Pendidikan

SMK Jurusan Teknologi Laboratorium Medik

0 Comments
Home
Pendidikan
SMK Jurusan Teknologi Laboratorium Medik
Jurusan Teknologi Laboratorium Medik merupakan salah satu jurusan yang cukup favorit di SMK, ini dibuktikan dengan sekolah yang membuka jurusan Teknologi Laboratorium Medik selalu ramai pendaftarnya di musim Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dilaksanakan di awal tahun Pelajaran. Jurusan Teknologi Laboratorium Medik biasanya tidak di dominasi oleh siswa cewek maupun cowok, pada jurusan ini antara siswa cewek (perempuan) dan cowok (laki) jumlahnya seimbang. Bagi kamu yang cowok maupun cewek semua cocok untuk masuk di jurusan Teknologi Laboratorium Medik ini, yang terpenting adalah senang dengan ilmu kesehatan.

SMK Jurusan Teknologi Laboratorium Medik
Jurusan Teknologi Laboratorium Medik adalah jurusan yang membutuhkan kesabaran, ketelitian dan penuh kehati-hatian. Kenapa jurusan Teknologi Laboratorium Medik perlu kesabaran, ketelitian dan kehati-hatian? Apakah jurusan yang lain tidak membutuhkan itu?. Sebenarnya semua ilmu perlu dipelajari dengan kesabaran, ketekunan, ketelitian serta kehati-hatian. Namun pada jurusan Teknologi Laboratorium Medik ini kamu bakalan dituntut untuk memahami Dasar Manajemen Laboratorium dan Kesehatan Lingkungan, Anatomi Fisiologi, dan lain sebagainya. Hal ini tidak terlepas dari kesehatan manusia yang memang sangat utama yang merupakan kebutuhan dasar mausia, hati-hati dan penuh kesabaran. Keterampilan Dasar Manajemen Laboratorium dan Kesehatan Lingkungan, Imunoserologi, Mikrobiologi kesehatan merupakan hal yang harus dikuasai, kamu harus mampu memahami kimia klinik, Hematologi dan juga Histologi.

Kalau di lihat dari Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Teknologi Laboratorium Medik ini memang mengarahkan siswanya untuk dapat memiliki keterampilan tentang kimia klinik, Hematologi dan juga Histologi, oleh karena itu pada jurusan ini dituntut untuk memiliki Manajemen Teknologi Laboratorium Medik dengan baik yang merupakan kebutuhan dasar manusia. Siswa pada jurusan ini juga dituntut untuk dapat anatomi fisiologi yang baik serta memahami Dasar Manajemen Laboratorium dan Kesehatan Lingkungan.

Lulusan jurusan Teknologi Laboratorium Medik bisa bekerja di Rumah Sakit, Klinik, Puskesmas, perusahaan, perkantoran dan instansi kesehatan lainya.  Peluang kerja jurusan Teknologi Laboratorium Medik ini cukup besar dan ngga ada habisnya. Untuk kamu yang mau melanjutkan (kuliah) ke Perguruan Tinggi, Jurusan Teknologi Laboratorium Medik juga banyak tersebar di Perguruan Tinggi maupun Universitas Negeri maupun Swasta.

Jika melihat dari Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Teknologi Laboratorium Medik ini sangat cocok bagi kamu yang akan melanjutkan kuliah di jurusan Kesehatan Masyarakat, Kebidanan, dan jurusan kesehatan lainya. Dasar dasar ilmu Teknologi Laboratorium Medik sudah kamu pelajari sewaktu di SMK.

Apa saja sih Mata Pelajaran SMK Jurusan Teknologi Laboratorium Medik itu?

Berikut ini Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Teknologi Laboratorium Medik sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor : 130/D/KEP/KR/201 Tanggal : 10 Februari 2017 tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan yang bakal kamu pelajari:

Bidang Keahlian      : Kesehatan dan Pekerjaan Sosial
Program Keahlian     : Teknologi Laboratorium Medik
Kompetensi Keahlian : Teknologi Laboratorium Medik


MATA PELAJARAN
KELAS
X
XI
XII
1 2 1 2 1 2
A Muatan Nasional
1 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 3 3 3 3 3 3
2 Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
2 2 2 2 2 2
3 Bahasa Indonesia 4 4 3 3 2 2
4 Matematika 4 4 4 4 4 4
5 Sejarah Indonesia 3 3 - - - -
6 Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) 3 3 3 3 4 4
JUMLAH A
19 19 15 15 15 15
B Muatan Kewilayahan
1 Seni Budaya 3 3 - - - -
2 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 2 2 2 2 - -
JUMLAH B
5 5 2 2 - -
C Muatan Peminatan Kejuruan
C1 Dasar Bidang Keahlian
1 Simulasi dan Komunikasi Digital 3 3 - - - -
2 Fisika 2 2 - - - -
3 Kimia 2 2 - - - -
4 Biologi 2 2 - - - -
C2 Dasar Program Keahlian
1 Anatomi Fisiologi 4 4 - - - -
2 Dasar Manajemen Laboratorium dan Kesehatan Lingkungan 4 4 - - - -
3 Laboratorium Kesehatan Dasar 5 5 - - - -
C3 Kompetensi Keahlian
1 Imunoserologi - - 4 4 4 4
2 Mikrobiologi Kesehatan - - 5 5 9 9
3 Kimia Klinik - - 5 5 6 6
4 Hematologi - - 6 6 6 6
5 Histologi - - 4 4 - -
6 Produk Kreatif dan Kewirausahaan - - 7 7 8 8
JUMLAH C
22 22 31 31 33 33
TOTAL
46 46 48 48 48 48

Demikian Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Teknologi Laboratorium Medik, semoga bisa jadi referensi bagi kamu yang ingin sekolah di SMK Jurusan Teknologi Laboratorium Medik, atau bagi siapa saja yang ingin mengetahui Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Teknologi Laboratorium Medik

No comments