-->

Iklan-atas-was-info1

Data sudah lengkap tapi Info GTK 2022 Tidak Valid atau Belum Valid

Data sudah lengkap tapi Info GTK 2022 Tidak Valid atau Belum Valid - Info GTK 2022 telah rilis dan sudah tidak ada watermark SEDANG UJI COBA yang artinya bahwa Info GTK sudah selesai dalam menampilkan data sebagai sampel (Uji Coba).

Dalam beberapa guru, terutama yang memiliki tugas tambahan seperti Kepala Program Keahlian, Kepala Bengkel, Kepala Perpustakaan, Kepala Lab, Kepala Unit Produksi dan juga Wakil Kepala Sekolah saat ini masih tebaca TIDAK VALID padahal semua data sudah lengkap, hal ini cukup membingungkan beberapa teman guru yang mengalami hal tersebut.

Penyebab Info GTK 2022 TIDAK VALID seperti permasalahn diatas disebabkan oleh beberapa sebab, diantaranya adalah data pada sever dapodik belum semua berhasil ditampilkan pada laman info gtk.

Baca juga: Penyebab Info GTK Tidak Valid dan Cara Memperbaikinya

Jika mengalami kendala Info GTK 2022 Tidak Valid seperti yang terjadi belakangan ini maka kita sebagai guru bisa menanyakan kepada operator dapodik sekolah tentang kelengkapan data yang sudah di entrykan ke aplikasi dapodik.

Apabila semua data sudah benar dan sudah di sinkron ulang tetapi masih saja belum atau Tidak Valid sebenarnya kita cukup menunggu beberapa waktu, karena proses sinkronisasi data ke server dapodik belum bisa real time (sinkron langsung berubah).

Faktor lain yang menyebabkan info gtk 2022 Tidak Valid adalah beban mengajar yang kurang dari 24 jam, atau beban mengajar belum terbaca di server Info GTK 2021 seperti dibawah ini

Data sudah lengkap tapi Info GTK 2022 Tidak Valid atau Belum Valid

Selain faktor beban mengajar yang kurang dari 24 jam, penyebab info gtk 2022 tidak valid biasanya karena sedang terjadi update data pada server dapodik yang membutuhkan waktu bisa 1 minggu.

Seperti gambar dibawah ini menunjukan bahwa Status Tunjangan Profesi Tidak Valid, jika hal tersebut tidak diketahui permasalahanya bisa dimungkinkan nanti SKTP tidak bisa terbit.

Jika mendapati status info gtk 2022 Tidak Valid seperti gambar dibawah ini segera lakukan pengecekan data pada isian dapodik kita

Data sudah lengkap tapi Info GTK 2022 Tidak Valid atau Belum Valid

Status Validasi Tunjangan Profesi Tidak Valid (Hasil Verifikasi data terakhir belum valid). Hal ini disebabkan oleh beberapa factor yang perlu diketahui dan dilakukan perbaikan dan memastikan beban mengajar telah mencukupi 24 jam.

Selain beban mengajar yang kurang dari 24 JTM, Valid atau Tidak Valid Info GTK 2022 disebabkan oleh beberapa permasalahan sehingga bisa tertundanya penerbitan SKTP guru sertifikasi.

Beberapa permasalahan yang menyebabkan data pada info GTK TIDAK VALID diantaranya adalah:

Jumlah Jam Mengajar (JJM) belum/tidak memenuhi 24 Jam tatap muka

Kelengkapan data masih dianggap kurang (data tidak lengkap)

Terjadi perbedaan Pangkat/ Golongan antara entry-an data dapodik dengan database BKN (untuk yang PNS)

Tugas tambahan tidak diakui yang menyebabkan Jumlah Jam Mengajar (JJM) belum/ tidak memenuhi 24 Jam Tatam Muka (JTM).

Dll

Dalam permasalahan kali ini adalah Info GTK 2022 Tidak Valid yang disebabkan oleh tidak/ belum terbacanya beban mengajar guru pada server GTK pusat, padahal pada dapodik (server local) sudah dimasukan datanya dengan benar dan sudah mencukupi 24 jam.

Data sudah lengkap tapi Info GTK 2022 Tidak Valid atau Belum Valid


Info GTK 2022 Tidak Valid yang disebabkan oleh beban mengajar biasanya akan terlihat pada Verifikasi Data Tunjangan Profesi terdapat tanda silang merah pada bagian Beban Mengajar seperti gambar diatas

Dari keterangan gambar diatas sudah jelas bahwa penyebab Info GTK 2022 Tidak Valid disebabkan karena belum terbacanya Beban Mengajar yang masih dalam proses penghitungan perbaikan data.

Untuk mengetahui lebih jauh mengapa Beban Mengajar belum terbaca, silahkan buka pada tab Rombel untuk melihat data apakah ada permasalahan atau tidak seperti gambar dibawah ini

Data sudah lengkap tapi Info GTK 2022 Tidak Valid atau Belum Valid

Dari gambar diatas jelas ditunjukan bahwa penyebabnya adalah Jumlah Siswa yang masih 0 (belum terbaca) serta JJM Rombel 0, dan Linier 0.

Jika permasalahan Info GTK 2022 Tidak Valid seperti diatas cara memperbaikinya cukup mudah, antara lain:

Cek Jumlah Jam Mengajar (JJM) pada aplikasi dapodik, jika masih terdapat kekeliruan segera perbaiki.

Cek Jumlah Rombel pada isian dapodik, dan sesuaikan dengan jumlah rombel yang ada.

Cek Mapel yang diampu (diajarkan), apakah sudah sesuai dengan kewenangan mengajar guru sertifikasi atau belum

Cek juga data-data lain yang menyebabkan Info GTK 2022 Tidak Valid seperti, NUPTK, Kode Sertifikasi, NRG, dll

Lakukan sinkronisasi ulang, dan pastikan internet stabil pada saat sinkronisasi data dapodik (Sinkronisasi boleh dilakukan kapan saja, dan berkali-kali)

Setelah semua isian yang menyebabkan Info GTK 2022 Tidak Valid sudah di cek dan dilakukan perbaikan, serta dilakukan sinkronisasi dapodik maka langkah selanjutnya adalah menunggu verifikasi dan validasi oleh server GTK.

Perubahan data yang ditampilkan oleh info GTK akan terlihat seminggu setelah melakukan sinkronisasi, karena server GTK biasanya melakukan Tarik Data (update) seminggu sekali.

Baca juga: Kapan TPG atau Sertifikasi Cair

Setelah satu minggu dari perbaikan dan sinkronisasi dapodiknya, silahkan cek kembali Info GTK-nya, maka akan terjadi perubahan yang tadinya Beban Mengajar terdapat silang merah menjadi centang Hijau yang menandakan Info GTK 2022 Valid seperti gambar berikut

Data sudah lengkap tapi Info GTK 2022 Tidak Valid atau Belum Valid

Selain Info GTK 2022 Tidak Valid yang disebabkan oleh Beban Mengajar yang belum terbaca oleh Server GTK, masih banyak lagi penyebab lainya.

Untuk mengetahui penyebab Info GTK 2022 Tidak Valid lainya, silahkan baca Penyebab Tidak Valid pada Info GTK 2021/2022

Demikian penjelasan singkat Info GTK 2022 TIDAK VALID walaupun data sudah lengkap dan Cara Memperbaikinya. Semoga manfaat 

10 Responses to "Data sudah lengkap tapi Info GTK 2022 Tidak Valid atau Belum Valid"

  1. Adakah masalah jika kode sertifikasi FISIKA 184 SMA pindah mengajar menjadi 097 IPA SMP.
    Karena udah terbit Permendikbud no 16 tahun 2019..mohon petunjuk 🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  2. ijin bertanya, jika keterangan validasi sdh centang hijau semua tapi keterangan msh tdk valid bgmn ya?guru tanpa tgs tambahan lulus serti 2021

    ReplyDelete
  3. Jika semua data sudah benar, tunggu saja dan pantau secara berkala mungkin server gtk sedang melakukan tarik data

    ReplyDelete
  4. @Rame Sitorus
    Silahkan cek linieritasnya

    ReplyDelete
  5. Update BKN udah 2 minggu tapi belom juga valid. Hadehh, pusing,,, nasib operator,,,

    ReplyDelete
  6. Sk tugas tambahan wakasek sampai dgn tgl 5 pebruari 2022 dan kemarin sdh singkron sk perpanjangan tgl 5 pebruari 2022 s/d 2024. Di pembaruan data sdh muncul tgl kemarin tetapi di jimlah jam masij 0. Gmn ,?

    ReplyDelete
  7. Maaf mau tanya data info gtk saya hingga saat ini belum valid padahal tak ada yang centang merah.
    Lalu apa yang mesti saya lakukan? Padahal yang lain udah mau cair tpg.

    ReplyDelete
  8. Dainmudain@gmail.com: Kalau data tidak ada masalah, coba tanyakan ke OP Dinas

    ReplyDelete
  9. Izin bertanya...
    Apakah jam ekuivalensi msh terhitung?
    Trus kl sekolah kecil (smp)
    Hanya 3rombel..apakah benar otomatis valid karena rasio guru mapel 1:1?

    ReplyDelete
  10. @Reny: Masih, Silahkan hubungi OP Dinas terkait

    ReplyDelete

Iklan-link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel