Iklan-atas-was-info1

Panduan mudah membuat Google Form


 Panduan mudah membuat Google Form

Google Form merupakan inovasi dari Google Docs yang biasa untuk membuat template kuisoner ataupun formulir pendaftaran secara online melalui Google. Oke, sebelum membahas cara membuat Google Form, saya akan membahas sedikit mengenai Google Form. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Google Form dapat mempermudah siapapun untuk membuat kuisoner ataupun formulir pendaftaran secara online, namun sebelumnya  pastikan anda sudah memiliki account Google terlebih dahulu karena ini adalah syarat utamanya.

Bagaimana cara membuat Google Form dengan mudah?

Anda bisa membuat email di https://gmail.com yaitu fasilitas webmail yang diberikan oleh google, Ketika Anda sudah memiliki akun google, secara otomatis Anda akan terkoneksi dengan Google Drive atau layanan yang diberikan oleh google untuk media penyimpanan secara online. Google Drive inilah yang digunakan sebagai wadah untuk membuat Google Form.

Fungsi dan Manfaat Google Form

google form

Apasih fungsi dan manfaat dari Google Form?

Manfaat Google Form adalah mempermudah kita dalam membuat dan mengumpulkan data yang dibutuhkan secara online. Google Form akan mengumpulkan data yang kita butuhkan secara online seperti formulir pendaftaran, kuisioner, polling atau jajak pendapat, dan lain sebagainya.

Kita tidak perlu repot untuk Menyebarkan formulir pendaftaran secara fisik, yang kita butuhkan hanya tautan atau link menuju Google Form yang bisa kita sebar melalui medi sosial dan internet, kita tidak perlu melakukan print untuk membuat kuisoner, polling dan sebagainya.
dengan cara seperti ini tentu kita dapat menghemat waktu, kertas, bahkan tenaga. Kita juga bisa menjamin keamanan data formulir ataupun kuisoner dengan aman, sebab semua data yang kita buat di Google Form akan disimpan ke dalam Google Drive. Kita tidak perlu khawatir untuk kehilangan data kerusakan data yang kita simpan selama kita masih memiliki akses ke account google yang kita miliki.

Cara Membuat Kuisoner

Setelah kita mengetahui apa itu Google Form dan juga manfaatnya, kini saatnya kita mempraktikan cara membuat Google Form dalam bentuk kuisoner. Seperti yang sudah disampaikan pada pembahasan diatas bahwa sebelum membuat google form maka kita harus sudah memiliki account di google berupa e-mail dari Gmail. Kita bisa langsung mengakses account webmailnya google di https://gmail.com kemudain, setelah kita masuk di account google langkah selanjutnya kita buka halaman Google Docs – Form. Setelah masuk, ikuti langkah berikut ini untuk membuat Google Form dengan template kuisoner:

1. Pilih Template

memilih template

Setelah masuk Google Docs, kita akan dihadapkan pada beberapa pilihan template. Jika tidak ada template yang sesuai kita bisa memilih “blank” dengan gambar “ + “ background putih. Klik langsung pada tanda “ + “ tersebut.

2. Mengisi Title dan Form Description

Title form

Setelah masuk Google Docs dan memilih template blank, kemudian kita bisa mengisi kebutuhan kuisoner yang kita butuhkan. Kita akan melihat kolom “Untitled Form” dengan huruf yang cukup besar, kemudian bisa mengkliknya dan mengetikan judul dari kuisoner yang akan Anda buat.
Setelah Anda mengisi judul perhatikanlah bagian bawah judul terdapat “Form description.” Kita bisa mendeskripsikan mengenai kuisoner yang kita buat. Buatlah deskripsi yang jelas sehingga membuat orang mudah memahami tujuan kuisoner yang Anda buat.

3. Membuat Pertanyaan

membuat pertanyaan

Setelah selesai menentukan judul dan deskripsi dari kuisoner, selanjutnya kita bisa menuliskan pertanyaan untuk kuisoner tersebut. Pada bagian bawah “form description” ada  Question” dimna tempat kita bisa mengetikan pertanyaan yang kita inginkan.

memilih jenis pertanyaan

Selain itu kita juga bisa memilih jenis pertanyaan yang ingin kita ajukan, misalnya kita hanya butuh pertanyaan dengan jawaban “ya,” “tidak,” atau “mungkin.” Maka kita bisa memilih jenis pertanyaan “Multiple Choice.” namun jika kita menginginkan pertanyaan dengan jawaban yang mengharuskan menulis jawaban berupa deskripsi, kita bisa memilih “short answer” atau “paragraph.”

4. Membuat Pertanyaan dengan Jawaban Multiple Choice

Membuat Pertanyaan dengan Jawaban Multiple Choice

Kalau kita ingin memilih pertanyaan dengan jawaban Multiple Choice maka kita harus mempersiapkan jawabannya. Misal kita hanya membutuhkan jawaban “ya, tidak, dan mungkin” maka tulislah dalam kolom “add option” untuk menuliskan jawaban “ya.”
Jika ingin membuat jawaban lainnya, kita hanya perlu mengklik “Add another” pada bagian samping “add option.” lalu kita bisa mengikuti step yang sama untuk membuat jenis pertanyaan Checkboxes dan Dropdown.

5. Membuat Pertanyaan dengan Jawaban Short Answer dan Paragraph

Pertanyaan dengan Jawaban Short Answer

Jika sebelumnya kita telah membuat pertanyaan dengan jawaban yang sudah Anda maka kali ini pengisi kuisoner harus menuliskan jawabannya sendiri. Kita bisa membuat pertanyaan dengan memilih “Short Answer” atau “paragraph.”

Apa perbedaannya?

Jika “Short Answer” hanya bisa mengetikan beberapa kata saja, tetapi untuk jenis “paragraph” pengisi kuisoner bisa menuliskan jawaban dengan panjang lebar.
Cara membuat Google Form untuk kuisoner berupa short answer dan paragraph cukup mudah, kita hanya perlu menuliskan pertanyaannya saja dan pilihlah jenis “Short Answer” atau “paragraph.”

6. Kirim Kuisonernya Sekarang!

mengirim kuisioner

Setelah dirasa sudah cukup lengkap dengan semua pertanyaan, maka langkah terakhir adalah mengirimkan kuisoner kepada orang yang kita pilih. Kita bisa mengirimnya menggunakan Whatsapp atau email secara langsung dengan cara mengcopy link Google Form yang sudah kita buat. Kita bisa klik “send” yang ada pada bagian kanan atas.

mengirim kuisioner

Selanjutnya kita akan diberikan pilihan untuk mengirim Form dengan menggunakan e-mail, kita dapat menuliskan alamat email yang ingin dikirim dan klik “include form in email.”. Kita bisa langsung klik “send” yang ada di kanan bawah.

mengirim kuisioner

Kita juga bisa melakukan copy paste untuk mengirimkan link kuisoner yang telah kita buat, kita hanya perlu mengklik simbol seperti “peniti” kemudian akan muncul link yang bisa di copy. Jika link dirasa terlalu panjang, kita bisa memperpendeknya dengan mengklik “Shorten URL.”. Setelah itu copy-lah link yang sudah tersedia.

Demikianlah cara membuat Google Form untuk kuisoner, sangat mudah bukan :) ?

Cara Membuat Formulir Pendaftaran

Setelah kita sudah mengetahui tata cara membuat kuisoner dengan menggunakan Google Form, kali ini tiba saatnya untuk membuat formulir pendaftaran. Tidak jauh berbeda dengan membuat kuisoner, Langkah pertaman kita harus harus memiliki account gmail terlebih dahulu kemudian silahkan  masuk ke Google Docs – Form dengan klik di sini. Kemudian kita bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pilih Template

memilih template

Sama seperti membuat kuisoner, kita bisa langsung memilih blank template untuk membuat formulir pendaftaran. Mengapa memilih blank template? karena dengan blank template kita lebih leluasa untuk membuat Google Form sesuai yang kita inginkan, tetapi kita juga bisa memilih template yang sudah tersedia di Google Form dan tinggal memakainya.

2. Isi Title dan Form Description

mengisi judul

Langkah ini sama seperti saat kita membuat kuisoner, kita hanya perlu mengisi judul formulir pendaftaran serta deskripsi dari formulir pendaftaran yang kita buat, kemudian kita bisa menuliskan secara singkat, padat, namun tetap jelas dan mudah dipahami.

3. Buat Pertanyaan yang Dibutuhkan

buat pertanyaan

Formulir pendaftaran biasanya tidak memerlukan pertanyaan dengan jawaban multiple choice, kita bisa memilih jenis jawaban “short answer” atau pun “paragraph.”. Kita bisa menuliskan nama, umur, tempat lahir, dan sebagainya ke dalam “untitled question.”

4. Mengirim dan membagikan Formulir Pendaftaran

mengirim pertanyaan

Setelah selesai dengan menuliskan pertanyaan yang kita inginkan, kini kita dapat menyebarkan atau membagikan formulir pendaftaran yang sudah kita buat dengan cara yang sama seperti membuat kuisoner diatas. Kita hanya perlu klik “send” yang ada di bagian kanan atas.

mengirim pertanyaan

Atau kita bisa langsung membagikannya lewat e-mail dengan langkah yang sama dengan cara membuat kuisoner, bisa langsung menuliskan alamat e-mail yang dituju dan jangan lupa untuk mengklik “include form in email.”, kemudian langsung klik “send.”

mengirim link

Jika kita membutuhkan link untuk membagikan formulir pendaftaran yang sudah dibuat, kita bisa mengklik simbol seperti “peniti.”, kemudian link dari formulir pendaftaran yang kita buat akan muncul. Kita juga bisa memperpendek link formulir pendaftaran dengan mengklik “Shorten URL.” dan kita bisa langsung klik “Copy.”

Cara Melihat Survey

 Setelah membuat kuisoner dan juga formulir pendaftaran, lalu bagaimana cara melihat surveinya?. Hasil survey dari form yang telah dibuat dapat kita lihat dengan yang cukup mudah.
Kita dapat mengikuti langkah berikut ini:

1. Masuk ke Form yang Telah Dibuat

form yang telah dibuat

Setelah masuk ke form yang sudah kita buat, kita bisa klik di sini untuk mengakses google form. Di bagian bawah ada Google Form yang telah kita buat sebelumnya, klik salah satu form yang ingin kita lihat survey-nya.

2. Melihat Hasilnya

melihat hasil

Kita bisa melihat form yang sudah kita dibuat di bagian samping “Questions” ada  “Responses.” kita bisa klik “responses” untuk melihat siapa saja yang sudah mengisi kuisoner.

melihat hasil

Kita akan melihat berapa banyak yang telah merespon kuisoner kita, dan tidak hanya jumlahnya saja tetapi lengkap dengan jawaban yang telah di isi oleh para responden kuisoner kita.
Ada dua cara untuk melihat hasilnya yaitu “Summary” dan “Individual.”

Untuk melihat hasil respon Summary, kita akan diberikan rangkuman dari keseluruhan jawaban dari para responden. Sedangkan untuk hasil survey Individual, kita akan diperlihatkan jawaban detail dari para responden.

Demikianlah tutorial cara membuat Google Form untuk kuisoner dan formulir pendaftaran. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua yang membutuhkanya, Amin...

0 Response to "Panduan mudah membuat Google Form"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel