Tunjangan

Cara Cek Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG)/ Sertifikasi Melalui SMS Banking

0 Comments
Home
Tunjangan
Cara Cek Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG)/ Sertifikasi Melalui SMS Banking
Cara Cek Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG)/ Sertifikasi Melalui SMS Banking Bank Lampung - Pada artikel sebelumnya telah di jelaskan bagaimana Cara Aktifasi SMS Banking Bank Lampung, sehingga dalam meng-cek saldo tidak perlu lagi mengantri di depan mesin ATM, apalagi mengantri di depan kasir Kantor Bank yang mungkin jaraknya tidak dekat dengan rumah atau kantor anda. 

Bank Pemerintah Daerah (BPD) adalah Bank Swasta atau milik pemerintah yang telah ditunjuk oleh Pemerintah daerah untuk menjadi Partner dalam melayani kegiatan Pemerintah seperti Penggajian Pegawai, Pembayaran Tunjangan Guru, Penyaluran Bantuan, dan lain sebagainya.

Cara Cek Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG)/ Sertifikasi Melalui SMS Banking

Bank Pemerintah Daerah (BPD) Lampung merupakan Bank Swasta yang memiliki pelayanan cukup baik sehingga di percaya oleh Pemerintah Propinsi Lampung untuk menyalurkan Tunjangan Profesi Guru (TPG) atau biasa di sebut dengan Tunjangan Sertifikasi Guru. 

Sebelumnya, pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG)/ Sertifikasi masing-masing Kabupaten Kota menggunakan Bank berbeda-beda, seperti BRI, Bank Lampung, BNI dan sebagainya. 

Saat ini sepertinya Pemerintah Provinsi Lampung dalam melakukan Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG)/ Sertifikasi tersebut telah menggunakan Bank Lampung di seluruh Kabupaten Kota. Sehingga para guru dapat Cek Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG)/ Sertifikasi Melalui SMS Banking Bank Lampung kapan saja dan dimana saja. 

Mungkin yang menjadi alasan bahwa Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG)/ Sertifikasi melalui Bank Lampung karena Bank Lampung Tersebut merupakan  Bank Pembangunan Daerah (BPD) Lampung.

Dengan banyaknya layanan yang diberikan oleh Bank Lampung terhadap Pemerintah Daerah Lampung, maka Bank Lampung telah membuka Layanan SMS Banking guna mempermudah para nasabahnya dalam melakukan Transaksi non tunai seperti Cek Saldo, Transfer, dan lain sebagainya. Untuk menggunakan layanan SMS Banking Bank Lampung tersebut, terlebih dahulu kita harus melakukan registrasi di kantor Bank Lampung. 

Silahkan baca Cara Registrasi dan Aktifasi SMS Banking Bank Lampung pada artikel sebelumnya di blog ini. Dengan adanya kemudahan tersebut diharapkan para Guru dapat Cek Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG)/ Sertifikasi Melalui SMS Banking Bank Lampung tersebut.

Di bulan-bulan ini memang sebagian besar guru sudah menerima SKTP/ SK Dirjen tunjangan profesinya. Biasanya kalau sudah keluar SKTP/ SK Dirjen, rekan guru akan saling bertanya, apakah tunjanganya sudah masuk ke rekening atau belum, atau  kalau yang sudah menerima  tunjangan untuk triwulan 1 pasti akan mengharapkan kapan  pembayaran triwulan dua akan ditransfer dan seterusnya. 

Anda bisa Cek SKTP 2019 Sertifikasi Guru melalui info GTK apakah SKTP sudah terbit atau belum, setelah SKTP Guru terbit anda tingga menunggu pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG)/ Sertifikasi  Mungkin ada beberapa rekan yang mendatangi  kantor  Bank  hanya sekedar  mengecek  apakah TPG sudah masuk ke rekening  atau  belum. Atau  pergi  ke ATM hanya  sekedar melihat  apakah pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG)/ Sertifikasi sudah dibayarkan atau belum dengan melihat saldo rekening banknya.

Dari pada jauh-jauh pergi  ke Bank  atau  ATM kenapa  tidak Cek Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) Melalui SMS Banking Bank Lampung melalui HP atau Handphone  saja?. Hanya tinggal klik lewat SMS kita sudah bisa tahu jumlah Saldo di dalam rekening kita, apakah ada penambahan atau tidak. Bahkan kita juga bisa melakukan transaksi lain seperti melihat Mutasi Rekening, Transfer, Melakukan Pembayaran, dll. Bagaimana caranya? Baca tulisan ini sampai habis :D.


Cara Cek Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG)/ Sertifikasi Melalui SMS Banking Bank Lampung

Sebelum Cek Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) Melalui SMS Banking Bank Lampung, terlebih dulu kita harus aktifkan  SMS Banking di handphone  anda. Untuk  mengaktifkan  SMS  Banking Bank Lampung, syarat utama kita harus memiliki adalah Rekening di Bank Lampung kemudian silahkan anda mendaftarkan SMS Bangking ke Kantor Bank Lampung dengan membawa syarat-syarat sebagai berikut:

  1. Foto Copy Rekening Bank Lampung
  2. Foto Copy KTP
  3. Membawa Handphone yang nomornya akan didaftarkan untuk SMS Banking

Setelah mendaftar anda akan menerima SMS dari Bank Lampung yang berisi code/ Password 6 digit untuk melakukan transaksi. Anda diwajibkan untuk merubah kode/password tersebut dengan kode/password yang baru sebelum melakukan transaksi. Setelah anda rubah password lama dengan password yang baru maka anda dapat melakukan Cek Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) Melalui SMS Banking Bank Lampung  dengan cara sebagai berikut:

Berikut cara Penggunaan SMS Bangking Bank Lampung untuk Cek Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG)

ketik *141*66# lalu pilih admin (untuk ganti PIN dan transaksi lainya), ini jika pertama kali menggunakan SMS Banking. Sedangkan untuk cek saldo silahkan pilih info kemudian pilih Info Saldo.

Untuk Cek Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) Melalui SMS Banking Bank Lampung silahkan ketik *141*66# kemudian Pilih Mutasi Rekening, maka anda dapat melihat transaksi rekening anda seperti Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) tersebut, berapa nominal di transfer, potongan, dan lain sebagainya.

Jika hanya ingin cek saldo saja maka anda cukup kirimkan SMS sal ke 6888

Demikian Cek Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) Melalui SMS Banking Bank Lampung bagi guru bersertifikasi yang telah menerima tunjangan tersebut.

Semoga bermanfaat ....

No comments