Tutorial

Cara siswa bergabung ke grup dan kelas di edmodo

0 Comments
Home
Tutorial
Cara siswa bergabung ke grup dan kelas di edmodo
Panduan membuat akun baru dan bergabung dengan Grup/ Kelas untuk siswa

Perkembangan Teknologi Informasi (IT) yang begitu cepat menjadikan setiap orang dapat meng-akses materi pembelajaran kapan saja dan dimana saja. Internet merupakan salah satu media penyebaran informasi yang sangat efektif dan efisien terutama penyebaran sumber dan bahan ajar bagi guru dan siswa, dengan adanya internet  guru dapat membuat dan menyampaikan materi pembelajaran kapanpun dan dimanapun selama masih bisa terkoneksi dengan internet. Tidak hanya guru, siswapun dapat belajar kapanpun dan dimanapun yang penting bisa terhubung dengan internet.

Siswa tidak hanya belajar dengan guru disekolahnya saja, melainkan juga dapat belajar dengan guru-guru disekolah lain menggunakan fasilitas e-learning maupun grup-grup yang membahas materi pelajaran sekolah.

Baca : Cara membuat materi, tugas dan ujian online menggunakan edmodo

Edmodo merupakan platform media sosial yang dapat digambarkan sebagai Facebook untuk sekolah (Facebook Pendidikan) dan dapat berfungsi lebih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan. Dengan Edmodo anda akan lebih mudah untuk melakukan interaksi pembelajaran dengan siswa maupun interaksi dengan orang tua siswa.

Interaksi pembelajaran dengan siswa melalui Edmodo meliputi pemberian materi ajar, penugasan, kuis, poling, maupun penilaian. Dengan Edmodo kita dapat melaksanakan pembelajaran maya yang dapat kita desain sebagaimana pembelajaran di sekolah.

Mengapa menggunakan Edmodo?

Baca : Membuat kelas maya menggunakan edmodo

Dalam tulisan kali ini, saya akan menjelaskan secara ringkas bagaimana siswa membuat akun, bergabung di grup/kelas untuk mengikuti pelajaran yang telah diberikan oleh guru melalui edmodo.

Langkah – langkah membuat Akun dan bergabung dengan Grup/ Kelas

Buka situs edmodo di https://www.edmodo.com


Cara siswa bergabung ke grup dan kelas di edmodo

Klik tombol “Saya Siswa” (karena kita akan mendaftar sebagai siswa), lalu akan muncul halaman formulir pendaftaran edmodo


Cara siswa bergabung ke grup dan kelas di edmodo

Dimana pada formulir ada beberapa kolom yang harus diisi dengan identitas yang sebenarnya diantaranya :
1.    First Name/ Nama Depan : di isi dengan nama depan siswa
Last Name/ Nama Belakang : di isi dengan nama belakang siswa
2.    Group Code : di isi kode Grup (kelas) yang diberikan oleh masing-masing guru mapel/ guru kelas yang bersangkutan
3.    Email : Merupakan kolom optional/ pilihan, pada kolom ini boleh di isi dan boleh tidak tetapi disarankan untuk mengisi karena email ini bisa digunakan apabila siswa lupa dengan user dan password maka dengan email ini user dan password dapat dipulihkan.
4.    Username : merupakan username yang nanti digunakan untuk login ke edmodo. Username ini tidak harus sama dengan nama dan email anda, tetapi username ini nantinya hanya menjadi ID pada saat anda login
5.    Password : isikan password yang mudah di ingat tetapi tidak mudah ditebak oleh pengguna yang tidak bertanggung jawab. Karena pada saat anda ingin login ke edmodo, akan diminta untuk mengisi username dan password.
6.    Jika semua kolom isian telah terisi dengan benar, langkah selanjutnya silahkan klik pada button signup for free yang berada pada bagin bawah formulir dengan begitu proses pembuatan akun akan segera dimulai, apabila terjadi kegagalan silahkan cek pada setiap kolom yang anda masukkan dan pastikan semua kolom terisi dengan benar sehingga tampil seperti gambar dibawah ini:

Cara siswa bergabung ke grup dan kelas di edmodo


Setelah tampil beranda siswa,  kini siswa dapat menggunakan akun tersebut untuk belajar, mengirim tugas, mengerjakan Kuis/ Ujian yang telah diberikan oleh guru yang bersangkutan
1. Profil Anda : silahkan edit poto profil anda biar bisa dikenali oleh guru dan teman anda
2. Classes : merupakan kelas anda pada saat ini
3. Materi ajar yang diberikan oleh guru anda
4. Invite : digunakan untuk mengundang orang tua anda untuk bergabung dengan pembelajaran kelas anda.


------------------------------ Selamat mencoba dan belajar --------------------------------------

No comments