Iklan-atas-was-info1

Langkah mudah install xampp di windows

Langkah mudah install xampp di windows - XAMPP merupakan perangkat lunak yang bersifat free (gratis) dan bebas digunakan dan suport untuk banyak sistem operasi yang merupakan kompilasi dari beberapa program.
Fungsi XAMPP adalah sebagai webserver yang berdiri sendiri (localhost) yang terdiri dari program Apache (HTTP Server) dan MySQL database server dan bahasa  pemrograman PHP dan Perl. dan ternyata nama XAMPP adalah singkatan dari X  yang terdiri dari Apache, MySQL, PHP dan Perl. Aplikasi atau program ini tersedia dalam General Public License (GNU) dan free (bebas) digunakan. Aplikasi ini merupakan web server yang terkenal handal, stabil dan mudah digunakan serta mendukung tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkan aplikasi ini anda dapat mendownload langsung dari web resminya xampp

Sejarah dan Pengembang

Sejarah dikembangkanya XAMPP adalah bermula dari sebuah tim proyek bernama yang bernama Apache Friends, tim ini terdiri dari Tim Inti (Core Team), Tim Pengembang (Development Team) dan Tim Dukungan (Support Team)

Asal kata XAMPP

Tahukan anda bahwa ternyata XAMPP adalah singkatan dari masing-masing huruf sebagai berikut:

X: Program ini bisa dijalankan di berbagai sistem operasi antara lain Linux, Mac OS, Windows dan Solaris.

A:  Apache, yang merupakan aplikasi web server. Fungsi Apache adalah untuk menghasilkan tampilan halaman web yang benar kepada user berdasarkan kode PHP yang disusun oleh pembuat halaman web. Untuk mendukung tampilan halaman web yang disusun berdasarkan kode PHP perlu dikaitkan dengan database yang dapat diakses oleh penggunanya, database ini menggunakan MySQL yang merupakan pasangan dari PHP.

M:  MySQL, adalah aplikasi database server yang dapat dipasangkan dengan program PHP. Perkembangan dari MySQL disebut SQL yang merupakan kepanjangan dari Structured Query Language. SQL merupakan bahasa yang terstruktur dan digunakan untuk mengolah database. MySQL fungsinya aalah untuk membuat dan mengelola database beserta isinya. Anda bisa memanfaatkan MySQL untuk mengelola database seperti menambahkan, mengubah dan menghapus data yang ada di database berdasarkan hak akses anda.

P: PHP merupakan bahasa pemrograman web yang berfungsi untuk membuat web dan bersifat server-side scripting. Dengan PHP memungkinkan anda untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis, untuk manajemen basis data yang sering digunakan bersama PHP adalah MySQl. Bukan hanya MySQL,  PHP juga mendukung sistem manajemen basis data seperti Oracle, Microsoft Access, d-base, PostgreSQL, Interbase, dan sebagainya.

P: Perl, merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan untuk segala keperluan. Aplikasi ini  pertama kali dikembangkan di mesin Unix oleh Larry Wall,  kemudian dirilis pertama kali pada tanggal 18 Desember 1987 ditandai dengan keluarnya Perl 1.  Kemudian pada versi-versi selanjutnya, Perl tersedia dan mendukung untuk berbagai sistem operasi varian Unix ( Linux, BSD, SunOS, HP-UX). Perl juga tersedia untuk beberapa sistem operasi seperti DOS, Windows, VMS, EBCDIC, PowerPC, BeOS dan PocketPC.
Sumber : wikipedia

Bagian Penting XAMPP

Setelah XAMPP di install, selanjutnya adalah meletakan berkas (file) web pada htdocs (windows). Sedangkan htdoc adalah folder tempat meletakkan berkas-berkas (file web) yang akan dijalankan, seperti file PHP, Java Script, HTML dan skrip lain.
phpMyAdmin merupakan bagian dari XAMPP yang berfungsi untuk mengelola basis data MySQL yang ada dikomputer. Untuk mengakses atau membuka phpMyadmin cukup buka browser dan ketikkan alamat http://localhost/phpMyAdmin, maka akan muncul halaman phpMyAdmin.
Kontrol Panel yang berfungsi untuk mengelola layanan (service) XAMPP. Seperti menghentikan (stop) layanan, ataupun memulai (start).

Komponen

XAMPP 1.8.3 untuk Windows :
Apache 2.4.4
MySQL 5.6.11
PHP 5.5.0
phpMyAdmin 4.0.4
FileZilla FTP Server 0.9.41
Tomcat 7.0.41 (with mod_proxy_ajp as connector)
Strawberry Perl 5.16.3.1 Portable
XAMPP Control Panel 3.2.1 (from hackattack142)


Cara Instal XAMPP Di Windows


1.  Langkah pertama download aplikasi XAMPP terbaru di sini
2.  Kemudian dobel klik file XAMPP yang telah didownload dan selanjutnya akan muncul jendela “installer language” seperti di bawah ini:

Langkah mudah install xampp di windows
3.  Selanjutnya pilih bahasa. Pilih yang Bahasa Inggris (English). Klik OK.
4.  Kadang pada proses ini muncul pesan error,  abaikan saja dan lanjutkan dengan klik OK dan YES.

Langkah mudah install xampp di windows

Langkah mudah install xampp di windows
5.  Selanjutnya akan muncul jendela yang isinya meminta Anda menutup semua aplikasi yang sedang berjalan, jika semua aplikasi sudah ditutup maka elanjutnya klik tombol Next.

Langkah mudah install xampp di windows
6.  Selanjutnya tampil jendela pilihan yang meminta anda  untuk memilih aplikasi yang mau diinstal. Centang semua pilihan dan klik tombol Next.

Langkah mudah install xampp di windows
7.  Selanjutnya anda diminta untuk menentukan lokasi folder tempat penyimpanan file-file dan folder XAMPP. Jika anda tidak merubahnya maka secara default akan diarahkan ke lokasi c:\xampp, tetapi jika anda ingin menyimpannya di folder yang lain anda bisa klik browse dan tentukan secara manual folder yang ingin digunakan. Jika sudah selesai kemudian lanjutkan dan klik tombol Install.

Langkah mudah install xampp di windows
8.  Tunggu beberapa menit hingga proses intalasi selesai. Jika sudah muncul jendela seperti di bawah ini, klik tombol Finish untuk menyelesaikannya.

Langkah mudah install xampp di windows
9.  kemudian akan muncul jendela seperti pada gambar di bawah ini yang menanyakan apakah anda mau langsung menjalankan aplikasi XAMPP atau tidak,  Jika ya klik YES tetapi jika tidak maka klik no

Langkah mudah install xampp di windows

Cara Menjalankan Aplikasi XAMPP

1.  Buka aplikasi XAMPP melalui Start Menu atau Desktop, dan klik icon XAMPP tetapi jika anda kan membuka pada proses instalasi selesai, anda bisa klik Yes seperti pada gambar di atas.

2.  Setelah terbuka, silahkan klik tombol Start pada kolom Action sehingga tombol tersebut berubah menjadi Stop. Dengan mengklik tombol tersebut, artinya itulah aplikasi yang dijalankan. Anda bisa start aplikasi Apache dan MySQL saja karena aplikasi seperti Filezilla, Tomcat belum digunakan.

Langkah mudah install xampp di windows

Langkah mudah install xampp di windows

3.  Sekarang bukalah browser kesukaan Anda, dan coba ketikkan http://localhost/xampp di address bar. Jika muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, instalasi telah berhasil.

Langkah mudah install xampp di windows
4. Selamat, akhirnya Anda berhasil menginstal aplikasi XAMPP. Sekarang komputer Anda sudah berfungsi seperti server dan bisa menjalankan aplikasi-aplikasi berbasis web

Menempatkan file-file web


Setelah sukses install xampp, langkah selanjutnya adalah menempatkan file-file web agar bisa dijalankan oleh xampp. file file web ini harus diletakan pada folder httdocs yang terletak di C://xampp/htdocs/folder_web.

Folder ini yang nantinya kita panggil melalui browser, selanjutnya browser akan menjalankan file-file html atau php yang sudah konfigurasi sebelumya sesuai dengan kebutuhan kita.
contoh : http://localhost/siakad (ini berarti folder siakad yang berada pada C://xampp/htdocs/siakad) dan selanjutnya web akan tampil dibrowser kita

0 Response to "Langkah mudah install xampp di windows"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel