekunan, ketelitian serta kehati-hatian. Namun pada jurusan Manajemen Logistik ini kamu bakalan dituntut untuk dapat menguasai Manajemen Transportasi, manajemen pergudangan, manajemen distribusi, dll selama 4 tahun yang tentunya harus teliti dan hati-hati dan kesabaran.

Kalau di lihat dari Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Manajemen Logistik ini memang mengarahkan siswanya untuk dapat melakukan Tata Kelola Kepegawaian, melakukan Tata Kelola Keuangan secara profesional, oleh karena itu pada jurusan ini dituntut untuk mengetahui dan memahami kearsipan dengan baik. Siswa pada jurusan ini juga dituntut untuk dapat menggunakan perangkat seperti Komputer/Laptop/Tablet/Smart Phone karena pengelolaanya dilakukan dengan komputerisasi secara digital.

Lulusan jurusan Manajemen Logistik bisa bekerja di perusahaan, perkantoran atau lebih baik lagi untuk berwiraswasta.  Anda dapat membuat toko sendiri baik online maupun offline. Peluang kerja jurusan ini cukup besar dan ngga ada habisnya. Untuk kamu yang mau melanjutkan (kuliah) ke Perguruan Tinggi, Jurusan Manajemen Logistik juga banyak tersebar di Perguruan Tinggi maupun Universitas Negeri maupun Swasta.

Jika melihat dari Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Manajemen Logistik ini sangat cocok bagi kamu yang akan melanjutkan kuliah di jurusan Ekonomi, Manajemen, Perbankkan. Dasar dasar ilmu Manajemen Logistik sudah kamu pelajari sewaktu di SMK.
Apa saja sih Mata Pelajaran SMK Jurusan Manajemen Logistik itu?
Berikut ini Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Manajemen Logistik sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor : 130/D/KEP/KR/201 Tanggal : 10 Februari 2017 tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan yang bakal kamu pelajari:

Bidang Keahlian         : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian       : Logistik
Kompetensi Keahlian : Manajemen Logistik

MATA PELAJARAN
KELAS
X
XI
XII
IV
1 2 1 2 1 2 1 2
A Muatan Nasional
1 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 3 3 3 3 3 3 - -
2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 2 2 2 2 2 - -
3 Bahasa Indonesia 4 4 3 3 2 2 - -
4 Matematika 4 4 4 4 4 4 - -
5 Sejarah Indonesia 3 3 - - - - - -
6 Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) 3 3 3 3 4 4 4 4
JUMLAH A
19 19 15 15 15 15 4 4
B Muatan Kewilayahan
1 Seni Budaya 3 3 - - - - - -
2 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 2 2 2 2 - - - -
JUMLAH B
5 5 2 2 - - - -
C Muatan Peminatan Kejuruan
C1 Dasar Bidang Keahlian
1 Simulasi dan Komunikasi Digital 3 3 - - - - - -
2 Ekonomi Bisnis 3 3 - - - - - -
3 Administrasi Umum 3 3 - - - - - -
3 IPA 3 3 - - - - - -
C2 Dasar Program Keahlian
1 Penanganan Transportasi 2 2 - - - - - -
2 Administrasi Pergudangan 3 3 - - - - - -
3 Manajemen Distribusi dan Delivery 3 3 - - - - - -
4 Regulasi Sektor Logistik dan Keselamatan Kerja 2 2 - - - - - -
C3 Kompetensi Keahlian
1 Manajemen Transportasi - - 6 6 6 6 8 8
2 Manajemen Pergudangan - - 6 6 6 6 8 8
3 Manajemen Distribusi - - 6 6 6 6 9 9
4 Freight Forwarding - - 6 6 7 7 9 9
5 Produk Kreatif dan Kewirausahaan - - 7 7 8 8 10 10
JUMLAH C
22 22 31 31 33 33 44 44
TOTAL
46 46 48 48 48 48 48 48

Demikian Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Manajemen Logistik, semoga bisa jadi referensi bagi kamu yang ingin sekolah di SMK Jurusan Manajemen Logistik, atau bagi siapa saja yang ingin mengetahui Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Manajemen Logistik

4 comments

  1. wasito
    wasito
    November 06, 2020
    Untuk pilihan SMA atau SMK sebaiknya diskusikan dengan orang tua, sesuaikan dengan cita-cita kamu. Jika kamu mau kuliah dengan jurusan keilmuan (Kedokteran, Hukum, Psikologi, Kimia, Biologi, dsb) paling pas ya masuk SMA. Jika kamu ingin bekerja setelah SMA/SMK sebaiknya masuk SMK saja.
    Tentang jurusan apa yang bagus di SMK? Jawabanya semuanya bagus, tinggal passion kamu ada dimana (sesuaikan dengan hobi kamu). Sesuaikan dengan bakat minatmu. Karena sebaik-baiknya pekerjaan adalah HOBI yang dibayar
  2. AhmadDimas
    AhmadDimas
    November 05, 2020
    Kak aku ini kan setengah tahun lagi kan lulus smp ya kak..nah itu bagusnya smk/sma..kalo saya sih maunya smk kak biasanya kita lulus smk bisa dapat pekerjaan kak..tapu ortu pinginya ke sma kak..kalo seumpamanya aku masuk smk jurusan apa yang bagus dan mudah dapat pekerjaan kak??

    sekian dan terimakasij
  3. wasito
    wasito
    July 09, 2020
    @yulianawat, Wa'alaikumsalam neng..., maaf sepertinya saat ini di jakarta tidak ada SMK jurusan Management Logistik baik negeri maupun swasta. Lebih rincinya silahkan cari datanya di datapokok SMK psmk.kemdikbud.go.id/datapokok
  4. yulianawati
    yulianawati
    June 19, 2020
    Assalamualaikum ka ini yang ada jurusan manajemen logistic di sekolah mana daerah jakarta ?