Iklan-atas-was-info1

Cara menelusuri di Google agar hasilnya tepat

Cara menelusuri di Google agar hasilnya tepat - Google merupakan situs mesin pencari yang luar biasa, dengan sekali klik maka apa yang kita cari bisa ditemukan. Dalam melakukan pencarian di google kadang kita malah di buat bingung karena apa yang kita cari akan tampil begitu banyak informasi yang mungkin belum sesuai dengan keinginan kita. Hal ini disebabkan karena kita kurang tepat dalam mengetikan kata kuncinya sehingga hasil yang kita dapatkan belum sesuai dengan apa yang kita harapkan. Ada cara menelusuri di google agar hasilnya tepat dengan yang kita inginkan, seperti cara-cara berikut dibawah ini yang dapat dicoba untuk melakukan penelusuran di google.

Kiat 1: Buat sesederhana mungkin

Apa pun yang Anda cari, mulailah dengan penelusuran sederhana. Jika perlu, tambahkan beberapa kata yang deskriptif.

Jika Anda mencari tempat atau produk di lokasi tertentu, tambahkan kota atau kode pos.

Cobalah: where is the closest airport (di mana bandara terdekat)

Lelah mengetik? Jika Anda menggunakan Google Chrome, klik ikon mikrofon di dalam kotak telusur dan telusuri dengan suara.

Kiat 2: Gunakan kata yang umum dikenal di web

Gunakan kata yang paling mungkin muncul di situs web. Sebagai contoh, daripada mengatakan Kepala saya sakit, katakanlah sakit kepala, karena inilah istilah yang digunakan situs kesehatan.

Kiat 3: Jangan mengkhawatirkan hal-hal kecil

Pengejaan. Pemeriksa ejaan Google otomatis akan menggunakan ejaan paling umum dari kata yang ditentukan, baik Anda mengejanya dengan benar atau tidak.
Huruf besar. Penelusuran New York Times sama halnya dengan penelusuran new york times.
Tanda baca. Hampir semua tanda baca, seperti ?!,.%^*()[]\,, diabaikan pada saat penelusuran.

Kiat 4: Temukan jawaban cepat

Dalam banyak penelusuran, Google akan bekerja untuk Anda dan menampilkan jawaban tepat di laman hasil penelusuran langsung setelah diketik. Cobalah beberapa penelusuran di bawah baik dengan mengetik atau menelusuri dengan suara:

Beberapa fitur, seperti informasi tentang tim olahraga, tidak tersedia di semua wilayah.

Cuaca. Telusuri weather (cuaca) untuk melihat cuaca di lokasi Anda atau tambahkan nama kota setelah cuaca guna melihat cuaca di area tersebut.
Kamus. Gunakan define: di depan kata apa pun untuk melihat definisinya.

Kalkulasi. Masukkan persamaan matematika seperti 3*9123untuk melihat hasilnya, dilengkapi dengan kalkulator untuk menyelesaikan lebih banyak masalah, bahkan persamaan grafik.
Konversi unit. Masukkan konversi apa pun seperti 3 dollars in euros (3 dolar berapa euro).
Olahraga. Telusuri nama tim Anda untuk melihat jadwal, skor pertandingan, dan lainnya.
Fakta ringkas. Telusuri nama selebritas, lokasi, film, atau lagu, dan lihat informasi ringkas di sisi kanan laman.

Penelusuran Lanjutan Google

Untuk penelusuran kompleks tertentu, barangkali Anda ingin lebih mengendalikan hasil yang dilihat. Coba laman Penelusuran Lanjutan, untuk opsi yang membuat penelusuran Anda lebih persis dan memperoleh hasil yang lebih berguna.

Buka laman Penelusuran Lanjutan

Anda bisa menjangkau laman itu dengan mengeklik gear icon ikon roda gigi di sudut kanan atas laman hasil penelusuran kemudian klik Penelusuran Lanjutan. Anda bisa juga mengunjungi laman langsung di http://www.google.com/advanced_search.

Cara kerja laman hasil Penelusuran Lanjutan

Di laman Penelusuran Lanjutan, Anda dapat memasukkan istilah atau nomor penelusuran lalu pilih satu atau lebih filter untuk memodifikasi hasil yang dilihat. Filter-filter ini dapat membantu Anda menemukan informasi paling relevan yang mungkin sewaktu pertama kali penelusuran dilakukan.

Anda dapat menggunakan satu atau lebih filter berikut ketika membuka laman Penelusuran Lanjutan:

Bahasa

Kawasan

Terakhir diperbarui

Situs atau domain

Di mana istilah penelusuran itu muncul pada laman

Filter TelusurAman dihidupkan atau dimatikan

Tingkat bacaan

Jenis file

Hak penggunaan

Tanda baca dan simbol dalam penelusuran

Umumnya, hampir semua tanda baca dan karakter khusus diabaikan dalam penelusuran Google. Namun, Anda dapat menggunakan beberapa karakter yang memodifikasi istilah penelusuran untuk membantu menemukan apa yang dicari secara akurat.
Tanda baca dan simbol yang bekerja di penelusuran Google
Simbol Gunakan untuk
[+] Menelusuri hal-hal seperti golongan darah [AB+] atau untuk laman Google+ seperti [+Chrome]
[@] Menemukan tag sosial seperti [@google]
[&] Menemukan ide atau frasa yang amat berkaitan seperti [A&E]
[%] Menelusuri nilai persen seperti [40% of 80]
[$] Mengindikasikan harga, seperti [nikon $400]
[#] Menelusuri topik ngetren yang diindikasikan dengan hashtag seperti [#lifewithoutgoogle]
[-] Mengindikasikan bahwa kata-kata di sekitarnya amat berkaitan seperti [twelve-year-old dog]
[_] Menghubungkan dua kata seperti quick_sort]. Hasil penelusuran Anda akan menemukan pasangan kata ini, baik
yang ditautkan bersama (quicksort) atau dihubungkan dengan setrip bawah (quick_sort).

Sekalipun simbol yang tercantum di atas didukung dalam penelusuran, memasukkannya dalam penelusuran Anda tidak selalu membuat hasil penelusuran menjadi lebih baik. Jika halnya demikian, Anda mungkin melihat hasil yang disarankan untuk penelusuran itu tanpa tanda baca jika tampaknya hasilnya lebih mengena.

Telusuri operator

Jika Anda tidak menemukan yang Anda telusuri setelah menggunakan kiat penelusuran dasar, coba telusuri operator. Tambahkan simbol atau kata ini ke istilah penelusuran di kotak telusur Google untuk mempersempit hasil. Jangan cemas harus mengingat operator - Anda dapat menggunakan laman Penelusuran Lanjutan untuk menghasilkan banyak penelusuran ini.

Apabila menelusuri menggunakan operator, jangan tambahkan spasi antara operator dan kueri. Penelusuran site:nytimes.com akan mencapai sasaran, tapi site: nytimes.com tidak akan kena sasaran.

Menelusuri kata atau frase yang sama persis

Gunakan tanda kutip ganda untuk kata atau rangkaian kata yang sama persis. Opsi ini berguna untuk menelusuri lirik lagu atau baris karya sastra.
"imagine all the people"

Kiat: Gunakan cara ini jika Anda mencari kata atau frasa yang betul-betul sama persis, karena jika tidak Anda bisa tanpa sengaja mengeluarkan hasil yang berguna.

Mengeluarkan kata

Tambahkan tanda pisah (-) sebelum kata atau situs untuk mengeluarkan semua hasil yang mencakup kata itu. Ini khususnya berguna untuk sinonim seperti Jaguar merek mobil dan jaguar hewan.

kecepatan jaguar -mobil atau panda -situs:wikipedia.org

Kiat: Anda bisa juga mengeluarkan hasil berdasarkan operator lainnya, seperti mengeluarkan semua hasil dari situs tertentu.

Menelusuri di dalam situs atau domain

Jika Anda mencari lebih banyak hasil dari suatu situs web tertentu, masukkan site: di kueri Anda. Sebagai contoh, Anda bisa menemukan semua sebutan "olympics" di situs web New York Times seperti ini:
olympics site:nytimes.com

Kiat: Juga telusuri di dalam domain level teratas spesifik seperti .org atau .edu atau domain level teratas negara seperti

.de atau .jp.
olympics site:.gov

Menelusuri laman yang bertautan dengan URL

Menggunakan operator link: , Anda bisa menemukan laman yang bertautan dengan laman tertentu. Sebagai contoh, Anda bisa menemukan semua laman yang bertautan dengan google.com.
link:google.com

Kiat: Anda bisa juga menelusuri tautan ke laman spesifik, seperti google.com/images.

link:google.com/images

Menelusuri laman yang mirip dengan URL

Untuk menemukan situs yang mirip dengan URL yang Anda kenal, gunakan operator related: . Sebagai contoh, jika menelusuri situs yang terkait dengan New York Times, Anda akan menemukan situs publikasi berita lainnya yang mungkin menarik buat Anda.
related:nytimes.com

Memasukkan "isi yang kosong"

Gunakan tanda bintang (*) di dalam penelusuran sebagai placeholder untuk istilah yang tidak diketahui atau karakter pengganti.

Kiat: Gunakan tanda petik ganda untuk menemukan variasi frasa yang sama persis atau untuk mengingat kata di tengah frasa.
"a * saved is a * earned"

Menelusuri salah satu kata

Jika ingin menelusuri laman yang memiliki hanya salah satu dari beberapa kata, masukkan OR (huruf kapital) di antara kata tersebut. Tanpa OR, hasilnya biasanya menunjukkan hanya laman yang cocok dengan kedua istilah itu.
lokasi piala dunia 2014 OR 2018

Kiat: Masukkan frase dalam tanda kutip ganda untuk menelusuri salah satu mana pun dari beberapa frasa. "lokasi piala dunia 2014" OR "lokasi piala dunia 2018"

Pisahkan bilangan dengan dua titik tanpa spasi (..) untuk melihat hasil yang berisi bilangan dalam rentang benda tertentu seperti tanggal, harga dan ukuran.
kamera $50..$100

Kiat: Gunakan hanya satu bilangan dengan dua titik untuk menunjukkan maksimal atas atau minimal bawah. pemenang daytona 500 ..2000

Menelusuri direktori

Ada lagi satu teknik pencarian file yang langsung “menghunjam” ke sumber file, sesuai dengan jenis file yang kita butuhkan. Untuk mengefektifkan pencarian dengan cara ini, wajib mengetahui ekstensi file yang akan dicari. Misal pdf untuk file pdf, atau avi untuk file video, dan puluhan jenis lainnya. Untuk mengetahui jenis-jenis ekstensi file, bisa dilihat di http://www.filext.com/

Contoh penulisan keywordnya sbb :

?intitle:index.of? avi documentary  untuk menemukan seluruh situs yang mungkin menyimpan file dengan ekstensi avi (file video) yang di dalamnya terdapat kata “documentary” atau yang sejenis.

Contoh lain :
?intitle:index.of? pdf ujian nasional
?intitle:index.of? doc rpp 
?intitle:index.of? jpg pemandangan

………dan ribuan imajinasi lainnya 

Cara menelusuri di Google agar hasilnya tepat

Tidak semua situs yang ditunjukkan google pada hasil pencarian ini yang benar-benar berupa direktori. Salah satu tanda bahwa anda berhasil memasuki direktori suatu situs adalah tampilannya sangat sederhana, tidak ada gambar, yang ada hanya seperti contoh daftar isi.

Googling menggunakan Operator Pencari

Silakan baca sendiri yaa …  http://www.googleguide.com/advanced_operators_reference.html


(pakpur@gmail.com))

0 Response to "Cara menelusuri di Google agar hasilnya tepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel