Iklan-header

Sejarah Pinguin menjadi logo Linux

Sejarah Pinguin menjadi logo Linux
Linux adalah Sistem Operasi turunan dari UNIX yang mengunakan Pinguin sebagai logonya. Linux ini dibuat pertama kali oleh Linus Benedict Trovald, seorang mahasiswa tingkat dua Program Studi Ilmu Komputer Universitas Helsinki, Finlandia pada tahun 1991. Saat itu Sistem Operasi yang ada hanya beberapa saja, diantaranya adalah DOS yang sedang populer sat itu, Unix dan Apple MacOS.
DOS berjalan di komputer personal yang dibuat oleh Bill Gates  melalui perusahaanya yaitu Microsoft Corp, dan DOS ini dijual dengan harga yang cukup mahal. 

UNIX sebenarnya Sistem Operasi yang cukup bagus tetapi hanya berjalan di mesin mainframe dan juga dijual dengan harga mahal sehingga pengguna komputer personal tidak dapat menggunakan. Selain DOS dan UNIX, Apple MacOS juga dijual dengan harga yang mahal dan dari ketiga Sistem Operasi tersebut tidak ada satupun yang mepublikasikan kode sumbernya (source code).

Pinguin adalah hewan air (akuatik) yang merupakan jenis burung, tetapi hewan ini tidak bisa terbang dan secara umum hidup dibelahan bumi bagian selatan. Hewan ini hidup di daerah dingin bahkan mampu hidup dikutub yang tertutup oleh hamparan es karena memiliki bulu yang sangat tebal.

Menurut berbagai cerita, alasan mengapa pinguin menjadi maskot atau logo linux adalah sebuah pengalaman pribadi yang dialami oleh Linus Torvald saat berjalan-jalan di sebuah taman di daerah selatan Australia yang bernama taman perth. Pada saat itu terjadi suatu kejadian bahwa seorang Linus Torvald dipatuk oleh seekor pinguin yang mengakibatkan dia demam berhari-hari. Dari kejadian itu juga lalu muncul pemikiran yang menjadi dasar inspirasi mengapa pinguin dijadikan sebagai logo (maskot) linux yang kita kenal sampai sekarang ini. Dengan Pinguin dijadikanya sebagai logo Linux diharapkan ketika orang sudah mulai mengenal linux dia demam linux dan tak bisa tidur  untuk selalu terjaga setiap siang dan malam mengoprek sistem operasi linux tersebut.


Dikutip dari Wikipedia, bahwa Tux (juga dikenal sebagai Tux si Pinguin) yang digunakan sebagai logo/ maskot resmi dari kernel Linux. Konsep memperkenalkan seekor pinguin sebagai logo/maskot dari Linux datang dari Linus Torvalds, sang pencipta Linux itu sendiri. Tux kemudian dibuat oleh Larry Ewing pada tahun 1996 setelah ide awal yang berasal dari Alan Cox dan penyempurnaan akhir oleh Linus Torvalds dalam milis kernel Linux. Orang pertama yang menamai penguin tersebut "Tux" adalah James Hughes yang menamainya berdasar "(T)orvalds (U)ni(X)"

0 Response to "Sejarah Pinguin menjadi logo Linux"

Post a Comment

Recent Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel