Iklan-header

Tujuan dan Manfaat PKL Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Tujuan PKL
Tujuan PKL - Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan kegiatan belajar yang dilakukan diluar sekolah. Kegiatan belajar ini dilakukan di Industri yang relevan dengan Kompetensi Keahlian Siswa yang melakukan PKL tersebut. Sekolah Menengah Kejuruan harus melakukan kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) dalam rangka pembelajaran praktik di luar sekolah (DU/DI). Bentuk kerjasama tersebut harus di dokumentasikan dalam bentuk Nota Kesepahaman (MoU) sehingga hubungan antara SMK dan DU/DI memiliki dasar yang jelas yaitu MoU. Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) disusun bersama antara SMK dan DUDI yang menjadi Institusi/Industri Pasangan (IP) dalam pelaksanaan PKL untuk memenuhi kebutuhan peserta didik sebagai peserta PKL, sekaligus merupakan wahana berkontribusi bagi DUDI terhadap upaya peningkatan kualitas pendidikan di SMK.

Tujuan dan Manfaat PKL Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)


Tujuan PKL antara lain sebagai berikut.

  1. Memberikan pengalaman kerja langsung (real) kepada peserta didik dalam rangka menanamkan (internalize) iklim kerja positif yang berorientasi pada peduli mutu proses dan hasil kerja.
  2. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membangun dan mengambangkan kepribadiannya yang berkarajter sesuai dengan nilai-nilai positif yang tumbuh dan diperlukan oleh masyarakat, khususnya di dunia kerja yang ditekuni. 
  3. Menanamkan etos kerja yang tinggi bagi peserta didik untuk memasuki dunia kerja sesuai tuntutan pasar kerja global. 
  4. Memenuhui hal-hal yang belum dipenuhi di sekolah agar mencapai keutuhan standar kompetensi lulusan.
  5. Salah satu bentuk aktivitas dan aktualisasi dalam penyelenggaraan Model Pendidikan Sistem Ganda (PSG) antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Institusi Pasangan (IP) yang memadukan secara sistematis dan sistemik program pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan program pelatihan penguasaan keahlian di dunia kerja (DUDI).


Manfaat PKL

Manfaat PKL - Karena Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) disusun bersama antara SMK dan DUDI yang telah menjadi Institusi/Industri Pasangan (IP) dalam pelaksanaan PKL untuk memenuhi kebutuhan peserta didik sebagai peserta PKL, sekaligus merupakan wahana berkontribusi bagi DUDI terhadap upaya peningkatan kualitas pendidikan di SMK. Maka manfaat PKL juga dapat dirasakan oleh selain Siswa dan SMK itu sendiri tetapi juga dapat bermanfaat juga bagi Industri yang telah menjadi pasangan (IP) dalam melakukan kerjasama untuk PKL.

Manfaat PKL antara lain sebagai berikut:

A. Manfaat bagi peserta didik (Siswa)

  1. Siswa dapat mengaplikasikan dan meningkatkan ilmu yang telah diperoleh di sekolah.
  2. Menambah wawasan mengenai dunia kerja khususnya berupa pengalaman kerja langsung (real) dalam rangka menanamkan iklim kerja positif yang berorientasi pada peduli mutu proses dan hasil kerja.
  3. Menambah dan meningkatkan kompetensi serta menamkan etos kerja yang tinggi sesuai budaya industri.
  4. Memperkuat kemampuan produktif sesuai dengan kompetensi keahlian yang dipelajari.
  5. Mengembangkan kemampuan sesuai dengan bimbingan/ arahan pembimbing industri dan dapat berkontribusi kepada dunia kerja.
  6. Memperkuat kepribadiannya yang berkarater sesuai dengan tuntutan nilai-nilai yang tumbuh dari budaya industri.


B. Manfaat bagi sekolah

  1. Terjalinnya hubungan kerja sama yang saling menguntungkan antara sekolah dengan duni kerja (DUDI).
  2. Meningkatkan kualitas lulusan melalui pengalaman kerja langsung selama PKL.
  3. Meningkatkan relevansi dan efektivitas program sekolah melalui sinkronisasi kurikulum, proses pembelajaran, teaching factory, dan pengembangan sarana dan prasarana praktik berdasarkan hasil pengamatan di tempat PKL. 
  4. Merealisasikan program penguatan pendidikan karakter berbasis masyarakat secara terencana dan implementatif, khususnya nilai-nilai karakter budaya industri sebagai salah satu bentuk implementasi Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Peningatan Pendidikan Karakter.
  5. Meningkatkan kualitas lulusan.


C. Manfaat bagi dunia kerja (Industri)

  1. Dunia Kerja (DUDI) lebih dikenal oleh masyarakat, khususnya masyarakat sekolah sehingga dapat wahana dalam promosi produk.
  2. Adanya masukan, seperti kritik dan saran yang positif dan konstruktif dari Siswa maupun Sekolah (SMK) untuk perkembangan DUDI.
  3. Dunia kerja/DUDI dapat mengembangkan proses dan atau produk melalui optimalisasi peserta PKL.
  4. Mendapatkan calon tenaga kerja yang berkualitas sesuai dengan kebutuhannya.
  5. Meningkatkan citra positif DUDI karena dapat berkontribusi terhadap dunia pendidikan sebagai implementasi dari Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016.

Demikian Tujuan dan Manfaat PKL Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bagi Siswa, Sekolah maupun Dunia Kerja (Industri) yang masing-masing bisa saling menguntungkan.

0 Response to "Tujuan dan Manfaat PKL Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)"

Post a Comment

Recent Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel