Sekolah

Mata Pelajaran SMK Jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar

0 Comments
Home
Sekolah
Mata Pelajaran SMK Jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar
Mata Pelajaran SMK Jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar
SMK Jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar – Siapa yang tidak suka makan ikan? Pertanyaan seperti ini tentunya tak usah dijawab, sebab kebanyakan masyarakat indonesia suka makan ikan. Ikan sangat baik kandungan proteinnya yang bermanfaat untuk tubuh kita. Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga wilayahnya sebagian besar adalah perairan, baik laut, danau, sungai maupun perairan buatan lainya. Indonesia juga dikenal dengan maritimnya, bahkan sekolah-sekolah berbasis kemaritiman di indonesia sangat diperhatikan oleh pemerintah. Sekolah berbasis kemaritiman mulai dari jenjang SMK sampai Perguruan Tinggi/ Universitas tumbuh subur sebab kebutuhan akan industri maritim di indonesia sangat dibutuhkan. Di SMK jurusan kemaritiman terbagi menjadi beberapa program keahlian, antara lain Pelayaran Kapal Niaga, Pelayaran Kapal Penangkap Ikan, dan juga Perikanan.

Pada Program Studi Perikanan terdapat Program Keahlian Agribisnis Perikanan Air Tawar, Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut, Agribisnis Ikan Hias, Agribisnis Rumput Laut dan Industri Perikanan Laut (4 Tahun). Dalam tulisan kali ini lebih menitik beratkan pada Program Keahlian Agribisnis Perikanan Air Tawar sehingga bisa menjadi referensi bagi kalian yang mau masuk jurusan agribisnis perikanan air tawar ini menjadi tambah mantap, atau bagi kalian yang sedang  belajar di SMK pada Program Keahlian ini supaya menjadi lebih semangat belajar.

Mengenal Program Keahlian tentunya mengenal juga Prospek dan peluang kerja dari SMK program keahlian Agribisnis Perikanan Air Tawar ini, dan juga peluang untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi/ Universitas. Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), penjurusan akan langsung dilakukan sejak pertama mendaftar sehingga kamu langsung bisa memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat yang kamu miliki. Bagi kamu yang masih bingung mau pilih jurusan apa di SMK, Prospek SMK Jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar  yang cukup menjanjikan untuk masa depan kamu. Setelah lulus dari SMK kamu bisa langsung bekerja maupun melanjutkan ke Perguruan Tinggi (Kuliah)

Di Jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar, kamu akan  dikenalkan dengan Dasar-dasar Budidaya Perikanan, Kualitas Air dan Hama Penyakit, Produksi Pakan Alami dan Buatan, dll. Maka jangan heran kalau anak Agribisnis Perikanan Air Tawar jadi jago membudidayakan Ikan. Tidak cuma sampai disitu, kamu juga bisa memproduksi pakan alami buatan, kamu juga bisa berwira usaha dengan budidaya ikan air tawar yang banyak di sukai oleh masyarakat kita. Selain budidaya ikan, kamu juga bisa memproduksi pakan ikanya dan menjual kepada Petani-petani ikan. Jika tidak mau berira usaha, kamu bisa bekerja di perusahaan maupun instansi pemerintah. Dengan peluang kerja yang begitu banyak maka Prospek SMK Jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar untuk masa depan kamu tidak perlu diragukan lagi.

Lalu apa saja yang dipelajari di SMK Jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar?.  Sehingga Prospek SMK Jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar ini begitu menjanjikan? Kamu bisa membaca daftar mata pelajaran SMK Jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar  dalam blog ini sehingga kamu makin mantap untuk memilih dan belajar pada jurusan ini.

Pada jurusan ini kamu bakal mempelajari  Teknik Pengembangbiakan Komoditas Perikanan Air Tawar, Pengembangbiakan Komoditas Perikanan Air Tawar, Teknik Pendederan Komoditas Perikanan Air Tawar, Teknik Pembesaran Komoditas Perikanan Air Tawar dan Teknik Penanganan Pascapanen, dll yang merupakan keterampilan paling banyak di cari di bidang Perikanan Air Tawar. Tak heran jika Prospek SMK Jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar semakin baik kedepanya.

Mata Pelajaran SMK Jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar

Apa saja sih Mata Pelajaran SMK Jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar itu?

Berikut ini Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 07/D.D5/KK/2018 Tanggal : 7 Juni 2018 tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan yang bakal kamu pelajari:

Bidang Keahlian         : Kemaritiman
Program Keahlian         : Perikanan
Kompetensi Keahlian : Agribisnis Perikanan Air Tawar

MATA PELAJARAN
KELAS
X
XI
XII
1 2 1 2 1 2
A Muatan Nasional
1 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 3 3 3 3 3 3
2 Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
2 2 2 2 2 2
3 Bahasa Indonesia 4 4 3 3 2 2
4 Matematika 4 4 4 4 4 4
5 Sejarah Indonesia 3 3 - - - -
6 Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) 3 3 3 3 4 4
JUMLAH A
19 19 15 15 15 15
B Muatan Kewilayahan
1 Seni Budaya 3 3 - - - -
2 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
2 2 2 2 - -
JUMLAH B
5 5 2 2 - -
C Muatan Peminatan Kejuruan
C1 Dasar Bidang Keahlian
1 Simulasi dan Komunikasi Digital 3 3 - - - -
2 Fisika 2 2 - - - -
3 Biologi 3 3 - - - -
4 Kimia 2 2 - - - -
C2 Dasar Program Keahlian
1 Dasar-dasar Budidaya Perikanan 4 4 - - - -
2 Kualitas Air dan Hama Penyakit 4 4 - - - -
3 Produksi Pakan Alami dan Buatan 4 4 - - - -
C3 Kompetensi Keahlian
1 Teknik Pengembangbiakan Komoditas Perikanan Air Tawar - - 7 7 8 8
2 Teknik Pendederan Komoditas Perikanan Air Tawar - - 6 6 6 6
3 Teknik Pembesaran Komoditas Perikanan Air Tawar - - 7 7 7 7
4 Teknik Penanganan Pascapanen - - 4 4 4 4
5 Produk Kreatif dan Kewirausahaan - - 7 7 8 8
JUMLAH C
22 22 31 31 33 33
TOTAL
46 46 48 48 48 48

Demikian Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar, semoga bisa jadi referensi bagi kamu yang ingin sekolah di SMK Jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar, atau bagi siapa saja yang ingin mengetahui Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar

No comments