Home
Artikel
Pendidikan
Mata Pelajaran Kurikulum Merdeka SMK
Pada Struktur Kurikum di jelaskan bahwa Mata Pelajaran Kurikulum Merdeka SMK di bagi menjadi 2 kelompok utama yaitu Kelompok Umum dan Kelompok Kejuruan ditambah dengan Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Pengembangan Karakter, dan Budaya Kerja serta Muatan Lokal.

Mata Pelajaran Kurikulum Merdeka SMK pada kelompok umum merupakan mata pelajaran yang berfungsi membentuk peserta didik menjadi pribadi utuh, sesuai dengan fase perkembanganya, yang memiliki norma-norma kehidupan sebagai makhluk individu maupun makhluk sosial, baik sebagai warga Negara Indonesia maupun warga dunia.


Mata Pelajaran Kurikulum Merdeka SMK

Mata Pelajaran Kurikulum Merdeka SMK pada kelompok Kejuruan membentuk peserta didik sebagai individu agar memiliki kompetensi sesuai perkembangan dunia kerja serta Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni dan Budaya.

Mata Pelajaran Informatika pada Mata Pelajaran Kurikulum Merdeka SMK dirancang sama dengan yang satuan pendidikan lain tapi dapat dipelajari dengan menyesuaikan terhadap konteks Program Keahlian peserta didik.

Mata Pelajaran IPAS pada Mata Pelajaran Kurikulum Merdeka SMK berisi muatan tentang literasi ilmu pengetahuan alam dan sosial yang diformulasikan dalam tema-tema kehidupan yang kontekstual dan actual

Mata Pelajaran Kejuruan pada Mata Pelajaran Kurikulum Merdeka SMK yang dipelajari di kelas X merupakan mata pelajaran dasar-dasar Program Keahlian.

Mata Pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris di kelas X pada Mata Pelajaran Kurikulum Merdeka SMK berisi materi umum sekaligus untuk mendasari pembelajaran Matematika dan Bahasa Inggris di kelas XI dan XII, yang merupakan pendalaman materi secara kontekstual terhadap substansi kejuruan pada masing-masing Program Keahlian.

Mata Pelajaran Kejuruan yang dipelajari di Kelas XI dan Kelas XII pada Mata Pelajaran Kurikulum Merdeka SMK adalah mata pelajaran atau konsentrasi yang merupakan kelompok unit-unit kompetensi pada Program Keahlian. Mata pelajaran konsentrasi ini dikembangkan oleh sekolah sesuai dengan Program Keahlian.

Mata Pelajaran Projek Kreatif dan Kewirausahaan pada Mata Pelajaran Kurikulum Merdeka SMK merupakan wahana pembelajaran bagi peserta didik untuk mengaktualisasikan dan mengekspresikan kompetensi yang dikuasai pada kegiatan pembuatan produk/pekerjaan layanan jasa secara kreatif dan bernilai ekonomis.

Mata Pelajaran Pilihan pada Mata Pelajaran Kurikulum Merdeka SMK merupakan mata pelajaran yang dipilih oleh peserta didik berdasarkan renjana (passion) untuk pengembangan diri, baik untuk melanjutkan pendidikan, berwirausaha, maupun bekerja pada bidangnya. Mata Pelajaran Pilihan ini dapat berupa penguatan kompetensi peserta didik yang disediakan oleh sekolah. Contohnya: Mata Pelajaran Bahasa Asing selain Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, atau Mata Pelajaran Kejuruan lintas konsentrasi keahlian.

Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan Kelas XII semester II pada Mata Pelajaran Kurikulum Merdeka SMK diisi dengan Praktik Kerja Lapangan yang merupakan wahana pembelajaran di dunia kerja yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk meningkatkan penguasaan kompetensi teknis (hardskill) sesuai dengan konsentrasi keahlian serta menginternalisasi karakter dan budaya kerja (softskill).

Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Pengembangan Karakter, dan Budaya Kerja pada Mata Pelajaran Kurikulum Merdeka SMK adalah satu kesatuan utuh implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMK, merupakan wahana kegiatan yang wajib diikuti oleh peserta didik di luar kegiatan intrakurikuler, dilaksanakan dalam bentuk blok-blok kegiatan secara periodik dan terintegrasi berdasarkan tema-tema Proyek Profil Pelajar Pancasila serta Pembinaan Karakter dan Budaya Kerja.

Berikut rincian Mata Pelajaran Kurikulum Merdeka SMK kelompok umum dan kelompok kejuruan secara rinci berdasarkan Struktur Kurikulum Merdeka SMK

A. KELOMPOK UMUM

1.  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti*
  • Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti*
  • Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti*
  • Pendidikan Agama Budha dan Budi Pekerti*
  • Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti*

2. Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Budi Pekerti*

3. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan2.

4. Bahasa Indonesia.

5. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan.

6. Sejarah.

7. Pilihan minimal 1: Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, Seni Tari

B. KELOMPOK KEJURUAN

1. Matematika.

2. Bahasa Inggris.

3. Informatika.

4. Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial **.

5. Kejuruan.

6. Projek Kreatif dan Kewirausahaan.

7. Praktik Kerja Lapangan.

8. Mata Pelajaran Pilihan

9. Muatan Lokal***

C. Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Pengembangan Karakter, dan Budaya Kerja ****

Sedangkan untuk detil jumlah jam setiap Mata Pelajaran Kurikulum Merdeka SMK diatas dapat di lihat pada Spektrum Struktur Kurikulum Merdeka SMK baik kelompok umum maupun kelompok kejuruan.

No comments