Iklan-atas-was-info1

Penjelasan fitur baru SIMPKB 2019 (update)

login simpkb
SIMPKB merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kualita guru di indonesia, melalui SIMPKB diharapkan semua guru diseluruh tanah air bisa mengembangkan profesinya. SIMPKB ini adalah kelanjutan dari SIMGPO (Guru Pembelajar Online), yang merupakan program pemerintah untuk meningkatkan kualitas guru dengan cara belajar online yang dibimbing oleh mentor. Mentor ini ditentukan berdasarkan nilai UKG tahun 2015 dan telah dilatih untuk membimbing para guru yang nilai UKGnya rendah. Dalam proses belajar terbimbing, para guru yang nilai UKGnya rendah ini berada di Pusat Belajar (PB) yang telah ditentukan oleh pemerintah berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang ada.

Dalam menentukan PB, pemerintah mempertimbangkan berbagai hal, diantaranya adalah. Lokasi PB, Fasilitas PB, SDM, dan lain sebagainya. Model belajar yang diterapkan adalah IN-ON-IN dimana para peserta belajar di Pusat Belajar (PB) dalam waktu yang telah ditentukan, kemudian peserta belajar kembali disekolah tempat peserta mengajar secara online terbimbing dan mengerjakan tugas-tugas yang telah diberikan oleh mentor. Kemudian akan kembali lagi ke Pusat Belajar (PB) untuk melaksanakan evaluasi apakah materi yang selama ini dipelajari baik di PB maupun di sekolah tempat peserta mengajar sudah terserap atau belum.

Dalam SIMPKB bukan hanya diklat guru saja tetapi banyak fitur yang sudah ditambahkan disana, seperti informasi diklat, materi K13 (guru dan kepala sekolah), Pendidikan Profesi Guru (PPG), Info tunjangan guru (info GTK), dan sebagainya.
Fitur – fitur dalam SIMPKB
Terdapat banyak fitur yang dapat kita lihat, untuk melihat informasinya silahkan login ke alamat https://app.simpkb.id kemudian masukan username dan password yang kita miliki.

login simpkb


Setelah login, kita bisa melihat fitur-fitur dalam simpkb tersebut dan melihatnya dengan cara klik pada link/ fitur yang ada. Seperti contoh dibawah ini:

fitur simpkb

Fitur Baru SIM PKB 2018

MONEV Diklat

Pada fitur ini kita bisa melihat Monitoring dan Evaluasi pelaksanaan Diklat.
Bagi kita yang terpilih menjadi Instruktur Nasional/ Instruktur Propinsi/ Instruktur kabupaten bisa melihat jadwal diklat yang telah ditentukan oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah melalui LPMP propinsi masing-masing. Jadwal dan kegiatan diklat akan muncul di dashboard account kita (sedang dalam proses)
Contoh informasi yang ditampilkan pada fitur Monev Diklat

  Materi Diklat

Pada fitur materi diklat ini berisi file-file materi diklat untuk Kepala Sekolah, Pengawas dan Guru

materi diklat

1. Materi Diklat Kepala Sekolah K13 berisi file-file materi diklat yang bisa diunduh oleh kepala sekolah, contoh materi diklat sbb:
materi kepsek


2. Materi Diklat Pengawas K13 berisi file-file materi diklat yang bisa diunduh oleh Pengawas sekolah, contoh materi diklat sbb:

materi pengawas


3. Materi Diklat Guru K13 berisi file-file materi diklat yang bisa diunduh oleh Guru, contoh materi diklat sbb:
materi guru


Fitur Layanan Info GTK

Pada fitur layanan Info GTK, kita melihat data gtk kita yang ada di dapodik dan dalam fitur ini juga kita bisa melihat data tunjangan Profesi (bagi yang sudah sertifikasi) dan tunjangan-tunjangan lain yang telah dimasukan melalui dapodik. Jika ada kesalahan data pada fitur ini bisa diperbaiki melalui operator dapodik disekolah kita.
Contoh tampilan info gtk untuk tunjangan profesi guru
info gtk


Fitur Riwayat capaian

Pada fitur ini terdapat riwayat capaian diklat kita, dimulai dari tahun 2015 sampai saat ini. Kita bisa melihat pada modul berapa saja yang memiliki nilai rendah (merah) pada saat UKG. Modul yang memiliki nilai rendah akan di ujikan kembali pada UKG yang akan datang
Contoh tampilan pada fitur ini adalah:
riwayat capaian


Fitur Riwayat Pelatihanku

Pada fitur ini kita bisa melihat riwayat pelatihan yang pernah kita ikuti. Contoh tampilan pada fitur ini adalah sebagai berikut:

riwayat pelatihan


Fitur Pendidikan Profesi Guru

Pada fitur ini terdapat Aktifitas PPG seperti, Pendaftaran Program PPG, kisi-kisi pretest PPG, lokasi pretest dan lain sebagainya. PPG ini di ikuti oleh guru yang belum memiliki sertifikat pendidik dan ditentukan oleh pemerintah berdasarkan kuota yang telah ada.
Berikut tampilan pada fitur ini

Contoh pendaftaran PPG telah ditutup.
fitur ppg


Fitur Profilku

Pada fitur ini berisi tentang profile kita, kita bisa memperbaiki profil kita jika belum sesuai dengan data kita. Untuk memperbaiki profil ini kita cukup klik edit (gambar pencil) dan kemudian lakukan perubahan data sesuai dengan data yang benar
Contoh tampilan fitur ini adalah sbb
fitur profilku


Demikian fitur baru yang ada pada aplikasi SIMPKB, kemungkinan kedepanya terus ada penambahan fitur baru lagi sesuai dengan kebutuhan informasi guru.
Semoga bermanfaat.

0 Response to "Penjelasan fitur baru SIMPKB 2019 (update)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel