Pendidikan

Mata Pelajaran SMK Perbankan dan Keuangan Mikro

0 Comments
Home
Pendidikan
Mata Pelajaran SMK Perbankan dan Keuangan Mikro
Mata Pelajaran SMK Perbankan dan Keuangan Mikro
Jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro merupakan salah satu jurusan yang cukup favorit di SMK, ini dibuktikan dengan sekolah yang membuka jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro selalu ramai pendaftarnya di musim Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dilaksanakan di awal tahun Pelajaran. Jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro biasanya di dominasi oleh siswa cewek, walaupun di dominasi oleh siswa cewek bukan berarti kamu yang cowok tidak pas kalau di jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro ini.

Kenapa Jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro identik dengan siswa cewek? Baca saja Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro ini sampai selesai.

Jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro adalah jurusan yang membutuhkan kesabaran, ketelitian dan penuh kehati-hatian. Kenapa jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro perlu kesabaran, ketelitian dan kehati-hatian? Apakah jurusan yang lain tidak membutuhkan itu?. Sebenarnya semua ilmu perlu dipelajari dengan kesabaran, ketekunan, ketelitian serta kehati-hatian. Namun pada jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro ini kamu bakalan dituntut untuk dapat menata dan mengelola Perbankan dan Keuangan Mikro yang tentunya harus teliti dan hati-hati dan kesabaran. Melakukan peng-Perbankan dan Keuangan Mikroan, melakukan Tata Kelola keuangan mikro, melakukan Tata Kelola Keuangan adalah hal yang harus kamu kuasai jika kamu masuk jurusan ini.

Kalau di lihat dari Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro ini memang mengarahkan siswanya untuk dapat melakukan Tata Kelola Kepegawaian, melakukan Tata Kelola Keuangan secara profesional, oleh karena itu pada jurusan ini dituntut untuk mengetahui dan memahami kePerbankan dan Keuangan Mikroan dengan baik. Siswa pada jurusan ini juga dituntut untuk dapat menggunakan perangkat seperti Komputer/Laptop/Tablet/Smart Phone karena urusan Perbankan dan Keuangan Mikro biasanya dilakukan secara komputerisasi.

Lulusan jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro bisa bekerja di perusahaan, perkantoran atau lebih baik lagi untuk berwiraswasta.  Anda dapat membuat toko sendiri baik online maupun offline. Peluang kerja jurusan ini cukup besar dan ngga ada habisnya. Untuk kamu yang mau melanjutkan (kuliah) ke Perguruan Tinggi, Jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro juga banyak tersebar di Perguruan Tinggi maupun Universitas Negeri maupun Swasta.

Jika melihat dari Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro ini sangat cocok bagi kamu yang akan melanjutkan kuliah di jurusan Ekonomi, Manajemen, Perbankkan. Dasar dasar ilmu Perbankan dan Keuangan Mikro sudah kamu pelajari sewaktu di SMK.

Apa saja sih Mata Pelajaran SMK Jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro itu?

Berikut ini Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor : 130/D/KEP/KR/201 Tanggal : 10 Februari 2017 tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan yang bakal kamu pelajari:

Bidang Keahlian         : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian         : Akuntansi dan Keuangan
Kompetensi Keahlian : Perbankan dan Keuangan Mikro

MATA PELAJARAN
KELAS
X
XI
XII
1 2 1 2 1 2
A Muatan Nasional
1 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 3 3 3 3 3 3
2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 2 2 2 2 2
3 Bahasa Indonesia 4 4 3 3 2 2
4 Matematika 4 4 4 4 4 4
5 Sejarah Indonesia 3 3 - - - -
6 Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) 3 3 3 3 4 4
JUMLAH A
19 19 15 15 15 15
B Muatan Kewilayahan
1 Seni Budaya 3 3 - - - -
2 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 2 2 2 2 - -
JUMLAH B
5 5 2 2 - -
C Muatan Peminatan Kejuruan
C1 Dasar Bidang Keahlian
1 Simulasi dan Komunikasi Digital 3 3 - - - -
2 Ekonomi Bisnis 2 2 - - - -
3 Administrasi Umum 2 2 - - - -
4 IPA 2 2 - - - -
C2 Dasar Program Keahlian
1 Etika Profesi 2 2 - - - -
2 Aplikasi Pengolah Angka/Spreadsheet 3 3 - - - -
3 Akuntansi Dasar 5 5 - - - -
4 Perbankan Dasar 3 3 - - - -
C3 Kompetensi Keahlian
1 Pengelolaan Kas - - 4 4 - -
2 Layanan Lembaga Perbankan dan Keuangan Mikro - - 6 6 8 8
3 Akuntansi Perbankan dan Keuangan Mikro - - 6 6 7 7
4 Komputer Akuntansi - - 4 4 6 6
5 Administrasi Pajak - - 4 4 4 4
6 Produk Kreatif dan Kewirausahaan - - 7 7 8 8
JUMLAH C
22 22 31 31 33 33
TOTAL
46 46 48 48 48 48

Demikian Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro, semoga bisa jadi referensi bagi kamu yang ingin sekolah di SMK Jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro, atau bagi siapa saja yang ingin mengetahui Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro

No comments