Iklan-header

Syarat Dokumen untuk mendaftar CPNS tahun ini


Pendaftaran CPNS tahun ini
Dalam waktu dekat pemerintah melalui Kementrian Pendayagunaan  Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan mengumumkan lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pengumuman tersebut rencananya akan diumumkan di bulan ini (Agustus 2018).

Pada lowongan CPNS tahun ini formasi paling banyak adalah Guru dan Tenaga Kesehatan. Perekrutan CPNS akan menggunakan test dengan system komputer (CAT) yang akan disebar diberbagai lokasi diseluruh Indonesia. Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan menggelar test serentak di 134 titik, setiap propinsi minimal ada 4  titik lokasi yang akan digunakan untuk test tersebut. Dalam test CPNS yang akan dilaksanakan serentak itu pemerintah Pusat akan bekerjasama dengan Pemerintah Propinsi maupun Pemerintah daerah untuk membantu menyiapkan tempat, seperti sekolah-sekolah yang telah melaksanakan UNBK pada Ujian Nasional (UN) dan telah memiliki perangkat IT yang memadai. Sumber: detik.com dan berbagai sumber lainya


Materi – materi yang akan diujikan pada penerimaan CPNS biasanya berupa tes Kompetensi Dasar dan Kompetensi Bidang. Tes Kompetensi Dasar (TKD) terdiri dari tiga bagian berikut:
  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
  2. Tes Intelegensia Umum (TIU)
  3. Tes Karakterisik Pribadi (TKP)
Sebelum pelaksanaan test bagi calon pelamar sudah disiapkan Simulasi Ujian menggunakan CAT BKN di http://cat.bkn.go.id/simulasi/ yang dapat digunakan sebagai latihan.

Disamping melakukan simulasi sebelum test, pemerintah juga mensyaratkan para pelamar CPNS untuk menyiapkan dokumen-dokumen sebagai syarat melamar CPNS. Persyaratan-persyaratan itu harus dipenuhi/ dilengkapi oleh calon pelamar, oleh karena itu mulai dari sekarang sebelum pengumuman dibuka sebaiknya para calon pelamar harus sudah menyiapkan dokumen sebagai berikut:

Untuk tenaga Profesional, dokumen yang perlu dipersiapkan adalah:
  1. Foto Copy KTP
  2. Foto copy ijasah dan transkip nilai yang telah dilegalisir
  3. Surat Keterangan Akreditasi dari BAN-PT
  4. Pas foto terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar dengan latar belakang berwarna merah
Untuk Lulusan SMA dan D3 sederajar ada tambahan dokumen lain yaitu:
  1. Materai 6.000
  2. Foto copy KTP
  3. Foto copy ijazah/ STTB
  4. Foto copy ijazah SD
  5. Foto copy ijazah SMP
  6. Foto copy ijazah SLTA


Demikian dokumen-dokumen yang perlu dipersiapkan mulai sekarang sambil menunggu lowongan CPNS tersebut dibuka, sebaiknya calon pelamar belajar materi-materi ujian CPNS tahun sebelumnya, disamping belajar materi materi tersebut ada baiknya mencoba melakukan simulasi di http://cat.bkn.go.id/simulasi/

Semoga membantu...

0 Response to "Syarat Dokumen untuk mendaftar CPNS tahun ini"

Post a Comment

Recent Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel