Iklan-header

Arti dan makna dari Lambang Negara Indonesia

Arti dan makna dari Lambang Negara Indonesia. Pancasila merupakan Ideologi Bangsa Indonesia, ideologi merupakan istilah yang berasal dari bahasa Yunani. Ideologi terdiri dari dua kata yaitu idea dan logi. Idea yang berarti melihat (idean), dan logi berasal dari kata logos yang memiliki arti pengetahuan atau teori. Dengan demikian bisa diartikan bahwa ideologi merupakan hasil penemuan dalam pikiran yang berupa pengetahuan atau teori. Ideologi bisa pula diartikan sebagai suatu kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas,  pendapat  (kejadian) yang memberikan arah tujuan untuk kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

Pancasila sebagai lambang negara Indonesia memiliki arti dan makna yang terkandung didalamnya. Asal mula istilah Pancasila berasal dari bahasa Sanskerta yaitu Panca yang berarti Lima dan Sila yang berarti Dasar atau Asas. Secara harfiah, pancasila itu diartikan sebagai dasar yang memiliki lima unsur. Pancasila merupakan istilah yang dipopulerkan oleh Ir. Soekarno dalam pidatonya disidang BPUPKI pada tanggal 1 Juni 1945, yang untuk selanjutnya ditetapkan sebagai hari lahirnya pancasila.

Apa atri dan makna dari Lambang Negara Indonesia?

Sebagai Lambang Negara Indonesia, Pancasila tentu memilik arti dan makna yang harus diketahui oleh warga negara sebagai bentuk kecintaan dan jiwa berbangsa dan bernegara. Berikut ini adalah arti dan makna dari Lambang Negara Pancasila:
Bagian bagian di burung Garuda
Makna
Warna kuning emas Bangsa yang besar dan berjiwa sejati.
Kepala Burung Garuda yang menoleh ke kanan Dianggap arah yang baik.
Dianggap arah yang baik. Melambangkan dinamika dan semangat untuk menjunjung tinggi nama baik bangsa dan negara
Jumlah Bulu pada Burung Garuda Jumlah bulu melambangkan hari proklamasi kemerdekaan Indonesia (17 Agustus 1945), antara lain:
  1. Jumlah bulu pada masing-masing sayap berjumlah 17
  2. Jumlah bulu pada ekor berjumlah 8
  3. Jumlah bulu dibawah perisai/pangkal ekor berjumlah 19
  4. Jumlah bulu pada leher berjumlah 45
Bhinneka Tunggal Ika Berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

0 Response to "Arti dan makna dari Lambang Negara Indonesia"

Post a Comment

Recent Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel