Pendidikan Sekolah

Struktur Kurikulum Merdeka PAUD, TK, RA, BA, SPS, TPA

0 Comments
Home
Pendidikan
Sekolah
Struktur Kurikulum Merdeka PAUD, TK, RA, BA, SPS, TPA
Struktur Kurikulum Merdeka PAUD, TK, RA, BA, SPS, TPA
Struktur Kurikulum PAUD, TK, RA, BA, SPS, TPA pada kurikulum merdeka di dasari tiga hal, yaitu berbasis kompetensi, pembelajaran yang fleksibel, dan karakter Pancasila. 

Dalam pelaksanaanya, sekolah akan mengatur mata pelajaran sesuai dengan jenjangnya.

Struktur Kurikulum Merdeka PAUD, TK, RA, BA, SPS, TPA


Beberapa prinsip pengembangan Struktur Kurikulum Merdeka PAUD, TK, RA, BA, SPS, TPA

Struktur Minimum

Struktur Kurikulum minimum ditetapkan oleh pemerintah pusat, namun sekolah dapat mengembangkan program dan kegiatan tambahan sesuai dengan visi, misi, dan sumber daya yang tersedia. Struktur Kurikulum Merdeka PAUD, TK, RA, BA, SPS, TPA dapat dikembangkan oleh sekolah masing-masing sesuai dengan sumber daya yang dimiliki sekolah.

Otonomi

Dalam pengembangan Struktur Kurikulum Merdeka PAUD, TK, RA, BA, SPS, TPA sekolah diberi kebebasan untuk mengembagkan materi yang relevan. Kurikulum memberi kemerdekaan pada sekolah dan guru untuk merancang proses dan materi pembelajaran yang relevan dan kontekstual.

Sederhana

Perubahan dari Struktur Kurikulum Merdeka PAUD, TK, RA, BA, SPS, TPA sebelumnya dibuat seminimal mungkin, namun tetap signifikan. Tujuan arah perubahan, dan rancangan dibuat jelas sehingga mudah di pahami oleh sekolah dan pemangku kepentingan.

Gotong Royong

Pengembangan Struktur Kurikulum Merdeka PAUD, TK, RA, BA, SPS, TPA dan perangkat ajar adalah hasil kolaborasi puluhan institusi, diantaranya adalah Kementerian Agama, Universitas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan lainya.

Struktur Per Jenjang

Selain Struktur Kurikulum Merdeka PAUD, TK, RA, BA, SPS, TPA, struktur kurikulum merdeka juga dibuat per jenjang, yaitu PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK. Materi pada struktur kurikulum tersebut sekolah dan guru dapat merancang proses dan materi pembelajaran yang relevan.

Struktur Kurikulum Merdeka PAUD, TK, RA, BA, SPS, TPA

Kegiatan Pembelajaran Intra Kurikuler

Kegiatan pembelajaran intrakurikuler dirancang agar anak dapat mencapai kemampuan yang tertuang di dalam Capaian Pembelajaran. Intisari kegiatan pembelajaran intrakurikuler adalah bermain bermakna sebagai perwujudan “Merdeka Belajar, Merdeka Bermain”. Karena itu, kegiatan yang dipilih harus memberikan pengalaman yang menyenangkan dan bermakna bagi anak. Kegiatan juga perlu didukung oleh penggunaan sumber-sumber belajar yang nyata dan ada di lingkungan sekitar anak. Sumber belajar yang tidak tersedia secara nyata dapat dihadirkan dengan dukungan teknologi dan buku bacaan anak.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bertujuan untuk memperkuat upaya pencapaian Profil Pelajar Pancasila yang mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak untuk PAUD). Penguatan Profil Pelajar Pancasila di PAUD dilakukan dalam konteks perayaan tradisi lokal, hari besar nasional, dan internasional. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilaksanakan menggunakan alokasi waktu kegiatan di PAUD. 

Baca juga: Kurikulum Merdeka SMA Kelas 11 dan 12

Alokasi waktu pembelajaran di PAUD (TK, RA, BA, SPS, TPA)

PAUD usia 3 – 4 tahun

Paling sedikit 360 menit (6 jam) per minggu

PAUD usia 4 – 6 tahun

Paling sedikit 900 menit (15 jam) per minggu

Demikian Struktur Kurikulum Merdeka PAUD, TK, RA, BA, SPS, TPA yang di kutip dari pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id

No comments