Sekolah

Mata Pelajaran SMK Jurusan Teknik Alat Berat

0 Comments
Home
Sekolah
Mata Pelajaran SMK Jurusan Teknik Alat Berat
Mata Pelajaran SMK Jurusan Teknik Alat Berat
Jurusan Teknik Alat Berat - Mengapa pilih SMK? Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan Sekolah menengah yang mencetak lulusanya agar siap kerja, baik kerja di perusahaan maupun membuka lapangan kerja sendiri (wiraswasta). Siswa SMK akan di didik dan dilatih sesuai dengan Jurusanya mulai dari kelas X (sepuluh) sehingga dari awal masuk sekolah siswa SMK sudah diarahkan, di latih untuk bekerja sesuai dengan bidangnya/jurusanya (Kompetensi Keahlian) masing-masing. Berbeda dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) penjurusan akan dilakukan di kelas 11, ini artinya kamu belajar dulu selama 1 tahun, baru kemudian dilakukan Penjurusan, kamu disuruh memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat yang biasanya berdasarkan nilai pada kelas 10. Berbeda halnya dengan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), kalau di SMK pemilihan jurusan (Kompetensi Keahlian) akan langsung dilakukan sejak pertama mendaftar sehingga kamu langsung bisa memilih jurusan (Kompetensi Keahlian) yang sesuai dengan bakat dan minat yang kamu miliki.

Bagi kamu yang masih bingung mau pilih jurusan (Kompetensi Keahlian) apa di SMK, berikut ini salah satu jurusan (Kompetensi Keahlian) di SMK yang cukup menjanjikan untuk masa depan kamu. Jurusan yang bisa kamu pilih salah satunya adalah jurusan Teknik Alat Berat. Jurusan (Kompetensi Keahlian) Teknik Alat Berat ini biasanya hanya diminati oleh laki-laki saja, maka tak heran kalau di jurusan ini di dominasi oleh Siswa laki-laki. Setelah lulus dari SMK kamu bisa langsung bekerja, tetapi bagi yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi (Kuliah) juga terbuka lebar untuk memilih jurusan yang sama seperti saat di SMK maupun jurusan yang berbeda. Jurusan Teknik Mesin adalah jurusan yang tepat jika ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi.

Banyak yang menganggap kalau anak teknik sukanya tawuran dan mempunya prestasi rendah. Kenyatannya tidak demikian, bahkan anak teknik banyak yang memiliki prestasi yang membanggakan ditingkat nasional, misalnya saja anak Teknik Sepeda Motor dan Teknik Kendaraan Ringan telah berhasil membuat motor listrik, mobil dengan memadukan kompetensi otomotif  (Teknik Alat Berat) dan teknik pemesinan. Ini menunjukkan bahwa Jurusan Teknik Teknik Alat Berat tidaklah buruk bahkan jurusan ini merupakan jurusan yang cukup menjanjikan dan sangat di minati untuk saat ini.

Di Jurusan Teknik Alat Berat, kamu akan dikenalkan dengan engine dan unit alat berat, Kelistrikan dan sistim kontrol alat berat, Hidrolik alat berat, Powertrain dan Undercarriage Alat Berat, dan lain sebagainya. Pada jurusan Teknik Alat Berat juga mempelajari Gambar Teknik Otomotif, Teknologi Dasar Otomotif, Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif. Maka jangan heran kalau anak Teknik Alat Berat jadi jago menggambar teknik otomotif serta mampu memahami kelistrikan pada sistim kontrol alat berat. Kompetensi tersebut banyak dicari oleh perusahaan otomotif khususnya alat berat. Tidak cuma sampai disitu, kamu juga bisa berwiraswasta dengan membuat/ membuka bengkel sendiri, kamu juga bisa bekerja di perusahaan otomotif seperti Astra.

Lalu apa saja yang dipelajari di SMK Jurusan Teknik Alat Berat?

Berikut ini Daftar Mata Pelajaran SMK Program Keahlian Teknik Otomotif, Kompetensi Keahlian Teknik Alat Berat sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 07/D.D5/KK/2018 Tanggal : 7 Juni 2018 tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan yang bakal kamu pelajari sehingga kamu makin mantap untuk memilih jurusan ini..

Daftar Matapelajaran SMK Jurusan Teknik Alat Berat

Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian : Teknik Alat Berat

MATA PELAJARAN
KELAS
X
XI
XII
1 2 1 2 1 2
A Muatan Nasional
1 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 3 3 3 3 3 3
2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 2 2 2 2 2
3 Bahasa Indonesia 4 4 3 3 2 2
4 Matematika 4 4 4 4 4 4
5 Sejarah Indonesia 3 3 - - - -
6 Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) 3 3 3 3 4 4
JUMLAH A
19 19 15 15 15 15
B Muatan Kewilayahan
1 Seni Budaya 3 3 - - - -
2 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 2 2 2 2 - -
JUMLAH B
5 5 2 2 - -
C Muatan Peminatan Kejuruan
C1 Dasar Bidang Keahlian
1 Simulasi dan Komunikasi Digital 3 3 - - - -
2 Fisika 3 3 - - - -
3 Kimia 3 3 - - - -
C2 Dasar Program Keahlian
1 Gambar Teknik Otomotif 4 4 - - - -
2 Teknologi Dasar Otomotif 4 4 - - - -
3 Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif 5 5 - - - -
C3 Kompetensi Keahlian
1 Engine dan Unit Alat Berat - - 6 6 7 7
2 Kelistrikan dan Sistim Kontrol Alat Berat - - 6 6 6 6
3 Hidrolik Alat Berat - - 6 6 6 6
4 Powertrain dan Undercarriage Alat Berat - - 6 6 6 6
5 Produk Kreatif dan Kewirausahaan - - 7 7 8 8
JUMLAH C
22 22 31 31 33 33
TOTAL
46 46 48 48 48 48

Demikianlah daftar Matapelajaran SMK Jurusan Teknik Alat Berat yang bisa memberi gambaran kamu agar lebih mantap untuk masuk jurusan ini.

Semoga bermanfaat ya...

No comments